Apa Saja Contoh Soal TOEFL ITP dan Pembahasannya?

source: unsplash

TOEFL ITP atau yang juga sering dikenal dengan PBT (Paper Based Test) merupakan salah satu jenis tes kemampuan Bahasa Inggris yang paling dikenali di Indonesia. TOEFL jenis ini biasanya digunakan untuk bermacam kepentingan seperti syarat masuk perguruan tinggi, melamar pekerjaan di perusahaan, bahkan untuk mendaftar sebagai CPNS. Institusi maupun perusahaan kebanyakan menentukan skor minimal untuk mendaftar berada di kisaran angka 450 hingga 550. Tentu saja mendapatkan poin tersebut bukanlah hal yang bisa dicapai tanpa berlatih. Nah, bagaimana sih kira-kira contoh soal TOEFL ITP dan pembahasannya dalam skill listening dan structure and written expression? Yuk, kita simak sembari belajar bersama.

Listening section

Source: unsplash

Listening adalah skill pertama yang diujikan dalam TOEFL ITP. Ada 50 soal yang ada dalam bagian ini dan semua terdiri dari pilihan ganda tanpa pertanyaan. Beberapa strategi utamanya adalah memprediksi pertanyaan yang akan muncul dan menghindari kata-kata yang bunyinya terlalu mirip dengan pilihan yang ada. Pilihan yang merupakan sinonim dari hal yang terdengar biasanya adalah jawaban yang benar. Selain itu, pembicara kedua harus lebih diperhatikan karena kata kunci utama berada pada si second speaker. Berikut contohnya:

A. Sinonim

Dalam audio berbunyi:
(woman) : What do you like about your new house?
(man)   : It’s very close to the park 
(narrator): What does the man mean?

Pilihannya jawabannya:

a. The house is closed up now
b. He parks his car close to his house
c. His home is near a park
d. He doesn’t really like his new house

Jawaban yang benar dari pertanyaan di atas adalah (c) His home is near a park. Near adalah sinonim dari kata close dan home adalah persamaan dari house. Dalam pilihan (a), (b), dan (d) tertulis kata-kata yang terlalu mirip dengan ucapan pembicara seperti frasa closed up, parks, close to, dan new house. Jika terlalu banyak kata yang mirip dalam satu kalimat, kita harus berhati-hati untuk tidak memilihnya. Mari kita lihat contoh soal listening ITP selanjutnya.

Baca Juga : Cara Jitu Menjawab Soal TOEFL Structure & Written Expression

B. Negatif

Dalam audio berbunyi:
(woman) : Is there a lot of soup? I’m very hungry.
(man)   : Sorry, there’s not a lot.
(narrator): What does the man mean?

Pilihannya jawabannya:

a. There’s not very much soap
b. She doesn’t like soup
c. The man should not be hungry
d. There’s only a little soup left

Jawaban yang benar dari pertanyaan ini adalah (d) There’s only a little soup left. Kata not a lot yang merupakan bentuk negatif dalam audio berubah menjadi a little dalam pilihan jawaban yang benar. Selain persamaan kata langsung, terkadang bentuk negatif seperti ini muncul dalam listening section soal TOEFL ITP. Pilihan (a), (b), dan (c) tidak tepat karena persamaan bunyi dan kata yang mirip namun memiliki makna yang tidak tepat seperti soap, should not be hungry, dan doesn’t like soup

source: pinterest

Kemungkinan soal yang muncul selain sinonim dan bentuk negatif adalah saran, kalimat pasif, lokasi percakapan, dan apa profesi dari pembicara dalam audio. Memperbanyak latihan dari sumber-sumber yang memberikan contoh soal TOEFL ITP dan memahami pembahasannya akan sangat membantu mencapai skor yang kalian inginkan.

II. Structure and Written Expression.

Bagian kedua dalam tes adalah Structure and Written Expression yang menguji kemampuan grammar. 40 pertanyaan dalam bagian ini membutuhkan waktu penyelesaian maksimal 25 menit. Structure berbentuk pilihan ganda vertikal seperti pada umumnya, sedangkan Written Expression merupakan bentuk pilihan ganda horizontal. Perbedaan pengerjaannya adalah jika dalam structure kita harus mencari jawaban yang benar untuk melengkapi kalimat, dalam written expression kita harus memilih kata yang salah dalam kalimat tersebut. Selanjutnya mari kita lihat pengerjaan Structure and Written Expression dalam contoh soal TOEFL ITP beserta pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga : 7 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

A. Structure 

The Brooklyn Bridge  ______ took 13 years to complete.
(A) in New York
(B) is in New York
(C) it is in New York
(D) which in New York

Pembahasan:
Jawaban dari pertanyaan pertama adalah (a) in New York. Dalam setiap kalimat, struktur yang minimal harus ada adalah subject dan verb. Di soal pertama tertulis The Brooklyn Bridge sebagai posisi subject dan took menduduki posisi verb. Sehingga kalimat ini hanya membutuhkan keterangan in New York untuk menjadi utuh. Pilihan (b), (c) dan (d) salah karena memiliki verb (is), subject and verb (it is), dan clause connector (which). Contoh selanjutnya:

 ______ the discovery of the fossilized remnants of tides in one-billion-year-old rocks.
(A) Geological report
(B) Geologists report
(C) The report of geologists
(D) Geologist’s reports

Pembahasan:
Kalimat di atas mungkin terlihat panjang, namun semuanya belum menduduki posisi subject dan verb sehingga kalimat tersebut belum utuh. (B) Geologists report merupakan jawaban yang tepat karena geologists adalah pelaku (subject) dan kata kerjanya adalah report. Pilihan (A), (C), dan (D) salah karena semuanya tidak memiliki verb.

Baca Juga : Perbedaan TOEFL ITP dan iBT yang Penting Kamu Ketahui !

B. Written Expression

Succulents suck up water in just a few hour, but they can store it in their stems for months
A                                          B                                C             D

Pembahasan:
a few seharusnya mendahului countable noun plural, sedangkan hour adalah singular noun. Jadi jawaban yang salah adalah B. Jika ingin membenarkan kalimat tersebut, maka kita harus mengubahnya menjadi a few hours.


source: pinterest

Itulah beberapa penjelasan dan contoh soal TOEFL ITP dan pembahasannya. Setelah membaca materi dan mempelajari jenis kalimat seperti ini, kamu bisa lho mencoba berbagai variasi dan membuat contoh pemakaian lainnya di buku catatan kamu. Kalau kamu merasa ada materi yang sulit seputar struktur dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris, yuk langsung konsultasi kebutuhan Bahasa Inggris kamu secara gratis melalui WA SUN English 081-211-86 82 83. Kita tunggu ya..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *