10 Kata Slang di Kanada

10 Kata Slang di Kanada

Halo, semuanya! Mau liburan kemana nih dalam waktu dekat? Ada yang rencana mau ke Benua Amerika? Kalo ngomongin Benua Amerika, kebanyakan orang pasti selalu mikirnya Amerika Serikat. Padahal ada satu negara yang bisa banget loh jadi tujuan wisata kamu berikutnya. Ya, itulah Kanada.

Berada di bagian utara benua Amerika, Kanada sangat terkenal dengan keramahannya terutama terhadap pendatang atau imigran. Bahkan gak sedikit orang yang pergi kesana untuk menetap. Daya tarik Kanada gak cuma disitu aja. Selain Justin Bieber, Kanada punya budaya yang unik, dan salah satunya adalah kata-kata slang yang ngebedain mereka dari negara-negara pengguna bahasa Inggris lainnya. 

Slang adalah kumpulan berbagai bahasa bersifat musiman yang tidak baku dan tidak resmi. Semakin berkembangnya trend, apalagi anak-anak muda sekarang, bahasa slang ini jadi semakin bertambah dan digunakan oleh khalayak umum. Buat kamu yang pengen cepet dapet temen atau kenalan di Kanada, kata-kata slang ini bisa jadi ‘senjata’ untuk nunjukin kalo kalian punya kepekaan budaya juga. Untuk tahu selengkapnya, yuk kita bahas satu per satu.

10 Kata Slang di Kanada

Source: Freepik

 

  • Canadian Tuxedo

 

Kamu suka pake jaket denim warna biru dan celana jins biru? Orang Kanada menyebut outfit tersebut sebagai ‘Canadian tuxedo’! Canadian tuxedo sendiri adalah gaya berpakaian yang paling populer dan dibanggakan di Kanada loh. Orang-orang Amerika pun suka berpakaian kayak gitu. Kamu bisa cek penampilan Justin Timberlake dan Britney Spears di American Music Award 2001.

 

  • Freezies

 

Sebagai jajanan masa kecil, es lilin memang idolanya banyak orang Indonesia. Tapi jangan salah, ternyata orang Kanada juga suka banget! Apalagi kalau dimakannya pas musim panas. Mereka menyebutnya ‘freezies’!

 

  • Toboggan

 

Orang Amerika dan Kanada punya satu hobi yang sama di musim dingin, yaitu main kereta luncur. Bedanya adalah orang Amerika menyebutnya sledding, kalo Kanada lebih suka pake kata tobogganing.

 

  • Serviette

 

Kalo suka pake table manner ketika makan, pasti kamu butuh banget yang namanya serbet. Kalau pengguna bahasa Inggris, mereka bakal pake kata napkin. Nah sementara itu, orang-orang di Kanada punya kata sendiri, yaitu servietteyang kalo dipikir-pikir justru lebih mirip terjemahan Bahasa Indonesia kita. Oh iya, kata serviette ini asalnya dari Bahasa Perancis Lama, makanya cara pelafalannya pun terkesan mewah.

10 Kata Slang di Kanada

Source: Freepik

 

  • Dart

 

Kalo kamu perokok dan kehabisan rokok di Kanada, pasti bakal cari swalayan terdekat buat memenuhi keinginan rohani kamu. Nah, sebaiknya kamu coba pake kata dart daripada cigarette buat nunjukin betapa gaulnya kamu

 

  • Elastics

 

Karet gelang? Yang terkadang di Indonesia dijadikan ikatan sayur, nasi bungkus, atau bahkan ada beberapa yang menggunakan versi berwarnanya di pergelangan tangan sebagai fashion. Di Amerika, orang-orang menyebutnya dengan rubber bands. Di Kanada, karet gelang disebutnya elastics karena ya memang elastis. Sesederhana itu ya..

 

  • Toque

 

‘Toque’ adalah cara orang Kanada menyebut topi rajut. Seringkali dipakai banyak orang saat musim dingin dan pengikut trend di musim panas.

 

  • Stag/Stagette

 

Kalo nanti kamu punya temen di Kanada dan dia bakal menikah dalam waktu dekat, kamu pasti diundang ke Stag-nya buat melepas masa-masa terakhir lajangnya dia. Itu kalo temen cowo ya, kalo temen cewe acaranya jadi Stagette.

 

  • Eavestroughs

 

Di setiap rumah pasti punya talang buat mengantisipasi hujan deras. Rain gutters adalah cara umum nyebutnya di Bahasa Inggris. Rain gutters diperlukan untuk mencegah air menetes atau mengalir dari atap agar tidak merusak dinding dan beberapa hal lainnya. Nah, kalo orang Kanada punya kata sendiri, yaitu eavestroughs. Lebih keren ya?

10 Kata Slang di Kanada

Source: Freepik

 

  • Garburator

 

Di setiap wastafel, pasti ada tempat pembuangan yang biasanya ada di tengah. Orang Kanada menyebutnya dengan garburator. Hati-hati, jangan salah sebut trus jadi mesin motor/mobil!

Nah, itulah beberapa kata slang di Kanada yang lumayan membedakan bahasa Inggris mereka dari bahasa Inggris pada umumnya. Pasti beberapa dari kata tersebut ada yang terdengar asing kan? Nah dengan adanya beberapa list tersebut, semoga bisa membantumu untuk berkomunikasi ataupun berguna sebagai pengetahuan umum tambahan! Selamat berlibur ke Kanada!

Source: https://www.slice.ca/breaktime/photos/canadian-words-our-american-friends-dont-understand/#!what-are-runners

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *