Sembilan Manfaat Belajar Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Ketahui

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang populer di Indonesia. Namun apakah pemakaian bahasa telah secara maksimal untuk berkomunikasi ataukah hanya sebatas pengenalan vocabulary saja? Mungkin bayak dari kita belum tahu manfaat belajar bahasa Inggris sebenarnya. Saat ini terdapat ratusan hingga ribuan lembaga kursus yang menawarkan penguasaan bahasa Inggris hingga ke tingkat advance atau selevel native speaker. Orang tua dan pelajar banyak yang mengeluarkan dana tidak sedikit bahkan ada yang menyentuh puluhan juta rupiah. Namun apakah hal itu tepat? 

Saat ini pelajar Indonesia sebagian besar telah memperoleh pelajaran Bahasa Inggris dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi. Kenyataanya banyak dari kita belum bisa menggunakan bahasa tersebut ke dalam percakapan karena tingkat proficiency dan fluency masih memprihatinkan. Alasan inilah yang mendorong masyarakat untuk memilih mengambil kursus bahasa Inggris. Ketika seseorang tahu bagaimana berbicara bahasa asing, ia dapat mempelajari baik bahasa, adat istiadat, dan budaya dunia luar di luar negeri secara gratis. Kemampuan berbicara bahasa asing juga dapat meningkatkan “point of sale“. Hal ini memperjelas manfaat belajar bahasa Inggris. 

Untuk lebih memberikan pandangan tentang manfaat belajar bahasa Inggris, mari kita simak 9 alasan mempelajari Bahasa Inggris . 

1. Kesempatan mendapatkan pekerjaan dan jenjang karir

Mengapa setiap kali kita melamar pekerjaan salah satu pertanyaan yang muncul adalah apakah kita menguasai bahasa asing atau tidak? Dalam hal ini bahasa yang paling utama ialah Bahasa Inggris. Terkadang pertanyaan akan lebih detail yakni apakah pelamar menguasai bahasa tersebut secara active atau hanya passive

Salah satu  manfaat belajar bahasa Inggris adalah kesempatan yang lebih besar untuk diterima pekerjaan dan pilihan profesi yang lebih luas. Selain itu, kita pun bisa mendapatkan karir di jenjang internasional jika memiliki tingkat kecapakan dan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni. Karena sistem ekonomi di dunia saat ini semakin maju, maka salah satu hal terpenting adalah menjalin interaksi dengan masyarakat dunia. 

2. Bahasa Inggris adalah bahasa global

Kefasihan berbahasa Inggris merupakan salah satu modal utama untuk dapat bersaing di era global, khususnya di masyarakat ASEAN yang artinya mampu bersaing dengan negara-negara ASEAN lainnya. Apalagi setelah penetapan Indonesia sebagai anggota Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 31 Desember 2015. Transformasi ini telah membuka era baru dalam membangun kehidupan ekonomi,sosial dan politik serta budaya ASEAN. Mendorong seluruh masyarakat untuk ber-integrasi secara internasional dan lebih memperluas hubungan dan kerjasama antar negara di seluruh dunia. Sehingga kalian dapat terlibat dalam berbagai interaksi dan transaksi di berbagai bidang strategis.

3. Mudah di terima di mata dunia.

Banyak kekhawatiran muncul saat kita mencoba berinteraksi dengan orang lain dari negara yang berbeda. Kadang diri kita sendiri memiliki prejudice apakah kehadiran kita diterima dengan hangat atau mungkin dikucilkan. Namun, inilah alasan dan manfaat dari belajar bahasa Inggris. Jika kita fasih berbahasa Inggris, orang akan dengan senang hati menanggapi kita tanpa memandang ras, warna kulit atau asal ketika kita mengunjungi negara-negara besar seperti AS dan Inggris dan berkomunikasi langsung dalam bahasa Inggris.

manfaat belajar Bahasa Inggris

Sumber: unsplash.com

4. Belajar Bahasa Inggris dunia internet di dalam genggaman

Internet dapat menghubungkan kita kemana dan siapa saja  serta dapat membuka wawasan kita dalam berbagai macam hal. Namun, lebih dari setengah informasi elektronik di internet itu hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Sehingga, inilah alasan penting dari belajar bahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris, Anda dapat menaklukkan dunia Internet di mana hanya bahasa Inggris yang dominan. Menaklukkan Internet berarti memberikan kita hal-hal positif dan selanjutnya meningkatkan pengetahuan kita tentang berbagai hal tanpa hambatan.

5. Alat ekspresi dan inspirasi

Bahasa adalah alat ekspresi. Saat penulis menuangkan pikiran dan kreativitasnya dalam berbagai tulisan ini menunjukkan bahwa bahasa adalah alat ekspresi, karena di dalam tulisan-tulisan itu, ia mengemukakan apa yang ia inginkan, ia pikirkan, dan lainnya. Pentingnya bahasa asing sebagai media ekspresi untuk menjalin keakraban dan kehangatan komunikasi mengarah pada komunikasi sosial intense dan efektif. Secara tidak langsung hal ini dapat membuka gerbang koneksi kita ke masyarakat internasional. 

6. Sumber motivasi

Bahasa sebagai alat motivasi bagi anak. Mengajari anak-anak bahwa mereka tahu bahasa Inggris sejak usia dini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka di masa depan. Misalnya, ajak anak Anda bermain dan terkadang berbicara bahasa asing. Jika anak anda dapat berbicara bahasa asing seperti orang tuanya, maka Anda akan merasa bangga dengan anak Anda.

7. Menggapai Universitas pilihan

Kalian tentu tahu salah satu proses penerimaan masuk perguruan tinggi di Indonesia adalah penguasaan Bahasa Inggris. Semakin tinggi nilai yang diperoleh saat tes penerimaan semakin besar kesempatan kalian diterima di universitas pilihan. Belum lagi jika kalian ingin mengambil undergraduate dan postgraduate degree di luar negeri seperti Oxford, Cambridge dan Yale. Kualifikasi yang dibutuhkan adalah IELTS dan TOEFL. Dua tes ini wajib dilakukan untuk mengetahui level profisiensi bahasa Inggris kalian. 

manfaat belajar bahasa Inggris

Sumber: unsplash.com

8. Membuat kita lebih pintar

Bahasa adalah gengsi. Gengsi di sini maksudnya adalah sesuatu yang dapat meningkatkan pamor dan nilai pembicara di mata orang lain. Kemampuan berbicara bahasa asing bisa meningkatkan “nilai jual”. Itu kenapa banyak orang tua memasukkan anaknya sejak dini untuk belajar bahasa asing (bahasa Inggris). Oleh karena itu, alasan pentingnya belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah karena sudah pasti bahasa Inggris akan mengantarkan kita menuju kepintaran. Wawasan akan semakin terbuka lebar dalam pembelajaran.

9. Pilihan hiburan yang beragam.

Banyak dari kita yang ketika ditanya apakah hobi yang dimiliki, menjawab menonton film atau membaca novel. Platform yang tersedia seperti Netflix dan Disney+ menawarkan tontonan berkualitas yang berasal dari luar negeri. Namun terkadang, kita harus menonton film tersebut dengan menggunakan subtitle karena memang pada kenyataannya, film yang berkualitas dan beredar secara internasional adalah film yang berbahasa Inggris. 

Maka manfaat belajar bahasa Inggris  selanjutnya adalah bisa membantu kita dalam menikmati film-film yang telah beredar tersebut. Semakin fasih berbahasa Inggris, semakin kita fokus pada film, sehingga kita lebih memahami pesan tersembunyi dari film yang kita tonton. Anda tidak perlu memikirkan arti film secara dua arah.

Sumber: freepik.com

Itulah 9 manfaat belajar bahasa Inggris yang harus kita ketahui bersama. Jadi jangan ragu untuk cari tahu cara terbaik mana yang bisa kamu terapkan supaya kamu lancar berbahasa Inggris. 

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Kapan mau mulai belajar Bahasa Inggris?

Semangat.

Add a Comment

Your email address will not be published.