Its or Its’: Yuk Cari Tahu Bedanya!

Hi, English enthusiasts! Pernahkah kamu mendengar atau menggunakan kata its? Atau mungkin pernah memakai kata it’s? Atau juga pernah merasa, kayaknya yang bener its’? Nah, kira-kira yang mana ya yang paling benar? Daripada kebingungan terus, yuk simak bahasan kita kali ini tentang perbedaan it’s, its or its’ yang perlu kamu ketahui. Let’s check it out!

Kalau kamu sering kebingungan akan penggunaan it’s, its or its’, tenang aja. Kamu gak sendirian kok! Faktanya adalah ketiga kata ini memiliki bentuk susunan huruf yang mirip dan ternyata adalah salah satu kata yang paling sering membingungkan dalam bahasa Inggris tertulis, bahkan bagi penutur asli Bahasa Inggris loh! Itu karena ketiga kata tersebut diucapkan dengan cara yang sama dan memiliki kata ganti dasar yang sama (it) pada akar ejaannya. Namun, penambahan apostrof/tanda petik di antara huruf-huruf terakhir mengubah arti kata tersebut sepenuhnya.

Perbedaan it’s, its dan its’

Jadi apa perbedaan antara it’s, its or its’? Pertama-tama, yang perlu kita ketahui adalah bahwa its’ merupakan bentuk kata yang salah dan tidak berlaku dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, yang berlaku hanyalah it’s dan its. Membedakan kedua kata ini dapat dilakukan dengan menentukan mana yang merupakan kata benda posesif (bentuk kepunyaan) dan mana yang merupakan kontraksi (bentuk kata singkatan). Ketika kamu bisa mengidentifikasinya, kamu bisa dengan mudah mengenali mana yang harus kamu gunakan dan memastikan kamu nggak akan mencampuradukkan keduanya lagi.

Begini intinya: its (tanpa apostrof/tanda petik) adalah kata ganti posesif (kepunyaan), seperti his atau her, untuk kata benda yang jenis kelaminnya tidak ditentukan seperti benda mati. Sebaliknya, it’s (dengan apostrof/tanda petik) adalah bentuk kependekan, atau kontraksi, dari it is atau it has.

Kalau kamu bisa mengganti it is atau it has dengan it’s dalam sebuah kalimat, itu tandanya kamu sudah berhasil menerapkan konsep yang sesuai. Selain itu, kata yang benar adalah its, yang mana kita gunakan untuk menandakan kepemilikan atas kata benda apa pun yang muncul setelah kata it.

Apa makna kata its?

Sederhananya, its adalah bentuk posesif (kepemilikan) dari kata it. Kata its sering digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang dimiliki oleh seseorang atau benda yang disebutkan sebelumnya dalam sebuah kalimat, seperti:

  • The video game challenges its players to beat the Ice Queen (Video game ini menantang para pemainnya untuk mengalahkan Ice Queen.)

Dalam hal ini, its adalah kata pengganti dari video game.

Kata its juga dapat digunakan untuk merujuk pada kata benda tanpa jenis kelamin tertentu, seperti:

  • The cat hissed when the dog stole its catnip (Kucing itu mendesis saat anjing itu mencuri catnipnya)

Satu hal yang perlu diingat adalah kalau kamu mendeskripsikan kepemilikan, kata yang kamu gunakan adalah its, bukan it’s. Perlu diingat bahwa kata its harus diikuti kata benda (benda yang dimilikinya), misalnya: its players atau its catnip.

Source: storyset on Freepik

Apa makna kata its?

It’s adalah sebuah penyingkatan (kontraksi) kata dari it is atau it has. Sama seperti she’s atau they’re (kontraksi dari she is dan they are), tanda kutip/apostrof menandakan bahwa ada dua kata yang telah digabungkan. Kamu harus ingat, setiap kali kamu menggunakannya, kamu harus bisa menggantinya it is atau it has.

Aturan yang perlu diingat adalah bahwa tanda kutip pada kata it’s menandakan adanya bagian dari sebuah kata telah dihilangkan (dalam kasus it’s, huruf ‘i’ pada ‘is’ dan ‘ha’ pada ‘has’ telah dihilangkan).

Contoh Penggunaan Its dan It’s

Penggunaan Kata Its:

  • Jesse is in love with her cat as its fur is so soft (Jesse sangat menyukai kucingnya karena bulunya sangat lembut)
  • The truck was nowhere to be found, but its driver came back home safely (Truk tersebut tidak berhasil ditemukan, tetapi supirnya pulang dengan selamat)
  • Canada has been dubbed the friendliest country in the world. Its safe environment is a pleasure for visitors (Kanada telah dinobatkan sebagai negara paling ramah di dunia. Lingkungannya yang aman membuat para pendatang nyaman)

Penggunaan Kata It’s:

  • It’s an honor to be here! (Sebuah kehormatan bisa berada disini)
  • Mark went to Hongkong for 4 days, and he said it’s one of the best moments in his life (Mark pergi ke Hongkong selama 4 hari, dan dia bilang itu adalah salah satu momen terbaik dalam hidupnya)
  • It’s been a year since the last time all of us met (Sudah setahun ya sejak terakhir kita ketemu)

Itulah pembahasan kita tentang its or its’! Semoga kamu semakin mengerti dan tidak bingung lagi ya! Anyways, kalau kamu butuh bantuan untuk belajar bahasa Inggris tapi bingung harus mulai dari mana, SUN English siap membantu kamu! So, segera kontak cabang SUN English terdekatmu dan mulai persiapan Bahasa Inggris kamu sekarang!

Comments are closed.