Perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris: ikuti aturannya yuk!

perbedaan a dan an Dalam bahasa Inggris

Source: bunny lady.com

Source: bunnylady.com

Perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris adalah ketika kita ingin menyatakan sesuatu yang maknanya adalah tunggal, maka kita akan menggunakan kata sebuah, seekor, seorang dan sebagainya. Nah, kata-kata seperti itu dalam bahasa Inggris adalah article atau lebih tepatnya adalah indefinite article. Ada hal-hal yang perlu kita perhatikan agar dapat mengerti perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris yang adalah merupakan indefinite article tersebut. 

Perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris: Apakah Indefinite article itu?

Indefinite article adalah sebenarnya kata sifat yang menjelaskan kata benda dan bersifat umum atau general. Jadi, benda yang di maksud adalah benda yang bukan pasti. Misalnya adalah ketika kita menyebutkan sebuah buku, maka kita tidak peduli bahwa itu adalah buku yang mana karena tidak ada kriteria tertentu ketika kita mengucapkannya. Mungkin agak sedikit membingungkan ya ketika kita terjemahkan ke dalam bahasa kita. Oleh sebab itu, tidak sedikit yang bingung letak perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris. Tapi kamu jangan bingung ya, karena kita akan membahas kapan sih menggunakan kedua articles tersebut.

Baca juga : 10 cara tepat penggunaan THE dalam Bahasa Inggris

perbedaan a dan an Dalam bahasa Inggris
Source: bing.com

Penggunaan ‘a’ dalam kalimat

Menggunakan ‘a’ adalah ketika sebuah kata yang akan kita pakai adalah kata yang memiliki awalan huruf mati atau consonant dan jumlah benda yang akan kita jelaskan hanya tunggal atau satu saja. Contoh nya seperti seekor kucing atau a cat, sebuah mobil atau a car, seorang ibu atau a mother, dan sebagainya.

Berikut adalah contoh-contoh kalimatnya:

  1. I need a friend to accompany me tonight. (Saya membutuhkan seorang teman yang menemani saya malam nanti.)
  2. They just bought a new house in Gangnam. (Mereka baru saja membeli sebuah rumah baru di daerah Gangnam.)
  3. Mauro and Merry want to have a pet in their new house. (Mauro dan Merry menginginkan seekor hewan peliharaan di rumah mereka yang baru.)
  4. He lives in a different world. (Dia hidup di sebuah dunia yang berbeda.)
  5. Raffael has a brother who studies in New Zealand. ( Raffael memiliki seorang saudara laki-laki yang sekolah di New Zealand.) 

Penggunaan ‘an’ dalam kalimat

Setelah mengetahui kapan menggunakan ‘a’, maka sekarang kita beralih dengan menggunakan ‘an’ . Baiklah, kita akan menggunakan ‘an’ ketika kata benda yang kita sebutkan adalah berawalan huruf hidup atau vowel dalam bahasa Inggris dan jumlah nya tetap hanya satu atau tunggal ya. Contohnya adalah sebuah jeruk atau an orange, seorang atlet atau an athlete, seekor semut atau an ant, dan lain sebagainya.

Berikut adalah contoh-contoh kalimatnya:

  1. We need at least an apple a day. (Kita membutuhkan sedikitnya sebuah apel dalam sehari.)
  2. I saw an elephant when I went to a zoo last week. (Saya melihat seekor gajah ketika saya pergi ke kebun binatang minggu lalu.)
  3. It was an error. (Itu adalah sebuah kesalahan.)
  4. Don’t forget to bring an umbrella during the rainy season. (Jangan lupa membawa sebuah payung pada saat musim hujan.)
  5. My little sister dropped an egg on the floor. (Adik saya menjatuhkan sebuah telur ke lantai.)
perbedaan a dan an dalam bahasa Ingris
Source : bing.com

Sekarang pasti kamu sudah lebih paham mengenai perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris yang sudah terdapat dalam contoh-contoh pemakaiannya dalam kalimat. Tapi, tunggu dulu karena kamu masih harus lanjut membaca karena ada beberapa ketentuan yang harus kamu mengerti supaya tidak salah loh dalam menggunakan kedua articles tersebut. Penasaran kan ? Yuk, lanjut…

Baca juga : Generic structure of narrative text, yuk baca di sini.

Perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris yang juga kamu harus tahu

Pada saat kita akan menggunakan kedua articles tersebut jangan lupa untuk memperhatikan bunyi dari sebuah kata tersebut karena belum tentu semua kata yang berawalan huruf hidup atau vowel akan menggunakan ‘an’ demikian juga yang berawalan huruf mati atau consonant akan menggunakan ‘a’.  Masih ada aturan yang harus kita ketahui ya sehingga perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris bisa dengan benar kita pahami.

Perbedaan a dan an di kata yang tulisannya adalah huruf hidup tapi bunyi awalnya adalah huruf mati

Ada beberapa kata yang ketika kita mengucapkan bukan seperti yang tertera di tulisan. Seperti kata-kata berikut:

  1. I have to wear a uniform at school. ( Saya harus mengenakan seragam di sekolah.) Kata uniform walaupun awalnya adalah huruf hidup, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi /j/ atau (y) yaitu yu, maka article ‘an’ tidak tepat, oleh karena itu ‘a’  adalah yang tepat.
  2. It is not easy to choose a university now. (Tidaklah mudah memilih sebuah universitas sekarang.) Kata university walaupun awalnya adalah huruf hidup, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi /j/ atau (y) yaitu yu, maka article ‘an’ tidak tepat, oleh karena itu ‘a’  adalah yang tepat.
  3. Wow, the colors of a unicorn are amazing. (Wow, warna-warna dari sebuah unicorn adalah mengagumkan.) Kata unicorn walaupun awalnya adalah huruf hidup, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi /j/ atau (y) yaitu yu, maka article ‘an’ tidak tepat, oleh karena itu ‘a’  adalah yang tepat.

Perbedaan a dan an di kata yang tulisannya adalah huruf mati tapi bunyi awalnya adalah huruf hidup

Selain daripada contoh-contoh diatas, sebaliknya juga kata-kata yang berawalan huruf mati atau consonant tidak semuanya akan memiliki article ‘a’ karena pengucapannya berbeda. Hal ini karena bersifat silent consonant atau kita tidak membunyikan huruf awalnya. Nah, pasti kamu bingung lagi ya. Ya udah, mending kita lihat beberapa contoh nya saja ya.

  1. Could you come an hour later, please? (Dapatkah kamu datang satu jam kemudian?) Kata hour walaupun awalnya adalah huruf mati, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi huruf h menjadi hilang atau silent sehingga menjadi our yaitu /a/, maka article ‘a’ tidak tepat, oleh karena itu ‘an’  adalah yang tepat.
  2. It is an honor to have you here. (Adalah sebuah kehormatan menerima kamu di sini.) Kata honor walaupun awalnya adalah huruf mati, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi huruf h menjadi hilang atau silent sehingga menjadi onor yaitu /a/, maka article ‘a’ tidak tepat, oleh karena itu ‘an’  adalah yang tepat.
  3. You need to put an herb in your drink. (Kamu membutuhkan herbal untuk minuman mu.) Kata herb walaupun awalnya adalah huruf mati, tetapi karena bunyi nya ketika kita mengucapkannya menjadi huruf h menjadi hilang atau silent sehingga menjadi erb yaitu /e/, maka article ‘a’ tidak tepat, oleh karena itu ‘an’  adalah yang tepat.
perbedaan a dan an Dalam bahasa Inggris
Source: bing.com

Baca juga : Cara Cepat Belajar Grammar Agar Tidak Membosankan

Penutup

Wah, sudah cukup detail ya penjelasan diatas agar memudahkan kamu untuk semakin memahami perbedaan a dan an dalam bahasa Inggris Jadi, sebenarnya semua itu pemakaiannya agar memudahkan ketika kita mengucapkannya saja sih. So, berlatih terus supaya bahasa Inggris kamu semakin fasih dan akurat. Semangat, ya. 

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *