Possibly vs Probably: Apa perbedaannya?

Hi, everyone! Balik lagi bersama SUN yang akan memberikan kalian informasi bermanfaat, gak cuma tentang kuliah di luar negeri tapi juga mengenai materi bahasa Inggris. Nah, kali ini, kita akan membahas kata “Possibly” dan “Probably”. Pasti kalian sering dong dengar kata ini atau bahkan beberapa kali menggunakannya. Tapi, kalian tau gak ‘sih apa perbedaan di antara kedua kata tersebut? Oke, tanpa banyak basa-basi mari kita bahas bersama!

Source: unsplash.com

Adverb of Probability

Apa kalian pernah mendengar istilah adverb of probability? Sebenarnya, ketika kita belajar bahasa Inggris, pasti akan menemui istilah tersebut. Adverb of probability adalah kata keterangan atau adverb yang digunakan untuk menjelaskan kemungkinan suatu kejadian atau hal akan terjadi atau tidak. Biasanya yang banyak kita jumpai adalah kata ‘maybe’, namun ternyata masih banyak lagi kata keterangan lain yang bisa digunakan untuk mengucapkan kata ‘maybe’. Adverb of probability lain adalah Possibly dan Probably.

Source: freepik.com

Possibly

Possibly dipakai apabila suatu insiden secara konsep sanggup terjadi atau tidak. Possibly- ini adalah opsi yang tersedia, tetapi belum tentu akan terjadi. Gunakan “possibly” untuk mengatakan bahwa sesuatu memiliki peluang kecil untuk terjadi – 50% atau kurang. Itu bisa terjadi, tapi mungkin tidak. (Menunjukkan peluang lebih kecil daripada Probably) Lawan katanya adalah Impossible yang berarti tidak mungkin, itu tidak akan terjadi. Di sisi lain, jika sesuatu itu mungkin, maka itu bisa terjadi. Apakah itu akan atau tidak tidak relevan. Peluangnya lebih baik dari nol. Itu tidak mengatakan apapun tentang seberapa besar kemungkinannya. Bisa jadi kemungkinannya adalah .000000001% atau 100%. Dengan mengatakan bahwa sesuatu itu mungkin, kamu tidak benar-benar mengatakan apa pun tentang probabilitas. Kamu hanya mengatakan bahwa itu bisa – setidaknya secara teoritis – terjadi. Jadi, jika mengatakan mungkin, maka kamu mengatakan bahwa sesuatu dapat terjadi, 

Source: unsplash.com

Probably

Probably dipakai apabila suatu insiden yang sudah dipastikan mungkin terjadi, berpeluang akan terjadi. Biasanya menyampaikan mengenai sesuatu yang possible atau mungkin. Gunakan “mungkin” untuk mengatakan bahwa sesuatu memiliki kemungkinan besar terjadi – 50% atau lebih besar. Jika kamu mengatakan mungkin, artinya bahwa tidak hanya itu dapat terjadi tetapi kemungkinannya lebih tinggi bahwa itu akan terjadi daripada bahwa itu tidak akan terjadi.

Probable adalah sesuatu yang mungkin terjadi, memiliki peluang yang tinggi untuk terjadi. Mustahil itu tidak mungkin terjadi. Jika sesuatu itu mungkin, maka itu mungkin terjadi. Peluangnya tidak hanya lebih dari nol; mereka lebih baik dari 50/50 (atau setidaknya, kemungkinannya lebih tinggi bahwa itu akan terjadi daripada yang tidak akan terjadi — karena dalam membandingkan probabilitas, kamu dapat memiliki beberapa item yang memiliki peluang lebih baik dari 50/50 tetapi memiliki satu dari mereka yang lebih mungkin daripada yang lain). Mungkin menunjukkan bahwa hukum probabilitas menyatakan bahwa itu lebih mungkin terjadi daripada tidak terjadi.

Umumnya kata probably digunakan untuk hal-hal formal. Tingkat kepastian probably sedikit di bawah possible, tetapi jika kamu menambahkan kata quite atau very di depannya, tingkat kepastiannya akan meningkat. Jika kamu menggunakan kata probably dalam sebuah kalimat, itu menunjukkan tingkat kepercayaan atau kepercayaan diri yang tinggi. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan kata ini, pastikan waktu dan penggunaannya tepat.

Possibly VS Probably

Possibly menerangkan pernyataan yang belum tentu terjadi, namun secara teori mungkin terjadi apabila mempertimbangkan syarat yang terdapat. Pernyataan yang memakai kata possibly umumnya akan terasa lebih “berpeluang kecil terjadi” lantaran terdapat faktor eksternal yang mempengaruhi hal tersebut, sebagai akibatnya terkesan sebatas hipotesis saja.

Probably juga kerap dipakai baik pada dialog sehari-hari juga pada bentuk tulisan. Pernyataan yang memakai istilah ini umumnya menurut dalam alasan atau bukti yang dan, sama seperti possibly, kerap terhubung dengan hal-hal non-personal. Lantaran alasan terakhir inilah istilah probably sporadis dipakai pada konteks candaan, nir seperti maybe dan perhaps.

Kesimpulan

itulah perbedaan possibly dan probably. Pastikan menggunakan kata yang tepat sesuai dengan fungsinya, ya. Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar.

Comments are closed.