Bagaimana sih Cara Pakai Passive Voice Simple Present Tense Dengan Benar?

passive voice

Tahukah kamu bahwa passive voice Simple Present Tense tidak sulit untuk kamu pelajari sendiri. Jenis tense ini secara teori memiliki tujuan untuk memberitahu garis waktu atau masa kapan sebuah kejadian atau peristiwa tertentu terjadi. Kita perlu lebih memahami dimana letak perbedaan antara dua tenses ini. Itu dilakukan tidak salah paham dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam situasi active maupun passive.

Simple Present Simple

Dalam jenis tenses ini, kejadian maupun peristiwa yang kamu bicarakan berada di masa sekarang dan valid. Kamu akan pakai tenses ini pada situasi spesifik: kebiasaan atau habit, opini, fakta ilmiah, dan keadaan permanen.

Adapun beragam kondisi yang mendeskripsikan fokus informasi tertentu. Kamu dapat memperhatikan dua pola kalimat Simple Present Tense dengan yang memiliki verb dan tidak memiliki verb:

Simple Present Simple (Active)

Kamu wajib menggunakan jenis Present Simple dalam bentuk active jika tujuannya adalah fokus terhadap subjek atau pelaku utama dalam kalimat. Subjek ini akan melakukan aksi dalam bentuk verb, beserta objek sebagai penerima aksi tersebut. 

*Pola kalimat dengan verb (kata kerja):

(+) Subject + verb.1 + object

(-) Subject + do/does + not + verb.1 + object

(?) Do/Does + subject + verb.1 + object?

Dengan catatan untuk pola Simple Present Tense bentuk positif(+), kamu harus menambahkan akhiran s/es/ies ketika subjeknya tunggal atau singular seperti ‘she, he, dan it’.

Adapun pola kalimat tanpa verb yang mendeskripsikan adjective (kata sifat), noun (kata benda), dan adverb (kata keterangan lokasi/waktu/cara):

(+) Subject + to be (is/am/are) + (……)

(-) Subject + to be (is/am/are) + not + (……)

(?) To be (is/am/are) + subject + (…….)?

Setelah kamu melihat dua pola berbeda yang berlaku pada tenses aktif ini, kini kamu akan belajar memahami jenis-jenisnya dalam berbagai situasi atau kondisi berbeda.

bentuk kalimat pasif
Source: i1wp.com

Contoh Kalimat Simple Present Simple (Active)

1. Keiko often goes to the office at 9 o’clock.  (dengan verb)

2. Do my family and I visit the city park on Sunday? (dengan verb)

3. The tissue is not always inside my purse. (tanpa verb)

4. They are never on time. (tanpa verb)

5. An excessive amount of soda causes diabetes. (dengan verb)

6. The sun does not set in the west. (dengan verb)

7. Is Mariana really pretty? (tanpa  verb)

passive simple present
freepik.com

Simple Present Simple (Passive)

Ketika memakai passive voice Simple Present Tense, itu berarti kamu akan lebih fokus terhadap objek di dalam kalimat. Objek tersebut akan berubah posisi untuk menggantikan subjek. Peran subjek menjadi tidak begitu penting untuk disebutkan di dalam kalimat. Dalam passive voice ini, informasi akan lebih mengutamakan apa yang sedang terjadi terhadap objek yang dibicarakan. Tenses ini sangat berguna jika kamu ingin memakainya dalam bentuk kalimat proses, yang menggambarkan step-by-step langkah kerja dalam membuat sesuatu,

(+) Object + to be (is/am/are) + verb 3 + ……

(-) Object + to be (is/am/are) + not + verb 3 +……

(?) To be (is/am/are) + object + verb 3 (…….)?

Contoh Kalimat Simple Present Simple (Passive)

1. The dry food is eaten by my cat.

2. I am not scolded because it is not my mistake.

3. Are they picked up by school bus?

4. The main road and public facilities are fixed every year.

5. This smartphone is not sold.

6. Is the wall painted?

Contoh Kalimat Simple Present Simple (Passive) Untuk Bahasa Proses

1. The sugar, flour, eggs, and water are mixed evenly.

2. Once coffee beans are picked, they are transported to the factory.

3. Hot water is added into a big bowl.

contoh simple present passive
Source: istockphoto.com

Itulah beberapa perbedaan passive voice Simple Present Tense beserta bentuk aktif yang dapat kamu pelajari.

Kamu dapat membuat berbagai jenis model lain dengan memakai pola tenses di atas. Yuk, gantian untuk buat versi kalimat aktif dan pasif kamu di kolom komentar!

Untuk informasi lengkap seputar kursus dan program Bahasa Inggris dan berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.