SOFT SKILLS DAN HARD SKILLS: Pilih Yang Mana Ya?

Hi, English enthusiasts! .Pernahkah kamu mendengar kata hard skills dan soft skills? Kedua skills ini sangat kamu butuhkan ketika kamu bekerja, bahkan dimulai dari waktu sekolah atau kuliah sekalipun. So, kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan hard skills dan soft skills yang perlu kamu ketahui. Let’s check it out!

Apa itu perbedaan hard skills dan soft skills? Mari kita pahami dulu makna dari keduanya karena keduanya bisa jadi hal-hal yang kamu tidak sadari telah kamu pelajari. Misalnya, mungkin kamu merasa cuma punya etos kerja yang kuat, namun sebenarnya itu adalah soft skill yang kamu latih seiring berjalannya waktu. Atau, kamu mungkin merasa kalau kamu bisa menggunakan peralatan di tempat kerja kamu dengan mudah: Itu juga sebetulnya soft skill sulit yang kamu latih selagi kamu bekerja.

Sebelum lanjut ke perbedaan hard skills dan soft skills, kamu perlu tahu kalau keduanya mencakup bakat dan talenta kamu. Untuk kamu yang baru belajar tentang hhard skills dan soft skillsl atau kamu yang mau cari tahu keterampilan mana yang perlu kamu kembangkan kedepannya, artikel ini cocok banget buat kamu. 

Apa itu Hard Skills?

Hard skills adalah keterampilan atau kemampuan yang biasanya kamu latih dengan sengaja dan sifatnya lebih tradisional, terutama untuk kebutuhan pekerjaan. Keterampilan ini sering kali merupakan sifat terukur yang sudah kamu pelajari dan kembangkan secara aktif. Maka dari itu, Hard skills kadang-kadang bisa spesifik pada pekerjaan dan tergantung pada peran atau level yang kamu jalani. Tetapi, ada beberapa hard skills umum yang bisa kamu pelajari seperti berikut:

  • Kemampuan Berbahasa Asing (terutama Bahasa Inggris)
  • Manajemen Proyek 
  • Penguasaan Teknologi dan Perangkat Lunak (seperti Microsoft dan Google Analytics)
pixabay.com

Apa itu Soft Skills?

Soft skills adalah keterampilan interpersonal yang menggambarkan bagaimana kamu bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Kamu mungkin tidak menganggap soft skills sebagai keterampilan yang sudah kamu kembangkan dengan sengaja karena soft skills seringkali kita peroleh saat bekerja atau pelajari melalui interaksi sehari-hari dengan orang lain, seperti menjadi anggota tim atau komunikator yang baik. Soft skills terkadang juga disamakan dengan ciri-ciri kepribadian. Faktanya, keterampilan jenis ini adalah landasan bagaimana kamu berkolaborasi dan sukses di lingkungan kerja. Berikut adalah beberapa soft skills yang berguna di lingkup pekerjaan: 

  • Creativity (Kreativitas)
  • Leadership (Kepemimpinan)
  • Problem-solving  (Pemecahan Masalah)
  • Responsibility (Tanggung Jawab)
  • Time management (Manajemen Waktu)

Lalu, apa perbedaan hard skills dan soft skills? Perbedaan utamanya adalah soft skills sangat terkait dengan kepribadian seseorang dan bukan sesuatu yang selalu bisa diajarkan.

Baik hard skills maupun soft skills sama-sama penting di tempat kerja. Hard skills mencakup hal-hal yang telah kamu pelajari untuk nantinya kamu pakai atau lakukan—seperti alat, teknologi, atau kemahiran. Sedangkan soft skills adalah sifat pribadi yang kamu kembangkan seiring berjalannya waktu—seperti komunikasi yang efektif, rasa tanggung jawab, atau kepemimpinan.

Tentu saja, ada program kursus yang bisa kamu ambil untuk mengembangkan kepemimpinan, keterampilan komunikasi, dan soft skills lainnya. Namun, kamu perlu ingat kalau soft skills dipengaruhi faktor kepribadian. Beberapa orang cenderung memiliki kepemimpinan atau manajemen waktu yang baik dibandingkan yang lain.

Di sisi lain, hard skills lebih didasarkan pada apa yang kamu pelajari secara fokus dan dapat diajarkan dengan lebih mudah. Kamu bisa mengambil program kursus untuk mempelajari hard skills baru atau mengasah keterampilan yang sudah kamu miliki.

Sepanjang pengembangan karier, kamu mungkin, atau bahkan harus, mengubah keahlian kamu dan mengembangkan lebih banyak soft skills, terutama kalau kamu mengambil posisi manajerial atau kepemimpinan. Kamu akan memiliki pengetahuan praktis yang diperlukan untuk peran tersebut serta memiliki keterampilan interpersonal untuk menunjukkan bahwa kamu layak ada di posisi tersebut.

Itulah pembahasan kita tentang perbedaan soft skills dan hard skills. Pastikan kamu mempelajari semuanya ya! Anyways, kalau kamu butuh bantuan untuk belajar bahasa Inggris sebagai salah satu soft skills yang crucial, SUN English siap membantu kamu! So, segera kontak cabang SUN English terdekatmu dan mulai persiapan Bahasa Inggris kamu sekarang!

Comments are closed.