SIMPLE FUTURE TENSE DAN PENGGUNAAN NYA

Simple future tense dalam kalimat berbahasa Inggris biasanya kamu pergunakan ketika kamu akan merencanakan sesuatu di masa yang akan datang. Hal ini biasanya tidak terbatas kepada perbuatan yang akan kita lakukan saja, melainkan juga mengacu kepada hal-hal yang bisa saja bersifat prediksi atau ramalan akan sesuatu di masa yang akan datang tersebut.

simple future tense
Source: researchgate.net

PERBEDAAN DALAM MENGGUNAKAN SIMPLE FUTURE TENSE

Mungkin ada dari kamu yang masih agak bingung bagaimana membedakan rencana di masa depan yang bersifat pasti dan tidak pasti. Ini artinya apakah aktivitas yang akan kita rencanakan tersebut masih ada kemungkinan untuk batal ataukah tidak. Nah, untuk hal ini kalian tidak bisa menggunakan rumus atau formula yang sama. Baiklah, kamu mau tau kan perbedaan-perbedaannya? 

SIMPLE FUTURE TENSE UNTUK DEFINITE SITUATION

Definite situation adalah rencana di masa yang akan datang yang kamu sudah yakin tidak ada pembatalan atas rencana tersebut, jadi rencana ini bersifat pasti. Maka untuk hal ini penggunaan rumus be+going to atau be+ving dapat kamu pakai. Nah, dalam menggunakan rumus tersebut, pasti juga akan bikin kamu pusing dalam memilihnya, kira-kira harus memakai yang mana ya dan apakah ada perbedaannya juga kah? Yuk, simak lagi penjelasan-penjelasannya beserta contoh-contoh kalimatnya juga.

simple future tense
Source: istockphoto.com

Baca juga: POSSESSIVE PRONOUN ADALAH KATA GANTI MILIK

Membentuk kalimat positif 

Contoh pertama yaitu be+going to: They are going to go to Bandung tonight. Kalimat ini mengandung makna bahwa rencana ini sudah pasti dan segala sesuatunya sudah sangatlah siap. Sehingga kecil kemungkinannya rencana ini akan batal. Apabila perginya menggunakan pesawat, maka contoh nya adalah tiket pesawat sudah siap bahkan sudah melakukan online check-in sehingga sudah mendapatkan boarding pass. 

Contoh kedua yaitu be+ving: I am having my dinner after this. Kalimat ini mempunyai makna bahwa aktivitas ini pasti kita lakukan. Artinya bahwa saya akan makan malam setelah ini karena memang saya sudah lapar dan belum makan, maka saya tidak akan membatalkan rencana makan saya tersebut. Di bawah ini masih banyak cara menggunakan simple future tense.

simple future tense
Source: 123rf.com

Membentuk kalimat negatif dan tanya

Dalam membentuk kalimat negatif, maka rumus nya adalah dengan menambah kan not yaitu be+not+going to atau be+not+ving. Contoh dalam kalimat adalah: She is not going to go abroad atau She is not going abroad. Kalimat ini mempunyai makna bahwa dia (perempuan) tidak akan pergi ke luar negeri. Rencana ini sudah pasti mungkin karena alasan yang sangat mendasar, contohnya karena situasi pandemi yang ada, sehingga kecil kemungkinan untuk berangkat. Sedangkan untuk membentuk kalimat tanya, maka rumusnya adalah: be+S+going to+v kemudian jangan lupa tanda tanya nya ya, contoh Is she going to go abroad next week? Atau Is she going abroad next week?

SIMPLE FUTURE TENSE UNTUK INDEFINITE SITUATION

Indefinite situation adalah rencana di masa yang akan datang yang dapat berubah sewaktu-waktu karena sifatnya tidak pasti. Maka, untuk hal ini penggunaan will akan kita pakai sehingga rumusnya adalah: will+v1 atau shall+v1. Berikut contoh-contoh dalam kalimat baik yang positif, negatif dan tanya.

  1. They will play badminton tomorrow.
  2. I shall buy a new cell phone next month.
  3. We will not have a meeting the day after tomorrow.
  4. Amy won’t cook dinner tonight.
  5. Will Jmaes come to the party this coming Saturday?

Nah, lengkapnya contoh-contoh simple future tense dalam kalimat.

simple future tense
Source: istockphoto.com

KETERANGAN WAKTU 

Pemakaian keterangan waktu untuk kalimat-kalimat yang menggunakan simple future tense adalah: 

  • Tomorrow
  • Later
  • Next week/next month/next year
  • Soon
  • Tonight
  • The day after tomorrow
  • By and by

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *