Bagaimana Cara mendapatkan Teman Bule Untuk Belajar Bahasa Inggris?

Source: https://unsplash.com/

Pasti kamu pernah dengar bahwa cara terbaik dan tercepat untuk menguasai suatu Bahasa adalah dengan mempratekkannya sesering mungkin. Tetapi, bagaimana bila kita ingin menguasai Bahasa Inggris, tapi tidak banyak orang di sekeliling kita yang dapat berbicara Bahasa Inggris? sehingga kita tidak punya banyak kesempatan untuk mempratekkan apa yang sudah kita pelajari? Jangan khawatir! Kamu bisa kok mencari teman bule untuk belajar Bahasa Inggris! Nah, ini dia tips-tips cara mendapatkan teman bule versi SUN!

Source: https://unsplash.com/Join komunitas international

Join Komunitas International

Apabila kamu memiliki minat atau hobi tertentu, coba deh cari komunitas yang menyukai hal yang sama. Saat ini, ada banyak komunitas terbuka yang bersedia menerima member dari belahan dunia manapun. Semua membernya biasanya diwajibkan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris supaya komunikasi dapat berjalan lancar dan baik. Kalau kamu masih belum tahu harus mencari komunitas semacam itu dari mana, kamu bisa mulai dari sosial media!

Sebagai contoh, karena pandemi Covid-19, banyak orang menjadi bosan karena harus tinggal di rumah dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, mereka mulai mencari hal asik yang dapat mereka lakukan di rumah dan banyak yang jatuh cinta pada video game. Karena itu, banyak komunitas gaming baru yang terbentuk saat ini di platform sosial media seperti Facebook dan Instagram. Jika kamu salah satu peminatnya, cobalah bergabung dan sering-sering berinteraksi dengan member lainnya untuk mengasah kemampuan kamu. Kamu boleh mulai dengan memberikan komentar positif pada postingan member-member lainnya dan berkenalan pelan-pelan.

Dengan menjadi member yang aktif dalam berbagi informasi ataupun memberikan komentar positif, bukan tidak mungkin kamu bahkan bisa menjadi salah satu orang yang dipercaya untuk mengelola komunitas tersebut. Dengan demikian, kesempatan kamu berinteraksi dengan member lainnya semakin terbuka lebar!

Namun, kamu tetap harus berhati-hati ya! Sudah banyak kasus kriminalitas seperti penculikan, ancaman ataupun penipuan. Ini dapat terjadi ketika seseorang terlalu percaya dengan orang yang baru mereka kenal via internet. Pastikan kamu tidak dengan mudah memberikan informasi pribadi kepada orang yang belum pernah kamu temui secara langsung!

Source: https://unsplash.com/Mengunjungi lokasi pariwisata

Mengunjungi Lokasi Pariwisata

Salah satu cara paling mudah untuk bertemu dengan teman bule adalah mencari tahu tempat-tempat yang biasa mereka kunjungi Ketika mereka datang ke Indonesia. Tentunya, daerah pariwisata dapat dengan mudah muncul dalam pikiran kita. Karena itu, jika kamu punya waktu luang dan ada daerah pariwisata yang tidak terlalu jauh dari tempat kamu tinggal, kamu bisa mulai dari situ.

Masyarakat Indonesia terkenal karena keramahan masyarakatnya dan hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mencari teman baru. Misalnya, Ketika kamu bertemu dengan seseorang yang kamu ingin ajak berteman, kamu boleh mulai dengan topik pembicaraan santai seperti menanyakan  dari mana mereka berasal, berapa lama mereka akan berada di Indonesia, dengan siapa mereka datang ataupun lokasi apa saja sudah dan akan mereka kunjungi berikutnya. Dari situ, jika mereka terlihat nyaman mengobrol denganmu, cobalah ajak mereka beraktivitas bersama seperti misalnya kamu bisa ajak mereka makan malam ataupun belanja. Bisa juga kamu menawarkan diri menjadi pemandu wisata mereka apabila kamu mengenal dengan baik daerah yang mereka ingin kunjungi.

Intinya, buatlah mereka senyaman mungkin ketika bersama dengan kamu. Bantulah mereka jika ada hal yang tidak mereka mengerti dan cobalah cari topik-topik menarik yang bisa menjadi bahan obrolan yang seru. Dengan demikian, pertemanan kalian dapat bertahan lama, dan kalian tidak akan putus kontak Ketika teman bule kalian tersebut mungkin harus kembali ke negaranya.

Source: https://unsplash.com/

Download aplikasi yang berfungsi untuk mencari Teman dari Luar Negeri

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk menghubungkan kita dengan orang dari negara yang berbeda. Contoh dari aplikasi semacam ini adalah Unbordered, Airtripp, Badoo, Tandem, Doongle dan HelloTalk. Dengan aplikasi-aplikasi semacam ini, kamu tidak perlu merasa canggung Ketika bertemu dengan orang baru karena kalian dan mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari teman baru dari luar negeri.

Pastinya banyak dari user aplikasi-aplikasi tersebut yang juga bertujuan untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris mereka. Karena itu, kamu tidak harus mencari Native English speaker saja. Kamu bisa juga berteman dengan mereka yang misalnya berasal dari Asia kalau mereka dapat bicara Bahasa Inggris. Jika Bahasa Inggrismu lebih baik dari mereka, itu justru dapat melatih kamu untuk kritis dalam melihat kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh non-native English speaker. Setelah itu, cobalah berikan kritik yang konstruktif untuk mereka karena Ketika kita berbagi ilmu, kita pun sebenarnya sedang mengajari diri kita sendiri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Namun, jika kamu merasa bahwa Bahasa Inggris kamu tidak sebaik teman lawan bicaramu, jangan berkecil hati dan memaksakan diri untuk terlihat jago. Yang paling baik dapat kamu lakukan adalah berterus terang bahwa kamu memang sedang mencari teman untuk belajar Bahasa Inggris. Kebanyakan orang akan menghargai niat belajarmu yang tulus dan kejujuranmu. Dengan bersikap jujur, kamu bahkan sebenarnya dapat menyaring teman mana yang baik dan kurang baik. Jika mereka bersedia membantumu dengan tulus, maka jagalah baik-baik pertemanan tersebut sehingga dapat bertahan lama. Selain mendapatkan ilmu, kamu juga malah bisa mendapatkan sahabat!

Penutup

Demikian tiga tips untuk kamu yang memang saat ini sedang mencari teman bule untuk belajar Bahasa Inggris. Jika tips-tips ini berguna untuk kamu, pastikan kamu berikan komen di bawah ya supaya SUN semakin semangat untuk menulis artikel-artikel yang kiranya dapat berguna bagi kamu para Sunners di luar sana!

Jika kamu masih kesulitan mencari teman bule di luar sana, kamu juga bisa daftar kursus di SUN lho. SUN memiliki banyak guru yang tidak hanya berkualitas sehingga bisa memberikan contoh dan feedbacks yang kamu butuhkan, namun juga ramah! Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih terbuka dan nyaman Ketika menceritakan apa yang menjadi kesulitanmu dalam belajar Bahasa Inggris. Kami selalu siap menjadi sahabat belajar yang dapat kamu andalkan!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *