Mengenal Ciri ciri Simple Past Tense

Saat belajar grammar dalam bahasa Inggris, tentu kita kerap bertemu dengan tenses. Tenses merupakan konsep yang menerangkan waktu dari sebuah kejadian dalam kalimat. Dalam bahasa Inggris terdapat 16 macam tenses yang perlu untuk dipelajari. Setiap tenses memiliki aturan penggunaannya, sehingga sangat penting untuk memahami rumus dan kondisi penggunaannya yang tepat. Tenses dalam bahasa Inggris sangat penting untuk menunjukkan waktu terjadinya suatu tindakan atau aksi. Dengan adanya tenses, kita dapat mengetahui aksi tersebut terjadi di masa kini, masa lalu, atau akan terjadi di masa depan. Sehingga, tanpa tenses akan sulit untuk mengkomunikasikan waktu kejadian dengan akurat.

Secara umum, tenses dibagi menjadi 3 bagian berdasarkan waktu kejadiannya, yaitu masa sekarang (present), masa lalu (past), dan masa depan (future). Present tense sebagai salah satu tenses paling dasar dalam bahasa Inggris digunakan untuk membicarakan sesuatu yang terjadi pada masa sekarang, sesuatu yang biasa dilakukan, dan keadaan umum atau fakta. Selanjutnya, past tense digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi atau keadaan di masa lampau dan perlu penanda waktu kapan peristiwa tersebut terjadi. Sedangkan, future tense digunakan untuk mendeskripsikan sebuah kejadian yang belum terjadi dan diperkirakan akan terjadi di masa depan.

Setelah kita memahami ketiga tenses utama, berkomunikasi dalam bahasa Inggris akan lebih mudah. Namun, perlu diingat juga kita masih perlu untuk mempelajari tenses lebih lanjut dan mendalam. Artikel kali ini akan fokus membahas past tense dan sub-tipe tenses-nya.

Simple Past Tense

Simple past tense merupakan bentuk dari past tense yang paling sederhana, sesuai dengan namanya, yaitu simple.

Berikut merupakan rumus simple past tense:

Positive form:

Subject + Verb 2 (past form)

Negative form:

Subject + did + not + Verb 1 (infinitive form)

Interrogative form:

Did + subject + Verb 1 (infinitive form)

Question word + did + subject + Verb 1 (infinitive form)

Contoh:

I played tennis with my friend last week.

I was in my hometown when you came that day.

I did not (didn’t) come to the class yesterday.

They were not (weren’t) in good condition last month.

Did you go to the market this morning?

Why did you arrive late yesterday?

Perlu diperhatikan pula bahwa pada simple past tense, time marker, atau waktu kerjadian dari peristiwa tersebut perlu untuk dicantumkan. Time marker pada kalimat simple past tense jenisnya sangat beragam, selama waktunya sudah lewat atau telah terjadi.

Contoh time marker:

Yesterday (kemarin)

Last night (tadi malam)

Last week (minggu lalu)

Last month (bulan lalu)

Last year (tahun lalu)

in 1999

in April

on December 25

last summer (musim panas yang lalu)

Past Continuous Tense

Selanjutnya, past continuous tense digunakan untuk mendeskripsikan kegiatan yang sedang berlangsung di masa lalu. Ini merupakan versi lampau dari present continuous tense yang juga digunakan untuk menggambarkan kegiatan yang sedang berlangsung.

Rumus past continuous tense:

Subject + was/were + V-ing (present participle)

Kegunaan past continuous tense yang pertama adalah untuk menggambarkan kegiatan di masa lalu yang terputus akibat kejadian lainnya atau suatu tindakan disela oleh tindakan lainnya. Sehingga, kalimat yang dihasilkan merupakan kalimat kompleks dengan konjungsi when, while, before, after, until, or whenever. Maka dari itu, kejadian yang memutus kegiatan yang sedang berlangsung di masa lampau menggunakan simple past tense.

Contoh:

I was watching TV when the telephone rang.

Bisa diperhatikan bahwa pada kalimat tersebut terdapat simple past yang digunakan berbarengan dengan past continuous. Arti kalimat di atas yaitu pada saat ia sedang menonton TV, telepon berbunyi. Jadi telepon berbunyi bertindak sebagai interrupting action terhadap kegiatan pertama, yaitu menonton televisi.

Past Perfect Tense

Subtipe tenses yang selanjutnya adalah past perfect tense. Past perfect tense digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi sebelum suatu tindakan yang telah selesai di masa lalu. Bisa dibilang bahwa berdasarkan timeline-nya, past perfect tense terjadi sebelum simple past.

Rumus past perfect tense:

Subject + had + V3 (past participle)

Contoh:

He had gone when she arrived home.

Contoh kalimat di atas menunjukkan bahwa dia (laki-laki) telah pergi terlebih dahulu sebelum dia (perempuan) sampai di rumah. Jadi, kedua kegiatan tersebut terjadi di masa lampau dengan kejadian pertama, yaitu had gone, lebih dahulu terjadi sebelum kejadian kedua, yaitu arrived home terjadi. Maka dari itu, kejadian pertama menggunakan past perfect tense yang menunjukkan peristiwa yang terjadi sebelum tindakan kedua yang menggunakan simple past. Kedua kejadian tersebut terjadi di masa lalu. 

Past Perfect Continuous Tense

Terakhir, past perfect continuous tense mewakili peristiwa yang dimulai, berlangsung, dan selesai di masa lalu. 

Rumus past perfect continuous tense:

Subject + had been + V-ing (present participle)

Contoh:

He had been looking for a job for 6 months when he got hired by this company.

Kalimat di atas berarti dia telah mencari pekerjaan selama 6 bulan ketika dia diperkerjakan oleh perusahaan ini. Kesimpulannya, past perfect continuous tense digunakan untuk menyatakan suatu peristiwa yang terjadi dalam kurun waktu tertentu yang biasanya cukup panjang dan terus-menerus di masa lampau yang sudah berakhir di masa lampau juga.

Sekian pembahasan mengenai simple past tense beserta subtenses lainnya. Jangan lupa untuk terus berlatih sehingga kamu dapat memahami setiap tenses dan dapat membedakannya. Semoga bermanfaat!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.