Latihan Membaca Dalam Bahasa Inggris

Hello, Sunners! Bahasa Inggris adalah salah satu Bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Zaman sekarang orang akan tertinggal jika tidak memiliki skill Bahasa yang satu ini karena hampir semua aspek sekarang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pedomannya. Alasan ini lah yang membuat betapa pentingnya untuk belajar dan menguasai Bahasa Inggris.

Tidak sedikit juga dari teman-teman yang merasa kesulitan dalam belajar Bahasa Inggris, terutama yang benar-benar baru pertama kali. Masalah yang sering muncul salah satunya adalah pelafalan atau biasa disebut pronunciation. Ejaan dalam Bahasa Inggris terkadang berbeda dengan pengucapannya. Oleh karena itu, yuk simak apa saja sih cara-cara yang memudahkan kamu melafalkan dan membaca kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan tepat!

Read A Lot (Banyak Membaca)

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah banyak membaca. Loh, apa hubungannya pelafalan dan banyak membaca ya? Jawabannya adalah dengan banyak membaca dalam Bahasa Inggris, kamu juga akan memperkaya kosakata. Semakin banyak kosakata yang kamu tahu, akan semakin menguntungkan kamu dalam berkomunikasi dengan kata dan kalimat bervariasi. Ketika kalian menemukan kosakata baru, kalian akan mencari artinya sekaligus cara membacanya. Nah, dari situlah wawasan bertambah dan pronunciation juga terlatih.

Pilihlah Kata-Kata Sederhana 

Tips yang memudahkan untuk memulai membaca Bahasa Inggris adalah dengan memilih diksi atau kata-kata yang mudah. Bacaan yang dimaksud adalah artikel atau buku-buku dengan gaya penulisan sederhana, kalimat pendek, dan juga paragraf yang tidak begitu panjang. 

Jadikanlah ini sebuah kebiasaan sampai akhirnya kamu merasa senang membaca bacaan ringan. Jika sudah terbiasa, maka bisa meningkatkan bobot bahan bacaan. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari buku yang alur ceritanya lebih kompleks, kalimat dan paragrafnya lebih panjang, dan juga jumlah halamannya lebih tebal. 

Pilih Bacaan Ringan Yang Tepat

Saat kamu ingin memulai kebiasaan baru membaca Bahasa Inggris lewat buku, maka hindari dulu buku yang terlalu tebal. Kamu boleh memilih buku dengan ketebalan 50 sampai 100 halaman agar lebih nyaman menyelesaikannya. 

Memulai sesuatu yang baru memang perlu dilakukan dari hal-hal sederhana, termasuk kebiasaan membaca. Bacaan asing tentu memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk dipahami, agar menyukai kebiasaan ini maka mulailah dari bacaan yang tipis dulu. Sebab semakin mudah dan semakin cepat diselesaikan, semakin semangat untuk mencari bacaan selanjutnya. 

Mencari Tahu Kata yang Belum Dipahami 

Berhubung Bahasa Inggris bukanlah bahasa ibu, maka kamu akan membutuhkan waktu untuk mempelajari dan menguasainya. Terlebih dari segi bacaan, kamu memang butuh untuk berlatih pelan-pelan dan memilih mendekatkan kamus di dekat meja baca. 

Jika ada kata kamu tidak paham, silahkan mencari artinya di kamus tersebut. Selain itu, ada pilihan yang lebih praktis. Itu adalah mencari arti katanya di internet sebab Google sendiri sudah menyediakan fasilitas penerjemah gratis yang bisa kamu akses kapan saja. 

Kamus Bahasa Inggris

Mencari kosakata Bahasa Inggris di zaman sekarang semakin mudah loh. Dengan hanya mengetikkan kata di mesin pencari, kalian sudah akan menemukan kata yang dimaksud, makna, pemakaian dalam kalimat, dan bahkan pelafalannya. Selain dengan mesin pencari, kamus Bahasa Inggris adalah media yang terbukti paling ampuh dalam menambah wawasan kita. Di dalam kamus juga diajarkan cara pelafalan sebuah kata. Ini dituliskan dalam simbol fonetik yang memang harus dipahami cara pelafalannya agar tidak salah dalam mengucapkan. Contohnya kata Thank dan They, walaupun dua huruf di depan itu sama “Th”, namun pronunciation (pelafalan) berbeda. Dalam kamus Bahasa Inggris, fonetik yang akan dituliskan dalam kata Thank adalah θæŋk. Ada tiga simbol berbeda yakni, θ, æ, dan ŋ. Sementara untuk kata They, fonetik yang dituliskan adalah ðeɪ. Simbol yang berbeda yakni ð dan ɪ. Pelafalan Th- dalam kata Thank menggunakan θ, namun dalam They menggunakan ð. Th- dalam They dilafalkan lebih kuat dan jelas daripada Th- dalam Thank. Nah, perbedaan-perbedaan seperti ini lah yang harus dipahami ketika kalian membaca dalam kamus Bahasa Inggris. Memang lebih rumit daripada langsung mencari lewat internet, namun ilmu yang didapat dari membuka kamus akan lebih lama menetap di otak dan akan bisa dipakai sampai kapanpun.

Terus Membiasakan Diri Membaca 

Berlatih membaca buku memang sebaiknya tidak hanya dilakukan satu atau dua kali saja, melainkan cukup sering. Oleh karena itu, semakin tinggi intensitasnya semakin terbiasa dengan kamu menemukan kosa kata baru dan memahami konteksnya tanpa sepenuhnya tahu artinya. 

Lambat laun, kamu bisa hafal di luar kepala setiap arti kata yang tadinya sulit. Hal ini akan berpengaruh terus menerus dimana kamu bisa lebih cepat dalam menyelesaikan buku bacaan berbahasa Inggris yang dipilih. 

Menonton Film

Siapa disini yang hobi menonton film? Yes! Menonton film berbahasa Inggris, selain mengasyikkan, juga membawa manfaat loh. Kalian jadi memahami percakapan sehari-hari, percakapan dalam ranah bidang tertentu, memahami kata apa saja yang dipakai dalam konteks dan suasana tertentu, dan banyak lagi. Ini adalah salah satu cara efektif untuk menambah kosakata sekaligus langsung mendengar pronunciationnya. Hanya saja, terkadang dialog yang diutarakan bisa jadi terlalu cepat berpindah sebelum benar-benar memahami maknanya. Jadi sangat disarankan jika menonton film berbahasa Inggris menggunakan sulih teks dalam Bahasa Inggris juga. Ini akan memudahkan kalian dalam mengetahui apa yang sedang diucapkan. Untuk pertama kali, tidak masalah jika tidak bisa memahami Sebagian besar kata. Yang terpenting adalah memahami konteksnya terlebih dahulu dan memahami bahwa kata dalam dialog tertentu digunakan untuk menyatakan perasaan sedih, senang, marah, dan lain sebagainya. Yuk, mulai mengaktifkan sulih teks kalian dalam Bahasa Inggris!

Practice Makes Perfect

Setelah kalian mengumpulkan kosakata dan memahami cara membacanya, jangan lupa untuk dipraktikkan ya! Mulai dengan mengulang mengucapkan apa yang kalian dengar. Tidak perlu untuk takut akan salah karena semua itu adalah proses belajar. Intinya adalah percaya diri. Setelah kalian lancar mengucapkannya, artinya kosakata itu bisa digunakan dalam percakapan. Dengan kosakata yang beragam dan penggunaan pelafalan yang tepat, maka akan menambh nilai skill dalam berbahasa Inggris dan kalian akan terlihat kompeten dan mahir dalam menguasai Bahasa Inggris.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.