5 Prodi Prospektif: Tentukan pilihanmu sekarang!

Hi Sunners, dengan judul 5 Prodi Prospektif: Tentukan pilihanmu sekarang! pada kesempatan kali ini akan kita bahas yuk. Howdy teman-teman Sunners yang setia? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat dan baik yaa! Memulai perjalanan Study-mu bisa menjadi pengalaman yang mengesankan lho. Ditambah lagi sekarang kamu mempunyai akses yang luas untuk menentukan penjelajahan kamu di dunia Perguruan Tinngi. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa ini adalah kesempatan yang baik dan tepat untuk menentukannya. Namun tidak sedikit juga yang overwhelmed dan merasa terbebani untuk dapat memilih apa yang akan cocok dan tepat baginya. Untuk mengawali cerita eksplorasi kamu, penentuan minat, bakat, dan jurusan perkuliahan, pastikan tetap stay tunned di sini ya

Besides minat, bakat, dan kemampuan, pemilihan prodi juga harus mempertimbangkan pada peluang karir di masa depan Sunners. Seperti yang kita ketahui, pada jaman industri yang beradaptasi dengan teknologi yang sedang berkembang ini, tentunya peluang disana lebih besar. Lalu, kira-kira jurusan apa saja yang memiliki peluang yang menjanjikan ya? Mostly, jurusan yang berbau teknologi dan kesehatan akan tetap memimpin jalan untuk peluang kerja yang menjanjikan. Hal ini karena permintaan tenaga kesehatan dan kapasitas inovasi teknologi adalah yang paling dibutuhkan. Namun, bagaimana dengan beberapa bidang studi yang menawarkan prospek lain seperti administrasi bisnis, teknik, dan ekonomi? Mari kita bahas satu persatu yaa.

1. Teknik

Mari bahas Prodi prospektif yang satu ini terlebih dahulu. Prodi atau jurusan perkuliahan Teknik sudah menjadi bidang yang paling diminati di kebanyakan perguruan tinggi di dunia. Bagaimana tidak, keseharian kita saat ini saja sudah dikelilingi dengan teknologi yang serba canggih. Sebagai lulusan teknik, kamu dapat membuat teknologi untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih efisien. Therefore, penyandang gelar teknik ini sangat dibutuhkan di berbagai lintas bidang kehidupan maupun karir. Besides that, setiap tahunnya pembukaan lowongan kerja dan permintaan untuk lulusan teknik juga terus mengalami peningkatan yang mencolok. Dengan meraih mendali sebagi bidang keilmuan yang populer, prodi prospektif ini memiliki banyak spesialisasi loh Sunners

In addition, tiap – tiap spesialisasi keilmuan tersebut juga memiliki prospek karir yang berbeda pula. berikut merupakan cabang keilmuan dari jurusan teknik, antara lain; Teknik Elektro, prospek karir satu ini sudah pasti yang berhubungan dengan kelistrikan nih. So, peluang karirnya juga tak lepas dari hal-hal tersebut. Intinya semua yang berkaitan dengan bidang kelistrikan deh, seperti pembangkitan listrik tapi juga tidak menutup kemungkinan pada bidang telekomunikasi Sunners!; Selanjutnya ada Teknik Mesin yang memiliki prospek karir di bidang pengembangan mesin. Nantinya pabrik – pabrik besar akan mencari lulusan ini loh. Because, mereka sudah mulai perlahan menggeser buruh pabrik menjadi alat atau mesin produksinya; Next, kita memiliki Teknik Sipil. Nah, kalau yang satu ini adalah cabang jurusan teknik yang memelajari tentang perencanaan serta perancangan infrastruktur yang baik. Prospek karir yang bisa kamu geluti sangat beragam, contohnya pekerjaan di bidang kontruksi gedung, surveyor kontrol bangunan, jalan, dan lain-lain.

2. Marketing

Prodi prospektif yang kedua adalah Marketing. Bidang pemasaran atau marketing adalah salah satu jurusan yang banyak diminati. Untuk Sunners yang jago public speaking berarti Jurusan Marketing atau Jurusan Pemasaran akan suitable buat kamu nih. Because di jurusan ini, kamu akan belajar menganalisis pangsa pasar sampai dengan pemasarannya. Then, kecakapan dalam berbicara sangat dibutuhkan disini. Buat para Sunners yang memiliki ketertarikan dengan periklanan, media sosial, ataupun desain grafis, prodi prospektif satu ini pas banget deh. Furthermore, jurusan ini juga diminati karena membuka pintu ke banyak peluang karir yang didapati di banyak bidang industri. Prodi prospektif ini menawarkan peluang pekerjaan, seperti pemasaran, manajemen media sosial, hingga analis riset pemasaran, dan sebagainya.

3. Kedokteran

Bagi Sunners yang merupakan anak IPA, kategori selanjutnya akan cocok sekali dengan kamu nih. Next, prodi prospektif yang menempati urutan ketiga adalah Kedokteran. Kalau membahas prodi prospektif yang satu ini sepertinya tidak akan pernah ada kadaluarsanya yah. Selain masa depan terjamin, karena kebutuhan tenaga kesehatan seperti dokter di masyarakat tidak pernah berhenti. Prodi ini juga menjadi jurusan dengan prospek kerja paling terjamin di antara jurusan lainnya. Ditambah lagi dengan menerima gaji yang tinggi sebab memiliki profesi yang berhubungan erat dengan kesehatan dan nyawa manusia (pasiennya). Sudah pasti Prodi Kedokteran paling cocok buat kamu yang mempunyai jiwa yang besar untuk menolong orang lain. Adapun beberapa pilihan karir yang bisa kamu pilih loh. The majority tentu akan menjadi klinisi di bidang kesehatan, seperti dokter spesialis atau dokter umum. However tidak sedikit juga loh yang memilih karir sebagai non klinisi seperti manajemen rumah sakit, konsultan, kedokteran komunitas, serta pendidik kedokteran atau profesi kesehatan. 

4. Bisnis

Mana nih calon – calon entrepreuner muda kita?? Adakah Sunners yang memiliki cita-cita untuk mengelola atau meneruskan bisnis keluarga? Jika iya, kalian bisa mengambil prodi prospektif Bisnis ini ya. Kamu dapat memulai untuk mewujudkan impianmu dengan mempelajari seluk beluk disiplin ilmu bisnis dan manajemen. Sunners juga dapat menekuni bisnismu sendiri ataupun bekerja sama dengan orang lain yaa. Adapun beberapa program studi yang populer dan memiliki prospek bagus untuk jurusan ini, seperti manajemen, pemasaran, startup development, dan lain-lain. Kalau untuk ragam prospek karir di masa depan tentunya sudah bukan keraguan lagi ya. Diantaranya kamu bisa menjadi; auditor, manajer divisi, pengawas keuangan, atau bahkan dapat juga menjadi seorang investor.

5. Seni

Bagi Sunners yang tertarik dengan hal-hal yang terkait seni seperti seni visual, atau bahkan fotografi kategori selanjutnya akan berguna untukmu. Di sini kamu adalah tempat dimana kamu dapat belajar lebih banyak di bidang Seni dan mengembangkan bakatmu. Jurusan atau prodi ini dapat membuat kamu memahami lebih dalam tentang kesenian. Tidak lupa juga akan mendorong kamu untuk menjadi seniman bagi khalayak luas. Hal ini dapat terjadi karena kamu akan diberikan wawasan yang sangat beragam. Diantaranya mengenai aspek sosial, politik, budaya, atau bahkan ekonomi, yang memengaruhi berbagai produk kesenian.

Lalu bagaimana untuk prospek karirnya? Sebagian orang acap kali memadang rendah namun artikel ini percaya bahwa selama kita masih bergerak maka rejeki akan mengikutimu.  Tidak perlu khawatir karena untuk jurusan ini pun tak sebatas pada bidang seni saja. Ada pengamat seni, kritikus, seorang konsultan kesenian, atau bahkan seorang guru besar untuk bidang kesenian.Alright! Demikianlah pembahasan pada artikel ini tentang prodi prospektif yang menjanjikan. Untuk Sunners yang punya pendapat ataupun pertanyaan, boleh langsung di-type saja di kolom komentar yaa! See you!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.