Berbicara seperti native speaker English: 7 cara ampuh!

Howdy Sunners! Semoga selalu dalam keadaan yang baik dan sehat ya, supaya tetap bisa mengikuti tips & tricks yang akan diberikan. Selamat bergabung kembali dalam postingan SUN English yang kali ini ya. Sebelum kita masuk ke topik pembahasan kali ini, yaitu Cara berbicara bahasa inggris seperti native speaker. Apakah kalian sudah mengetahui definisi tentang native speaker itu sendiri? Komen di bawah ini yuk buat kalian yang sudah familiar dengan yang sebutannya dong. Buat kamu yang belum tahu, ga usah khawatir ya because kita akan segera mempelajari tentangnya dibawah ini. 

Native sendiri berarti penduduk asli dalam kamus bahasa Indonesia. So, pada intinya native speaker merupakan orang yang berbicara menggunakan suatu bahasa tertentu dari sejak lahir yang kemudian dikenal sebagai bahasa ibu. Dengan kata lain native speaker adalah seorang penutur asli dari suatu bahasa ini bermaksud bahwa setiap bahasa memiliki native speakernya masing-masing. For instance, jika kamu dilahirkan dan dibesarkan di Indonesia lalu bahasa pertama yang kamu kuasai ialah Bahasa Indonesia. Then you are a native speaker of Indonesian. 

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang native speaker-nya bahasa English nih Sunners. Sebenarnya, jika kita yang bukan berasal dari negara dengan bahasa utamanya adalah bahasa Inggris juga dapat loh untuk terndengar seperti mereka. Kira – kira apa ya yang membuat para Non Native Speakers dapat terdengar layaknya seorang yang asli menuturkan bahasa Inggris? Mari kita lihat apa dan bagaimana cara berbicara bahasa inggris seperti native speaker serta dapat menirukan mereka. 

cara berbicara bahasa inggris seperti native speaker
www.freepik.com

Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan

Supaya kamu terdengar layaknya seorang penutur asli bahasa Inggris, kamu perlu melatih berbagai aspek berikur ini. For example pengucapan, intonasi, dan fluency atau kefasihan. Berikut beberapa tips dan langkah yang dapat kamu ikuti untuk dapat berbicara bahasa inggris seperti native speaker.

 1. Practice makes perfect:

Kunci yang pertama adalah practices atau latihan yang konsisten dan berulang sebagai rutinitas sehari hari, tentu dapat sangat membantu kamu loh. Try to spare your time, luangkanlah waktu kamu setiap hari untuk berlatih mendengarkan dan berbicara dalam bahasa Inggris.

 2. Surround yourself with English:

Pastikan kamu untuk selalu dikelilingi dengan percakapan maupun tulisan bahasa Inggris sebanyak mungkin. Tontonlah film, acara TV, atau berita berbahasa Inggris. In addition, kamu juga dapat mencoba mengganti setting pada gadgetmu menjadi bahasa Inggris dan coba untuk mendengarkan musik dan podcast berbahasa Inggris.

 3. Mimic Native Speakers.

Perhatikan baik-baik cara mereka sebagai penutur asli mengucapkan kata dan frasa – frasa dalam bahasa Inggris. Then, cobalah untuk meniru pengucapan, intonasi, dan ritmenya.

Adapun beberapa hal lain yang dapat kamu lakukan agar dapat berbicara bahasa inggris seperti native speaker, antara lain:

 4. Learn the Phonetic.

Mempelajari Alfabet Fonetik Internasional (IPA) untuk memahami bunyi bahasa Inggris terbukti dapat meningkatkan skill berbahasa Inggris kamu loh. Hal ini dapat membantu kamu mengidentifikasi also produce suara dengan benar.

 5. Vocabulary and Idioms.

Perluas kosakata kamu dan pelajari ekspresi idiomatik sehari – hari yang paling sering di gunakan oleh para penutur asli.

6. Speak Slowly and Clearly:

Native Speaker atau si penutur asli sering kali berbicara dengan kecepatan sedang dan mengartikulasikan kata-katanya dengan jelas. So, kamu harus hindari berbicara terlalu cepat atau bergumam sehingga kamu dapat menghindari miss komunikasi yang berarti. 

 7. Accent Reduction.

Sebagai native speaker bahasa Indonesia maka tentunya aksen Indonesia kita akan tetap mengikuti bukan. Therefore, kalau kamu memiliki aksen yang kental dan kuat, pertimbangkanlah untuk mengurangi aksen kamu itu. In addition, kamu juga dapat mencari tempat les atau sumber daya online untuk mengatasi hal tersebut. 

Oke Sunners, kamu juga harus ingat ya bahwa terdengar seperti penutur asli sangatlah memerlukan waktu dan usaha. Namun itu juga tidak menjadi sebuah masalah yang berarti jika kamu memilih untuk mempertahankan beberapa aspek keaslian kamu. For example, kamu tetap mempertahankan aksen khas daerah kamu yang juga dapat menjadi sebagai identitas aslimu. Demikianlah yang dapat disampaikan dalam kesempatan artikel kali ini. Sampai bertemu di artikel lainnya ya Sunners! 

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.