BAGAIMANA SIH CARA DAFTAR KARTU PRA KERJA?

Source: freepik.com

Ternyata cara daftar kartu pra kerja itu tidak sulit loh. Nah, sebelum kita membahas bagaimana cara mendaftarnya sebaiknya kita harus paham tentang apa sih kartu pra kerja itu.

APA SIH KARTU PRA KERJA ITU?

Kartu pra kerja adalah program dari pemerintah yang bertujuan untuk memberikan program pengembangan Kompetensi Kerja. Mungkin kamu berpikir bahwa program ini hanya bertujuan untuk membantu orang-orang yang belum atau tidak bekerja, mungkin karena baru saja selesai sekolah atau yang terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan dimana mereka bekerja, serta yang sedang mencari pekerjaan. Jadi, sebetulnya semua itu benar karena memang sasaran utamanya adalah kelompok masyarakat yang seperti itu. Sebenarnya kartu pra kerja itu juga tersedia juga bagi mereka yang telah dan sedang bekerja tetapi mereka membutuhkan peningkatan kompetensi. Oleh sebab itu buat kamu yang termasuk pada golongan yang terakhir, ayo cari cara daftar kartu pra kerja sekarang juga.

TUJUAN KARTU PRA KERJA

Seperti dikutip dari laman Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia program kartu pra kerja bertujuan:

a. mengembangkan kompetensi angkatan kerja;

b. meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja; dan

c. mengembangkan kewirausahaan.

Ayo, tunggu apalagi, kamu bisa mendaftar segera kok. Cukup baca artikel ini sampai selesai ya supaya kamu mendapatkan gambaran mengenai cara daftar kartu pra kerja.

SYARAT DAN KETENTUAN CARA DAFTAR KARTU PRA KERJA

Untuk bisa lolos atau terpilih dan mendapatkan manfaat dari kartu pra kerja, maka kamu harus mengetahui syarat-syarat dan ketentuan nya. Pertama-tama program ini adalah khusus untuk WNI atau Warga Negara Indonesia. Adapun usia saat mendaftar paling rendah adalah 18 tahun dan yang paling tinggi adalah 64 tahun. Jadi, kamu harus berusia 18 tahun ya paling tidak. Selain daripada itu kamu sedang tidak mengikuti pendidikan formal serta maksimal 2 nomor Induk Kependudukan (NIK)  dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima manfaat dari kartu pra kerja tersebut. Nah, ini yang paling penting adalah kamu tidak berstatus sebagai Pejabat Negara, Pimpinan dan atau anggota DPRD, ASN, TNI, POLRI, Kepala Desa/Perangkat Desa, Direksi, Komisaris, Dewan Pengawas BUMN/BUMD. 

Source: freepik.com

CARA DAFTAR KARTU PRA KERJA SECARA ONLINE

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah mendaftarkan diri dan membuat akun dengan cara mengakses www.prakerja.go.id. Setelah kamu selesai membuat akun serta bisa masuk ke laman utama situs tersebut, nah ikuti langkah-langkah untuk cara daftar kartu pra kerja dibawah ini:

  • Buat akun dengan memasukkan alamat email dan password
  • Verifikasi KTP dan KK dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK dan tanggal lahir kamu
  • Isi data diri kamu
  • Unggah foto e-KTP
  • Scan wajah dengan cara mengedipkan mata
  • Jawab pertanyaan tentang alasan mengikuti Kartu Prakerja
  • Isi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati dan keterampilan.
  • Verifikasi nomor HP kamu yang masih aktif
  • Isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi kamu
  • Ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Apabila kamu sudah selesai dengan tahap-tahap diatas, maka kamu akan mendapatkan informasi apakah kamu lolos dan bisa memilih batch yang kamu inginkan berdasarkan domisili. Oleh sebab itu kamu juga harus segera klik gabung gelombang apabila pendaftaran gelombang sudah terbuka. Kamu juga dapat memilih program pelatihan yang kamu inginkan di platform digital mitra resmi program tersebut termasuk SIAPkerja.  Setelah itu pendaftaran selesai dan akan menunggu proses evaluasi pendaftaran program atau manfaat yang akan kamu ambil dalam bentuk program pelatihan serta insentif selama 3 bulan.

Source: freepik.com

MANFAAT KARTU PRA KERJA YANG KAMU DAPATKAN

Nah, setelah melalui tahap seleksi dan kamu bisa lolos, maka kamu mendapatkan nomor kartu pra kerja serta nominal saldo pada dashboard akun. Hal ini memberikan kesempatan kamu untuk menikmati beragam pelatihan yang telah tersedia sesuai dengan minat yang kamu pilih. Untuk pemilihan materi dan pelatihan sifatnya wajib ya buat kalian supaya nanti kalian bisa menikmati tunjangan dana sebesar Rp. 600.000 rupiah setiap bulan nya selama tiga bulan berturut-turut. Sedangkan untuk biaya pelatihan tersedia saldo Rp. 3 juta rupiah yang hanya bisa di pakai untuk membeli program pelatihan di mitra resmi. Saldo tersebut dapat kamu habiskan selama periode yang telah ditentukan. 

Baca juga: BEBERAPA PERTANYAAN TENTANG TOEFL YANG SERING MUNCUL

PROGRAM PELATIHAN YANG TERSEDIA

Bagi kamu yang sudah lolos dalam tahap seleksi, maka kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Kamu juga bisa langsung login ke akun prakerja kamu kemudian cek apakah saldo untuk pelatihan pra kerja kamu sudah tersedia pada dashboard akun. Kamu dapat membeli program-program pelatihan yang tersedia melalui platform-platform yang sudah menjadi rekanan pra kerja, seperti Bukalapak, Tokopedia, Mau Belajar Apa, Pintaria, dsb. Kemudian kamu bisa memilih program yang kamu butuhkan. 

Berbagai macam kejuruan yang dapat kamu pilih seperti Teknologi Informasi, Garmen Apparel, Pariwisata, Kecantikan, Teknik Otomotif, Bisnis dan Manajemen, Tata Busana, Tata Boga, Industri kreatif, dan masih banyak lagi.

Lanjut ke pembelian program dengan memasukkan nomor pra kerja kamu. Kamu jangan lupa untuk langsung membeli dan mengikuti pelatihannya. Apabila kamu tidak melakukan pelatihan segera dalam jangka waktu 30 hari, maka kepesertaan kamu akan terdiskualifikasi. Pelatihan ini secara online ya atau melalui video-video yang sudah mereka siapkan. Jadi kamu bisa memutarnya kapan saja kamu ada waktu atau memutar ulang kembali kapan saja.

Source: istockphoto.com

CARA MENDAPATKAN TUNJANGAN PER BULAN

Setelah kamu menyelesaikan satu program pelatihan, maka kamu harus memberikan review atau ratings kepada pihak pemberi pelatihan tersebut. Setelah itu pihak tersebut akan memberikan sertifikat bahwa kamu telah menyelesaikan pelatihan. Kamu tinggal menunggu insentif di saldo rekening kamu. Mudah sekali, bukan. Nah, tunggu apalagi, kamu coba daftar sekarang juga.

Baca juga : 10 Hal yang Perlu kalian Cantumkan pada Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris saat Interview

Source: freepik.com

ALASAN KAMU TIDAK LOLOS DALAM PROSES SELEKSI

1. Cek KTP kamu harus valid, ya. Biasanya ada beberapa masalah terkait e-KTP, yaitu:

  1. e-KTP tidak kusam ataupun buram serta asli buka fotokopi. Sangat penting adalah ketika kamu mengunduh e-KTP tersebut tidak terpotong. Jangan menggunakan flash, pastikan saja cahaya tidak gelap dan foto diambil langsung dari kamera HP.
  2. e-KTP harus nama sendiri dan bukan nama orang lain. Pastikan nomor NIK benar dan tidak ada kesalahan mengetik. Data harus sesuai dengan yang tertera di e-KTP kamu.

2. Apakah kamu penerima Bansos yang lain. Kalau kamu penerima bansos yang lain, maka system akan membaca dan otomatis kamu tidak lolos. Atau apakah kamu termasuk dalam kategori yang tidak bisa  mendaftar kartu pra kerja. Sebaiknya kamu baca-baca lagi peraturannya.

3. Jawaban tes kamu masih banyak salahnya.

4. Kemungkinan sudah ada anggota keluarga yang lain yang menerima kartu pra kerja, karena dalam satu KK hanya boleh 2 anggota keluarga yang mendaftar.

5. Sudah pernah mendapatkan kartu pra kerja sebelumnya.

6. Masuk dalam kategori blacklist atau daftar hitam. Du, semoga tidak ya.

Source: pixabay.com

Nah, semoga informasi mengenai cara daftar kartu pra kerja ini bermanfaat buat kamu yang mau mencoba untuk mendaftar karena gelombang selanjutnya di tahun 2023 tetap dibuka loh.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp

Comments are closed.