3 tips bisa berpergian ke luar negeri tanpa harus mahir berbahasa inggris

Pastinya bisa berbahasa inggris adalah salah satu nilai plus atau modal untuk bisa ke luar negeri. Namun, pada kenyataannya tanpa harus bisa berbahasa inggris dengan lancar kalian tetap bisa ke luar negeri. Berikut 3 tips untuk bisa ke luar negeri tanpa harus bisa mahir berbahasa inggris. 

1. Menggunakan Google Translate

Fitur Google translate udah paling nyaman dipakai kalau kalian berlibur ke luar negeri. Yang pastinya fitur ini sangat mudah dipakai dan sangat bermanfaat ketika travelling. Bagaimana bisa mendapatkan fitur ini? 

Buka aplikasi Google Translate dan pilih bahasa yang ingin kalian terjemahkan dan bahasa tujuan. Misalnya, jika kalian ingin menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, pilih Indonesia di sebelah kiri dan Inggris di sebelah kanan. Jadinya, gak perlu kuatir yah guys!.

Nah, yang paling keren dari fitur ini selain bisa menerjemahkan kata dan kalimat, kalian juga bisa menerjemahkan percakapan secara langsung dengan orang lain. Kalian bisa menggunakan fitur Conversation. Bagaimana cara menggunakannya? Tekan tombol percakapan di pojok kiri bawah aplikasi dan pilih bahasa yang digunakan kalian dan lawan bicara. Kemudian, tekan tombol Auto untuk merekam dan menerjemahkan percakapan yang diucapkan dalam dua bahasa sekaligus. Atau kalian juga dapat menekan tombol mikrofon pada pilihan bahasa yang diinginkan untuk menerjemahkan satu bahasa saja. Jadinya, tidak perlu kuatir yah, ketika kalian misalnya gak bisa berbahasa inggris dengan lancar. 

Selain itu, kalian juga tidak perlu kuatir ketika ingin mencari tau arti dari sebuah gambar dalam bahasa inggris. Cukup tekan tombol kamera di sebelah kiri dan arahkan kamera kalian ke teks yang ingin diterjemahkan, misalnya tanda, menu, atau brosur dan lain-lain yah. Google Translate akan menampilkan terjemahan di atas teks asli. Kalian juga dapat mengambil foto teks tersebut dan menyorot bagian yang ingin kalian terjemahkan dalam bahasa inggris.

2. Menggunakan Google maps

Tips yang kedua ini tidak jauh berbeda dengan tips sebelumnya, yang mana kita masih menggunakan fitur google dalam membantu kalian berpergian ke luar negeri tanpa harus bisa berbahasa inggris. Kenapa google maps ini sangat penting ketika berpergian, karna yang pastinya kalian akan mengunjungi banyak tempat wisata atau tempat kuliner di negara yang ditujuh. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menghindari berkomunikasi secara langsung dengan orang setempat apabila kalian binggung dengan lokasi atau tempat tujuan. 

Google Map dapat membantu kalian menemukan lokasi, arah, jarak, waktu tempuh, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perjalanan. Selain itu, yang paling keren dengan fitur ini adalah kalian juga dapat menggunakan fitur Google Map seperti Street View, Satellite, dan Transit untuk melihat gambaran nyata dari tempat tujuan kalian, atau menggunakan transportasi umum yang tersedia. Jadinya, dengan fitur ini kalian tidak perlu repot-repot mikirin kalimat bahasa inggris yang dipakai untuk menanyatakan tempat tujuan kalian ke orang-orang setempat.

3. Menggunakan Bahasa Tubuh atau Body Language.

Tips selanjutkanya adalah menggunakan Bahasa tubuh. Ini adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan orang lain, terutama jika kalian tidak bisa berbahasa Inggris. Yang pastinya Bahasa tubuh dapat membantu kalian mengekspresikan perasaan, sikap, maksud, dan emosi  tanpa harus menggunakan kata-kata. 

Bahasa tubuh juga dapat membantu dalam memahami pikiran, emosi, dan maksud orang lain melalui ekspresi wajah, kontak mata, gerak-isyarat, dan postur tubuh. Misalnya, jika ingin menunjukkan rasa hormat, kalian dapat mengangguk, tersenyum, atau membungkuk. Jika ingin menolak sesuatu, kalian dapat menggeleng, atau mengangkat tangan. 

Bahasa tubuh juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Jika kalian tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik, mungkin kalian akan merasa malu, canggung, atau takut untuk berbicara dengan orang lain. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas komunikasi pastinya. Dengan menggunakan bahasa tubuh yang baik, kalian dapat menunjukkan rasa percaya diri, antusiasme, dan keterbukaan. Misalnya, jika ingin berbicara dengan orang lain, kalian dapat menatap mata mereka, berdiri tegak, dan meletakkan tangan di samping tubuh.

Demikian beberapa tips untuk bisa berpergian ke luar negeri tanpa bisa berbahasa inggris. Semoga bermanfaat yah!. Namun, Jika kalian bisa berbahasa inggris dengan lancar, hal ini akan lebih sangat menguntungkan untuk menghindari adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Jadinya, yuk tetap berlajar Bahasa Inggris!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.