Personal Pronouns: Pengertian, Jenis dan Contoh Penggunaannya

Introduction

Tata bahasa (Grammar) adalah tulang punggung bahasa apa pun, memberikan struktur dan kejelasan dalam komunikasi kita. Di antara berbagai komponen tata bahasa, kata ganti orang memegang peran penting. Alat linguistik ini memungkinkan kita merujuk pada orang, objek, dan konsep, memfasilitasi ekspresi yang efisien dan efektif. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi fungsi, jenis, dan penggunaan kata ganti orang dalam tata bahasa, menyoroti pentingnya kata ganti orang dalam menyusun kalimat yang bermakna.

Kata ganti orang (personal pronouns) adalah kata pendek yang kita gunakan sebagai pengganti sederhana untuk nama diri seseorang. Masing-masing kata ganti orang dalam bahasa Inggris menunjukkan kepada kita orang gramatikal, jenis kelamin, jumlah, dan huruf besar/kecil dari kata benda yang digantikannya. Aku, kamu, dia, dia, itu, kita, mereka, aku, dia, dia, kita, dan mereka semua adalah kata ganti orang.

Source: unsplash.com

Memahami Personal Pronouns

Kata ganti orang adalah pemeran pengganti tata bahasa; mereka mewakili orang-orang (dan mungkin hewan) yang membintangi kalimat kita. Mereka memungkinkan kita berbicara dan menulis dengan hemat karena memungkinkan kita menghindari pengulangan kata benda yang rumit sepanjang hari.

Orang pertama, kedua, dan ketiga (First-, second-, and third-person pronouns)

Kata ganti orang dapat terdiri dari salah satu dari tiga “orang”. Kata ganti orang pertama mengacu pada pembicara, kata ganti orang kedua mengacu pada orang yang diajak bicara, dan kata ganti orang ketiga mengacu pada orang yang diajak bicara. Untuk masing-masing dari ketiga orang gramatikal ini, terdapat bentuk jamak juga.

Subjek dan objek (Subject and object pronouns)

Kata ganti orang dapat berupa subjek atau objek dalam sebuah kalimat. Kata ganti subjek dikatakan dalam kasus nominatif, sedangkan kata ganti objek dikatakan dalam kasus objektif.

PersonNominativeObjective
First singularIme
Second singularyouyou
Third singularhe, she, ithim, her, it
First pluralweus
Second pluralyouyou
Third pluraltheythem

Kata ganti tanya untuk ketiga orang tersebut sama: siapa (nominatif) dan siapa (objektif). Banyak orang yang bingung kapan harus menggunakan kata ganti tujuan interogatif siapa, padahal ini cukup mudah dipelajari.

Contoh: 

Mrs. Khan asked that the package be delivered to her at the office. (her = third person singular objective)

To whom should I address my letter? (whom = interrogative objective; I = first person singular nominative)

We would like to invite Stacy to join us for dinner. (we = first person plural nominative; us = first person plural objective)

Orang kedua tunggal vs jamak (Second person singular vs. plural)

Source: freepik.com

Salah satu kelemahan bahasa Inggris adalah penggunaan kata yang sama, you, untuk orang kedua tunggal dan jamak. Banyak bahasa lain tidak mempunyai masalah ini, karena mereka menggunakan kata-kata yang berbeda untuk masing-masing bahasa. Namun dalam bahasa Inggris, kita memerlukan konteks untuk menentukan apakah kamu berbentuk tunggal atau jamak.

Example: Would you like to come over for dinner?

Dari kalimat ini saja, kita tidak bisa menentukan apakah satu orang, atau dua, atau lima ratus orang diundang untuk makan bersama. Inilah sebabnya di beberapa bagian dunia, kami mendengar penambahan pada Anda ketika bentuk jamak diindikasikan, seperti Anda banyak di Inggris atau Anda semua (atau kalian semua) di Amerika. Mungkin sudah jelas bahwa Anda harus menyembunyikan hal ini dari tulisan formal Anda.

Bentuk tunggal mereka (The singular they)

Meskipun orang kedua mempunyai masalah angka, orang ketiga mempunyai solusi gender untuk kasus-kasus ketika gender dari kata ganti orang ketiga tunggal tidak dapat ditentukan atau netral.

Menggunakan dia dan dia lebih disukai oleh sebagian besar panduan gaya, tetapi secara informal, mereka sering digunakan dalam bentuk tunggal.

Example: If a customer wants to speak to a manager, they can phone after 10 o’clock.

Bentuk tunggalnya dianggap dapat diterima penggunaannya oleh Associated Press, Merriam-Webster, dan beberapa panduan bahasa lainnya.

Demikian pembahasan mengenai Personal Pronouns. Pastikan kalian menggunakan kata ganti yang tepat ya untuk menjelaskan benda (noun). Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar.

Comments are closed.