Kenapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional

Sekitar 1,8 miliar orang dapat berbicara setidaknya sedikit bahasa Inggris. Hal-hal yang sangat berbeda hanya beberapa abad yang lalu ketika penutur bahasa Inggris hampir secara eksklusif terbatas pada Kepulauan Inggris. Pada masa itu, ada kurang dari 7 juta penutur bahasa Inggris. Bagaimana bahasa minoritas menjadi lingua franca (bahasa internasional) dunia?

Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah

Semua bahasa tampak mudah jika Anda adalah penutur asli. Namun, ada kesalahpahaman umum bahwa begitu banyak yang mengadopsi bahasa Inggris sebagai bahasa kedua karena mudah. Yang benar adalah bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah untuk dipelajari dan sifat bahasa tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan jumlah penutur. Bahasa Inggris sebenarnya adalah bahasa yang relatif sulit untuk dikuasai, berkat kosa kata yang sangat banyak dan tata bahasa yang terkenal tidak konsisten. Lebih buruk lagi, jumlah penutur yang banyak dan kebangsaan yang beragam dari penutur tersebut menyebabkan bahasa menjadi semakin kompleks dari waktu ke waktu. Ada perbedaan besar antara bahasa Inggris Amerika dan bahasa Inggris British. Anda bisa saja kaget saat tau bahwa kamus Oxford English sekarang isinya lusinan kata bahasa Inggris Nigeria. Berbagai budaya penutur bahasa Inggris secara bertahap menghasilkan bahasa yang sedikit berbeda pada setiap daerah di mana bahasa itu umum. Bahasa Inggris bukanlah satu bahasa, tetapi banyak.

Pengaruh kerajaan Inggris

Flag of the United Kingdom - Wikipedia
wikipedia.com/

Ini adalah kekuatan dan politik yang telah melihat bahasa Inggris menjadi bahasa global. Pada suatu waktu, Kerajaan Inggris mencakup hampir seperempat dunia, menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa penting di banyak koloni. Di Asia dan Afrika, bahasa Inggris mungkin bukan bahasa masyarakat, tetapi bahasa perdagangan. Itu adalah bahasa elit dan memberikan akses ke pendidikan dan kemajuan. Akhirnya, berbagai negara yang membentuk Kerajaan Inggris memperoleh kemerdekaannya. Tetapi mereka masih perlu berkomunikasi satu sama lain sambil membanggakan sejumlah bahasa ibu yang berbeda. Bahasa Inggris memenangkan hari itu karena orang-orang paling berpengaruh sudah mengucapkannya. Tidak dapat dihindari bahwa melalui pengaruh ekonomi, bahasa Inggris akan menjadi bahasa bisnis dan politik.

Orang-orang perlu berbicara bahasa Inggris untuk menemukan kesuksesan dalam hidup. Semakin banyak orang belajar Bahasa Inggris Bisnis karena alasan ini. Ini memperoleh pijakan yang kuat dan tetap menjadi bahasa yang dominan atau resmi di banyak wilayah. Pelaut, tentara, pedagang, dan misionaris membawa bahasa Inggris ke seluruh dunia. Penutur bahasa Inggris juga bermigrasi ke Amerika Utara. Tentu saja, mereka bukan satu-satunya orang yang menetap di sana. Tetapi para pendiri Amerika Serikat mengakui pentingnya bahasa Inggris dan bekerja untuk memperkuat posisinya sebagai bahasa mayoritas. Bahasa Inggris berangsur-angsur menjadi lebih dan lebih signifikan secara global, tetapi itu bukan bahasa kolonisasi Eropa pertama. Baru-baru ini pada abad ke-19, lebih umum bagi mereka yang memiliki bahasa ibu yang berbeda untuk berkomunikasi dalam bahasa Prancis. Jadi jelas bahwa bahasa Inggris tidak bisa menjadi unggul hanya karena Kerajaan Inggris dan migrasi ke Amerika Utara. Inilah kenapa bahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Pengaruh dari Amerika Serikat

Flag of the United States - Wikipedia
wikipedia.com

Sejarah menunjukkan bahwa bahasa Inggris tidak akan pernah menjadi lingua franca dunia jika Amerika Serikat tidak berkembang menjadi negara yang begitu kuat. Selain itu, ekonomi Amerika berkembang pesat setelah Perang Dunia II, memperkuat bahasa Inggris sebagai bahasa perdagangan dan keuangan. Akibatnya, pengaruh Amerika menyebar jauh dan luas. Semua negara perlu berdagang dengan Amerika Serikat, dan kemampuan berbahasa Inggris sangat penting bagi mereka yang mencari karir di bidang bisnis atau politik.

Lagu dalam bahasa Inggris

Budaya juga terbukti penting untuk dominasi bahasa Inggris. Ada situasi ayam dan telur di sini. Apakah musik Inggris dan Amerika menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia karena begitu banyak orang berbicara bahasa Inggris, atau lebih banyak orang berbicara bahasa Inggris karena mereka mendengarkan musik Inggris dan Amerika? Hal yang sama dapat dikatakan tentang produksi film dan televisi.

Ada beberapa wilayah di dunia yang belum terjangkau oleh musik Beetles atau Kanye West. Anda akan mendengar nada merdu Freddie Mercury menggelegar dari radio di mana-mana. Sebagian besar artis yang mencari ketenaran dan kekayaan menampilkan musik mereka dalam bahasa Inggris untuk menarik khalayak seluas mungkin. ABBA mungkin tidak akan pernah menjadi fenomena global jika mereka memilih untuk menyanyi dalam bahasa Swedia. Begitulah adanya, setidaknya untuk saat ini. Ta En Chane På Mig tidak memiliki nada yang sama dengan Take A Chance On Me!

Apakah bahasa Inggris akan tetap menjadi bahasa internasional?

Brexit di Mata Dunia – LPM OPINI ONLINE
lpmopini.online

Bahasa Inggris adalah bahasa negara paling kuat di Bumi dan bahasa resmi ketiga Uni Eropa, dengan perkiraan 95% dari semua teks Parlemen Eropa sekarang dirancang dalam bahasa Inggris. Di seluruh Eropa, bahasa Inggris sekarang digunakan begitu luas sebagai bahasa kedua sehingga perlu waktu berabad-abad untuk membuatnya hilang. Namun, dalam banyak hal, status quo terus berlangsung dengan sendirinya. Orang membutuhkan pengaruh untuk membuat perubahan, dan mereka perlu berbicara bahasa Inggris untuk menjadi berpengaruh. Di sini, di Prancis, memiliki keterampilan bahasa Inggris sangat penting. Itulah kenapa ahasa Inggris menjadi bahasa internasional.

Misalnya, di Word-Connection, tim manajemen proyek kami berkomunikasi dengan klien dari seluruh Eropa melalui email dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi utama kami meskipun kantor kami di Eropa berbasis di negara yang tidak berbahasa Inggris, dan banyak dari tim kami adalah orang Jepang atau Prancis. Bukan rahasia lagi bahwa bahasa Inggris tetap menjadi bahasa pilihan bagi dunia bisnis Jepang; Inggris dan Uni Eropa baru-baru ini, kesepakatan perdagangan bebas dengan Jepang, akan terus memperkuat bahasa Inggris sebagai bahasa yang dominan dalam bisnis internasional.

Tentang Sun English

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *