Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Apakah kalian berencana untuk studi di luar negeri? Maka kalian pasti sudah tahu bahwa ada biaya kuliah dan biaya hidup yang seketika dapat menambah anggaran besar untuk pendidikan kalian, tapi Untungnya, beasiswa memberikan dukungan keuangan penting yang dibutuhkan begitu banyak siswa. Dalam artikel ini, kalian akan menemukan jawaban atas pertanyaan berikut:

  1. Apa itu beasiswa, dan apa bedanya dengan hibah dan pinjaman mahasiswa?
  2. Siapa saja yang dapat mengajukan?
  3. Bagaimana kalian bisa mengajukan?
  4. Bagaimana cara mencari beasiswa di luar negeri?
SUN Education Group - Kuliah Ke Luar Negeri - Konsultan Pendidikan
suneducationgroup.com

Apa itu Beasiswa, Dana Hibah dan Pinjaman Mahasiswa?

Menurut kamus Cambridge, Beasiswa Kuliah di Luar Negeri adalah “sejumlah uang yang diberikan oleh sekolah, perguruan tinggi, universitas, atau organisasi lain untuk membayar studi seseorang dengan kemampuan hebat tetapi sedikit uang.” Saya akan menambahkan bahwa beberapa beasiswa lebih fleksibel, memungkinkan semua siswa untuk mendaftar terlepas dari kemampuan akademik atau keuangan mereka.

Baik beasiswa maupun dana hibah adalah jenis bantuan hadiah, yang berarti siswa tidak perlu mengembalikan uangnya. Tetapi hibah biasanya didasarkan pada kebutuhan, dan sering diberikan kepada kaum muda yang tidak mampu membayar biaya studi mereka. Sebaliknya, sebagian besar beasiswa diberikan berdasarkan kemampuan akademik, atletik, atau artistik.

Tidak seperti beasiswa, pinjaman mahasiswa adalah bentuk bantuan keuangan yang perlu dibayar kembali, terkadang dengan bunga. Pinjaman pelajar bisa menjadi berkah sekaligus kutukan. Di AS, misalnya, utang pinjaman mahasiswa telah mencapai 1,5 triliun USD yang menggiurkan pada tahun 2020.

Siapa saja yang dapat mengajukan beasiswa?

Siapa pun yang memenuhi persyaratan aplikasi dapat mendaftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri. Ya, ini adalah jawaban ‘Kapten Jelas’, tetapi berbagai jenis beasiswa menargetkan siswa yang berbeda. Selalu periksa apakah Anda dapat mendaftar, apakah tenggat waktu pendaftaran beasiswa terbaru, dan apakah beasiswa terbuka untuk siswa nasional, siswa internasional, atau keduanya.

Ini adalah beberapa persyaratan aplikasi yang paling umum untuk beasiswa:

Pertama, formulir pendaftaran atau aplikasi beasiswa, yg kedua adalah surat motivasi atau esai pribadi, yang ketiga adalah surat motivasi atau esai pribadi, keempat surat penerimaan dari institusi akademik, kelima bukti pendapatan rendah, laporan keuangan resmi, dan yang terahir adalah bukti prestasi akademik atau atletik yg bagus.

CARA MENDAPATKAN BEASISWA KE LUAR NEGERI UK dan BELANDA | SUN EDUCATION  EXPO - YouTube
youtube.com

Bagaimana kalian bisa mengajukan beasiswa?

Setelah Anda menemukan beasiswa studi di luar negeri yang dapat Anda lamar, mulailah mempersiapkan dokumen Anda. Proses aplikasi yang khas terlihat seperti ini:

Mendaftar untuk beasiswa, biasanya dengan mengisi formulir aplikasi online. Periksa inbox Anda untuk memastikan Anda telah menerima email konfirmasi. Tulis pernyataan atau esai pribadi. Ada cukup banyak model di internet tetapi ingatlah untuk menjadi orisinal dan mengesankan melalui pengalaman dan ide unik Anda.

Dapatkan bukti resmi prestasi akademik, atletik, atau artistik Anda. Terjemahkan dokumen jika perlu — biasanya begitu.

Atau dapatkan bukti resmi pendapatan rendah atau kewarganegaraan Anda (untuk beasiswa berbasis wilayah). Sekali lagi, terjemahan mungkin diperlukan.

Koreksi semua dokumen untuk kesalahan dan kirimkan ke penyedia beasiswa.

Kirimkan surat penerimaan dari universitas (atau dokumen resmi dari universitas yang membuktikan bahwa Anda telah diterima). Anda tidak akan menerima beasiswa tanpa mengonfirmasi bahwa Anda benar-benar akan memulai studi.

Tunggu hasilnya. Jika terpilih, selamat, Anda pemenangnya! Silakan dan adakan pesta tetapi jangan habiskan semua uang beasiswa Anda untuk itu. Hanya bercanda; universitas atau perguruan tinggi biasanya menerima uang secara langsung untuk menutupi biaya kuliah Anda atau sebagian.

Bagaimana cara mencari beasiswa belajar di luar negeri?

Situs web resmi universitas favorit Anda adalah tempat terbaik untuk mulai mencari beasiswa. Jika Anda tidak menemukan sesuatu yang relevan, hubungi perwakilan Uni melalui email atau chat dan tanyakan apakah mereka dapat membantu. Langkah lainnya juga adalah mencari bantuan keuangan di tempat lain di internet. Tetapi tidak selalu mudah untuk menemukan informasi yang dapat dipercaya dan tidak semua situs web memiliki konten terbaru. Cara yang lebih simple adalah menghubungi Sun Education!

9 Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri - SUN Education Group
suneducationgroup.com

Tentang Sun English

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.