5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

Seiring berjalannya waktu, minat para pelajar untuk melanjutkan sekolah ke luar negeri semakin meningkat. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yang salah satunya adalah tes kemampuan bahasa Inggris. Untuk kamu yang berniat melanjutkan sekolah ke luar negeri harus tahu jenis tes apakah yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan di universitas tujuan kamu, sehingga kamu bisa mempersiapkan diri kamu untuk mengikuti tes tersebut.

5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

Source: Freepik

5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kuliah di Luar Negeri

1. TOEFL (Test Of English as a Foreign Language)

TOEFL adalah tes yang paling sering dipakai di Indonesia sebagai syarat untuk kuliah maupun kerja di Amerika. Skor minimal yang diminta menurut persyaratan adalah 550 dengan biaya berkisar 40$ atau sekitar 550 ribu rupiah. TOEFL terdiri dari empat bagian, yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking dengan durasi sekitar tiga hingga empat jam lama tesnya.

2. TOEIC (Test of English for International Communication)

Tes satu ini cocok untuk kamu yang mau mencari pekerjaan di luar negeri. Gak cuma itu, beberapa perusahaan di Indonesia juga mengharuskan mengambil tes ini. Di antaranya adalah FWD, Mitsubishi, Manulife, Badan Kepegawaian Negara, Arsip Nasional Republik Indonesia. Standar penilaian untuk tes ini memakai standar CEFR (The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment). Untuk lulus dalam tes ini, kamu harus memiliki skor setidaknya 5-495 pada bagian listening dan 5-495 pada bagian reading, sehingga total skor rata-rata akan menjadi 10-990. Biaya untuk pendaftaran tes ini berkisar $40-$50 atau sekitar 600-700 ribu rupiah.

5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

Source: Google

3. IELTS (International English Language Testing System)

IELTS merupakan tes yang sangat wajib bagi kamu yang ingin studi ke Australia, New Zealand, Amerika, dan Inggris. Bahasa yang dipakai dalam tes ini merupakan British English, yang dikenal dengan tulisan dan aksen british yang sangat kental. Ter ini sangat populer dengan tingkat kesulitannya yang cukup tinggi dan butuh strategi dalam menjawab. Karena tingkat kesulitannya tersebut, gak heran banyak yang harus melewati preparation course sebelum bisa lulus. Total biaya yang perlu kamu keluarkan ketika ikut course cukup mahal, yaitu sekitar 7-9 juta rupiah.

IELTS mempunyai dua jenis tes yaitu General Training (untuk bekerja) dan Academic Training (untuk studi). Tes IELTS sendiri memiliki empat bagian yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Setiap negara mempunyai standar skor yang berbeda-beda. Misalnya di Australia, kamu harus memiliki minimum skor sekitar 4.5-5.00 untuk General Training dan 5.5-7.00 untuk Academic Training. Jika ingin mengikuti tes ini, kamu harus mendaftar di British Council yang hanya berada di kota-kota tertentu seperti Makassar, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Biaya pendaftaran IELTS adalah sekitar 2,9 juta rupiah.

4. GMAT (Graduate Management Admission Test)

GMAT adalah tes yang diperuntukan untuk mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan studi Master of Business Administration (MBA) di luar negeri. Test ini sendiri terbagi dalam empat bagian yaitu kemampuan verbal umum, matematika (quantitative), analytical writing, dan penalaran terpadu (integrated reasoning). Durasi test ini berlangsung sekitar tiga jam, dengan biaya pendaftaran berkisar 2,5 juta rupiah. Sebelum tes dimulai, ada baiknya kamu melakukan persiapan melalui les ataupun praktek sendiri dengan memakai teknologi yang ada jika tidak ingin merogoh kocek dalam-dalam.

5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

Source: Freepik

5. SAT (Scholastic Aptitude/Assessment Test)

SAT merupakan tes yang dipakai untuk menilai standar penerimaan mahasiswa baru S1 di Amerika Serikat. Tes ini memiliki beberapa komponen seperti evidence-based reading and writing, reading test, writing and language test, mathematics, dan essay. Nilai skor minimum yang ditentukan dalam tes ini adalah 2000. Jika kamu menembus angka tersebut, kamu bisa diterima di universitas-universitas ternama yang ada di Amerika Serikat. Persiapan dalam tes ini memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar enam sampai tujuh bulan lamanya. Biaya pendaftaran SAT adalah sekitar 800 ribu rupiah.

Tentukan pilihanmu!

Kelima tes di atas adalah jenis tes bahasa Inggris yang harus kamu ketahui sebelum melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Sebelum mengambil salah satunya, pasti sertifikatnya dapat benar-benar akan digunakan untuk kebutuhanmu di luar negeri.  

 

Adapted from https://www.idntimes.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *