Perbedaan Our dan Us: Yuk Simak Bareng!

Hi, English enthusiasts! Apakah kamu sedang belajar Bahasa Inggris tapi gak tau harus mulai darimana? Sudah pernah tahu istilah ‘pronouns’? Well, mungkin pembahasan kali ini bisa berguna buat kamu. Kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan our dan us. Let’s check it out!

Sebelum kita lanjut ke pembahasan perbedaan our dan us, kita wajib tahu tentang Pronouns dan jenis-jenisnya. Kata ganti (pronoun) adalah kata yang menggantikan kata benda, sering kali dipakai untuk menghindari keharusan mengulangi kata benda yang sama berulang kali. Seperti kata benda, kata ganti dapat merujuk pada orang, benda, konsep, dan tempat. Selain itu, kebanyakan kalimat mengandung setidaknya satu kata benda atau kata ganti.

Pengguna Bahasa Inggris cenderung menggunakan pronouns (kata ganti) untuk mengartikan kata ganti orang secara spesifik, namun ada banyak jenis kata ganti lain yang sama pentingnya dengan tata bahasa Inggris (grammar). Yuk kita bahas beberapa contoh penggunaan kata ganti (pronouns). Perhatikan kata-kata yang digarisbawahi ya!

  1. I told her that we would leave at 6 p.m. but she came late. I was quite upset (Aku memberitahunya bahwa kita akan pergi jam 6 sore, tetapi dia datang terlambat. Aku sedikit kecewa)
  2. The cat ran away earlier and they are now searching for it (Kucing itu pergi kabur tadi dan mereka sedang mencarinya)
  3. It will probably rain tomorrow, but we cannot do much about it (Besok mungkin akan turun hujan, tapi tidak banyak yang bisa kita lakukan)
  4. These days are truly my favorite (Ini adalah hari-hari yang paling saya sukai)

Bagaimana Pronouns (kata ganti) digunakan dalam kalimat?

Fungsi utama kata ganti adalah menggantikan Nouns (kata benda). Oleh karena itu, penggunaannya dalam kalimat mirip dengan Nouns.

Seperti halnya kata benda, Pronouns (kata ganti) biasanya berfungsi sebagai subjek kalimat, diikuti oleh Verbs (kata kerja atau kata yang mengungkapkan suatu tindakan).

Contoh: Pronouns (Kata ganti) sebagai Subjek

  • I love playing chess (Saya suka bermain catur)
  • We have never been to Germany before (Kami belum pernah ke Jerman sebelumnya.)
  • It is quite hard to be calm at difficult times (Sulit untuk tetap tenang dalam situasi stres.)

Pronouns vs Nouns

Meskipun Pronouns (kata ganti) merupakan kelompok kata yang relatif kecil dan cenderung tidak berubah seiring berjalannya waktu, Nouns (kata benda) adalah kelompok kata yang jauh lebih luas dan terus berkembang. Seperti kata ganti, kata benda mengacu pada benda, orang, tempat, dan konsep, namun kata benda tersebut memiliki kekhususan yang jauh lebih besar.

Seperti halnya kata ganti, kata benda dapat berfungsi sebagai kepala frasa kata benda dan sebagai objek atau subjek kata kerja. Sebuah kalimat lengkap mungkin hanya terdiri dari kata benda dan kata kerja (“Jeremy berbicara.”), sama halnya dengan kata ganti dan kata kerja (“Dia berbicara.”).

Berbeda dengan kata ganti, kata benda mempunyai bentuk yang tetap—kata benda tidak berubah ejaannya bergantung pada peran tata bahasanya dalam sebuah kalimat. Misalnya, meskipun kata ganti orang ketiga maskulin “he” menjadi “him” ketika digunakan sebagai objek, kata benda “man” tidak berubah.

Contoh: Kata benda dalam sebuah kalimat

Danika menaiki beberapa anak tangga untuk mencapai lantai lima, tempat kantornya berada.

Itulah pembahasan kita tentang perbedaan our dan us. Mungkin terlihat sederhana, tapi sebetulnya bisa lebih menantang dari yang kita pikirkan loh. Anyways, kalau kamu butuh bantuan untuk belajar TOEFL dan ingin meningkatkan skor kamu, SUN English siap membantu kamu! So, silakan kontak cabang SUN English terdekatmu dan mulai persiapan Bahasa Inggris kamu sekarang!

Comments are closed.