Belajar Menggunakan Idiom Dalam Bahasa Inggris

Di dalam menggunakan Bahasa Inggris banyak sekali element-element penting yang harus diketahui selain tata-bahasanya, kosa-katanya, tetapi ada juga yang tidak kalah penting yakni mengetahui penggunaan idiom dalam Bahasa Inggris di keseharian kita sebagai pelajar Indonesia. Penggunaan idiom dalam Bahasa Inggris memang tidaklah mudah bagi yang bukan penutur asli atau penutur kedua karena suku-suku kata yang menggaris bawahi idiom itu sendiri tidak dapat diterjemahkan kata per kata, atau secara umum tetapi secara tertentu dan disesuaikan dengan konteks yang sedang berlangsung. Untuk setiap negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa ibunya, sudah pasti orang-orangnya dapat dengan fleksibel menggunakan Idiom Bahasa Inggris dengan benar secara lisan dan tertulis, dan juga tahu kapan mereka dapat menggunakannya. Dengan kata lain, penggunaan Idiom dalam Bahasa Inggris bagi mereka penutur asli bukan hal yang baru, dan memiliki tujuan tertentu saat menggunakannya.

idiom bahasa inggris
Source : Vecteezy.com

Bagi setiap orang yang bukan penutur asli Bahasa Inggris dan yang punya rencana studi atau kerja ke negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi utama dari hari ke hari, perlu juga belajar menggunakan Idiom dalam Bahasa Inggris. Bukan hanya untuk memahami jenis-jenis idiomnya, tetapi juga dapat juga menggunakannya dalam konteks yang benar dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, Idiom Bahasa Inggris perlu pelajari selain penggunaannya jarang didengar dan digunakan di belahan bumi yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa ibu atau sebagai Bahasa kedua dalam berkomunikasi lisan dan tulisan, penguasaan idiom Bahasa Inggris memampukan anda sekalian dapat berkomunikasi yang baik dan tepat dengan setiap orang yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa pertama mereka.

Untuk setiap pelajar di Indonesia, hal-hal inilah yang menjadi pelajaran penting untuk ditelusuri dan diaplikasikan sehingga setiap orang tidak salah berbicara dan salah mengerti ketika menggunakan idiom dalam berbahasa Inggris. Ada beberapa hal penting sebelum kalian menggunakan idiom Bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang perlu dibaca dan dimengerti sebelum menggunakan Idiom dalam Bahasa Inggris seperti berikut.

Baca Juga : 10 cara tepat penggunaan THE dalam Bahasa Inggris

Definisi Idiom Bahasa Inggris

English Idiom adalah ungkapan yang memiliki makna yang tidak jelas dari setiap kata, menurut Cambridge English Idiom in Use. Selain itu, Idiom dalam Bahasa Inggris juga didefinisikan sebagai sekelompok kata dalam urutan tetap yang memiliki arti tertentu yang berbeda dari setiap kosa kata Bahasa Inggris pada umumnya (Cambridge Advanced Learner’s Dictionary Third Edition). Jadi secara umum, idiom dalam Bahasa Inggris dapat diterjemahkan sebagai ungkapan-ungkapan, ekspresi, atau sekumpulan kata yang dinyatakan dengan tujuan tertentu atau menyiratkan arti tersendiri oleh seseorang kepada orang lain ketika berkomunikasi secara lisan atau tertulis, dan idiom Bahasa Inggris dapat ditemui di berbagai keterampilan Bahasa Inggris seperti listening, reading, writing, and speaking.

Manfaat Dan Kegunaan Ekspresi Idiomatik Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan ekspresi idiomatik telah lama memainkan peran penting dalam Bahasa Inggris. Kenyataannya, penggunaan idiom begitu luas sehingga pemahaman tentang ungkapan-ungkapan ini sangat penting untuk mencapai keberhasilan berkomunikasi, baik dalam listening, speaking, reading, and writing. Tentu saja, idiom yang dipilih untuk dipelajari harus memiliki nilai praktis dan sesuai dengan kemampuan para pebelajar untuk memahaminya sehingga membantu mereka mencapai kelancaran, menambah keanggunan, dan ketepatan berbahasa Inggris. Hal-hal tersebut merupakan manfaat penggunaan idiom Bahasa Inggris bagi mereka yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing.

idiom bahasa inggris
Source : Vecteezy.com

Jenis-Jenis Idiom Bahasa Inggris

Jenis-jenis idiom Bahasa Inggris yang dapat dipelajari dan digunakan Ketika anda sedang menggunakan Bahasa Inggris secara lisan atau tulisan. Berikut ini adalah contoh jenis-jenis idiom Bahasa Inggris yang anda sekalian perlu ketahui:

FORMEXAMPLEMEANING
Verb + Object/ Complement (and/ or adverbial)kill two birds with one stoneProduce two useful results by just doing one action
Prepositional Phrasein the blink of an eyein an extremely short time
Compounda bone of contentionSomething which people argue and disagree over
Simile /’simili/ (as + adjective + as, or like + noun)as dry as boneVery dry indeed
Binomial (word + and + word)rough and readyCrude and lacking sophistication
Trinomial (word + word + and + word)cool, calm, and collectedrelaxed, in control, not nervous
Whole clause or sentenceto cut a long story shortto tell the main points, but not all the fine details

Aspek-Aspek Idiom Bahasa Inggris

Kebanyakan idiom Bahasa Inggris ditetapkan dalam formatnya atau bentuknya, dan tidak dapat diganti atau divariasikan. Namun, terkadang, tata-bahasanya atau kosa-katanya sedikit dapat divariasikan. Hal tersebut dapat dilihat (kata-kata yang dicetak tebal pada kolom example) dari tabel dibawah ini:

Baca Juga : Perkenalan Dalam Bahasa Inggris di Berbagai Situasi

VARIATIONEXAMPLE
Occasionally an idiom in the active voice can be used in the passive.Government Ministers always pass the buck if they are challenged about poverty. [blame someone else / refuse to accept responsibility] The buck has been passed from Minister to Minister. No one seems prepared to accept the responsibility.
Some verb-based idioms also have noun-compound forms.There is too much buck-passing in government nowadays. No one accepts the blame for anything.
One or more words in the idiom can be varied.don’t give me a hard/rough/tough time. [don ‘t make things difficult for me]

Contoh-Contoh Idioms Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah beberapa jenis idiom Bahasa Inggris yang dapat digunakan dan ditemui dalam Bahasa Inggris. Idiom atau ungkapan kata-kata (kata-kata yang dicetak tebal)tersebut terbagi atas beberapa konteks berbahasa Inggris seperti berikut:

Idioms of Happiness

IDIOMSMEANINGEXAMPLE IDIOMS in SENTENCES
get a (real) kick out of somethingvery much enjoy doing something (informal)I get a (real) kick out of going for a run first thing in the morning before anyone else is up.
do something for kicksdo something because it is exciting, usually something dangerous (informal)Kate is keen to have a go at bungee-jumping – just for kicks.
jump for joybe very happy and excited about something that has happenedRowena jumped for joy when she heard that she’d won first prize.
be floating/ walking on airbe very happy about something good that has happenedI’ve been walking on air ever since Chris and I started going out together.
something makes your daysomething makes you feel very happyIt’s great to hear from you. It’s really made my day.

Idioms of Sadness

IDIOMSMEANINGEXAMPLE IDIOMS in SENTENCES
out of sortsslightly unhappy or slightly illUnfortunately, everyone here is out of sorts.
Down in the campusunhappy (informal)Will is down on the campus because he does not like his teacher this year.
it’s not the end of the worldwhat has happened won’t cause any serious problemI have told him that it’s not the end of the world.
just grin and bear itAccept a situation you don’t like because you can’t change itand that he’d better just grin and bear it.
sour grapesBeing jealous about something you can’t havePat is also suffering from sour grapes because I got the role in the school play that she wanted.

Idioms of Argument

IDIOMSMEANINGEXAMPLE IDIOMS in SENTENCES
tie yourself (up) in knotsbecome very confused when you are trying to explain somethingNatashya tried to explain the problem, but she soon tied herself up in knots.
be brought/ called to accountbe forced to explain your actions and (probably) punishedThe Minister responsible
give someone the benefit of the doubtbelieve something good about someone even though you could believe either good or badI am not sure that Paula is telling the truth, but I am giving her the benefit of the doubt.
go round in circlesmake no progress in an argument or discussionWe are going round in circles. I wish you’d come up with a new idea!
won’t budge/ give an inchwon’t modify an opinion or agree to even small changes that another person wantsI am prepared to compromise, but Tania won’t budge an inch.

Itulah beberapa cara belajar menggunakan Idiom dalam Bahasa Inggris yang bisa kalian gunakan untuk berbahasa Inggris dengan tepat, benar, dan elegan. Kalian dapat mengambil atau mengikuti les untuk mengukur penggunaan Idiom dalam Bahasa Inggris, dan untuk memperkaya pengetahuan kalian dalam berbahasa Inggris! Kalian bisa mengambil kursus Bahasa Inggris dengan program apa aja di SUN English untuk bisa memperdalam pengetahuan kalian tentang Idiom dalam Bahasa Inggris. Langsung hubungi WA hotline di 081211868283.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *