Beberapa Ekspresi Menanyakan Arah Beserta Responnya dalam Asking and Giving Directions!

www.bing.com

Hello semuanya! Kembali lagi dengan Sunner disini. Kita akan membahas mengenai bagaimana sih menanyakan petunjuk jalan dan memberi arahan dalam Bahasa Inggris atau asking and giving direction. Ada beberapa momen yang membuat kita awkward ketika orang asing menanyakan tentang arah tapi kita sendiri ga mengerti atau tidak bisa memberikan jawaban petunjuk arah yang tepat. Bagaimana cara mengatasinya?

Jika kita berpergian ke luar negeri tentunya hal mendasar yang harus kita persiapkan yaitu tempat-tempat yang ingin kita singgahi. Adakalanya, rencana kita ketika berkunjung ke luar negeri tidak berjalan dengan semestinya, yah namanya juga tempat asing!. Ada saja jalan yang seharusnya tidak kita lalui namun karena ketidak familiaran kita dengan jalan asing, membuat kita tersesat. Nah, Salah satu cara mengatasinya ketika kita berada di situasi yang tidak menyenangkan itu bertanya kepada orang lain. Beberapa contoh kalimat asking directions berikut list untuk memudahkan kita membuat kalimat tanya untuk petunjuk arah dalam Bahasa Inggris atau asking directions.

Menanyakan arah punya beberapa ekspresi yang kita bisa gunakan, jadi hal ini menjauhkan kita dari kebosanan karena selalu menggunakan kalimat yang sama, Berikut penjelasannya:

www.bing.com
  • Ketika kita memfokuskan untuk menanyakan berapa lama untuk sampai ke tempat tujuan, kita bisa memulai kalimat dengan How long…, seperti How long does it take to walk to the station?, atau How long will it take to get there?, dan How long does it take to get to the station?
  • Namun, jika kita ingin menanyakan bagaimana cara untuk tiba ke tempat tujuan atau cara terefektif untuk sampai ke tempat yang kita tuju apakah dengan berjalan kaki, naik mobil, kereta, atau motor, atau bahkan dengan mode transportasi lainnya, kita bisa menggunakan How do ….. Seperti How do I get to the post office,please? atau How can I get to the nearest supermarket?
  • Kalimat lain untuk menanyakan arah yaitu kita bisa menggunakan where …?. Kalimat tanya ini lebih memfokuskan ke nama tempat tujuan. Contoh kalimtanya yaitu Where is the closest supermarket? atau Where can I find …?
  • Jika kita ingin menanyakan arah ke orang lain dnegan cara yang lebih sopan, kita bisa memulai kalimat dengan memberi salam terlebih dahulu menggunakan Excuse me… .Kalimatnya yaitu Excuse me, I’m lost. I’m looking for the post office. atau Excuse me, how far is it to the station?
  • Selain menggunakan kata tanya sperti where atau how, modal juga bisa kita gunakan untuk membuat kalimat tanya seperti can …?. Kalimatnya yaitu Can you please show me how to get to the bus stop? atau Can you give me directions to the bank?

Bagaimana membuat kalimat respon untuk memberikan arah ketika orang asing bertanya kepada kita dalam Bahasa Inggris?

Kalimat tanya sebelumnya berguna ketika berada disituasi kita yang menanyakan arah kepada orang asing. Namun, ketika situasinya kita yang harus memberikan informasi arah kepada mereka di negara kita bagaimana?. Tentunya untuk membantu, kita harus mempersiapkan diri dengan kalimat bahasa Inggris bagaimana sih merespon ketika orang asing menanyakan tempat yang mereka tuju?. Berikut penjelasannya:

  • Pertama, kita bisa gunakan it is untuk memulai seperti It is two miles from the town centre, atau It’s between the bakery and the bank. Simple bukan?
  • Kedua, kita bisa memulai kalimat dengan menggunakan There. Seperti dalam kalimat There are frequent buses to and from the city centre atau There is a ticket machine at the bus stop .
  • Ketiga, jika kita tidak mengetahui tempat yang mereka tuju. Kita bisa terus tengan dengan bilang tidak tahu, seperti kalimat I don’t know. I don’t live around here.

Setelah kita membahas mengenai cara membuat kalimat asking and giving directions. Kita juga perlu tahu vocabulary petunjuk arah. Berikut penjelasannya:

www.bing.com
Turn back (berbalik arah)
Turn left (belok kiri)
Turn right (belok kanan)
you have gone past the turning.(Anda telah melewati belokan.)
when you see a roundabout. (Ketika Anda melihat bundaran.)
at the end of the road and my house is number 67 (di ujung jalan dan rumah saya adalah nomor 67)

Cross the junction and keep going for about 1 mile. (Sebrangi persimpangan dan terus berjalan selama sekitar 1 mil).

Take the third road (Ambil jalan ketiga)on the right (di sebelah kanan)and you will see the hospital straight ahead (Dan Anda akan melihat rumah sakit lurus ke depan)
Thehospital is opposite the railway station. (Rumah sakitnya berada di seberang stasiun kereta api.)
shop is near the hospital. (Tokonya berada di dekat rumah sakit.)
house is next to the local cricket (Rumahnya berada di sebelah kriket lokal)
shop is in between the chemist and KFC. (tokonya berada di antara ahli kimia dan KFC)

At the end of the road you will see a roundabout. (Di ujung jalan Anda akan melihat bundaran.)

Just around the corner is my house, you will need to stop quickly or you will miss it. (di sekitaran sudut adalah rumah saya, Anda perlu berhenti dengan cepat atau Anda akan melewatkannya.

Go straight on at the traffic lights. (jalan lurus melusuri lampu lalu lintas)

Bagi kamu yang masih bingung ketika menerapkan kalimat dan vocabulary di atas menjadi sebuah percakapan, berikut contohnya:

Percakapan yang bisa kita lihat yaitu sebagai berikut:

Aryoin: Excuse me, could you tell me how to get to the library please? (Permisi, bisakah kamu memberitahuku bagaimna cara ke perpustakaan?)

Alsya: Yep, you do straight down Burwood Road (tentu, kamu bisa melusuri jalan Burwood)

Aryoin: OK

Alsya: Keep going past the railway station and take the first street on the right after the train station. That should be Deannes St. Keep going down Deanne St and take the second street on the left. That’s Marmaduke St. The library is on the left hand side. You can’t miss it. (Jalan terus melewati Statiun kereta dan ambil jalan pertama sebelah kanan stelah stasiun kereta. Jalan tersebut seharusnya Deannes St. Tetap jalan di Deanne St dan ambil jalan kedua di sebelah kiri, yaitu Marmaduke St. Perpustakaannya berasa di sebelah kiri. Kamu tidak akan kelewatan).

Alsya: OK, great. Thanks. (okay hebat. terima kasih)

Sekian pembahasan kita kali ini mengenai asking and direction, mudah bukan? 🙂

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *