5 Tips Sukses Mengikuti TOEFL Preparation Online

Mengikuti kursus online bukanlah hal yang asing, terutama di masa pandemi ini. Dengan tetap aman berada di rumah, kamu bisa mengasah dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan mengikuti kursus online. Terlebih kamu yang punya cita-cita melanjutkan sekolah ke luar negeri atau mengambil program internasional di universitas dalam negeri, penting sekali untuk mempersiapkan diri dengan ikut TOEFL preparation online.

TOEFL Preparation Online
Source : unsplash.com

Namun, tidak dapat dipungkiri adanya kekhawatiran apakah kursus online bisa berjalan efektif dan berdampak pada peningkatan skill dan skor bahasa Inggris kita. Oleh karena itu, mari kita kulik tips-tips sukses mengikuti kursus TOEFL preparation secara online.

  1. Pilih jenis TOEFL yang tepat

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah salah satu jenis tes pengukuran kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional. Diterima di seluruh dunia oleh lebih dari 11.000 universitas dan institusi di lebih dari 150 negara, tes TOEFL adalah tes bahasa Inggris utama di dunia untuk studi, kerja dan imigrasi. Ada dua jenis TOEFL yang dikenal di Indonesia, yaitu TOEFL IBT (Internet Based Test) dan TOEFL PBT (Paper Based Test) atau yang juga disebut sebagai TOEFL ITP.

Baca Juga : Beragam Jenis TOEFL untuk Melamar Kerja

Untuk keperluan lingkup dalam negeri, kamu bisa mengambil tes TOEFL PBT/ITP, misalnya untuk mendaftar kuliah, memenuhi syarat kelulusan sarjana, melamar kerja, atau mendaftar beasiswa ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sementara itu, kalau target universitas atau institusi kamu ada di luar negeri, kamu bisa langsung mengambil TOEFL IBT. So, jangan salah pilih ya!

  1. Kenali format tes dan jenis pertanyaan dalam tes TOEFL

Langkah ini penting sekali untuk tidak dilewatkan sehingga pada saat tes TOEFL, kamu tidak kagok lagi dengan apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan pertanyaan apa yang harus dijawab. Selain mengenali format tes, pastikan juga kamu familiar dengan instruksi khas pada setiap jenis pertanyaan.

TOEFL PBT/ITP menguji 3 skill wajib yaitu Listening, Structure, dan Reading serta 1 skill pilihan yaitu Writing. Format ini berbeda dengan TOEFL IBT yang meliputi 4 skill utama dan semuanya wajib diambil. Urutan bagian dalan TOEFL IBT yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

Jenis pertanyaan dalam TOEFL PBT/ITP semuanya berbentuk pilihan ganda (multiple-choice question) dengan empat pilihan jawaban, sedangkan TOEFL IBT memiliki jenis pertanyaan yang beragam. Selain multiple choice, kamu juga bisa mendapatkan soal berupa classification dan sentence insertion.

Baca Juga : Perbedaan TOEFL ITP dan iBT yang Penting Kamu Ketahui !

Jika kamu mengikuti kursus TOEFL preparation online, tutor kamu akan mengajarkan cara-cara efektif menjawab setiap jenis pertanyaan dalam setiap skill pada tes TOEFL.

TOEFL Preparation Online
  1. Pilih jenis kelas yang sesuai dengan tipe belajarmu

Guna mendukung efektivitas dalam mengikuti program persiapan tes TOEFL berbayar ataupun test toefl online gratis, kamu perlu teliti dalam memilih jenis kelas.

Jika kamu lebih fokus menyerap pelajaran ketika tidak ada interupsi dari siswa lain, pilihlah jenis kelas private. Kamu pun bisa lebih puas bertanya kepada tutormu saat ada kendala yang kamu temui. Poin plus juga dalam kelas private karena kamu tidak perlu malu jika membuat kesalahan saat practice.

Selain kelas private, kamu juga bisa mencoba mengikuti kelas grup di mana kamu bisa bersosialisasi dengan siswa-siwa lain sembari bertukar ide dan saling mendukung untuk mencapai target skor yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Mengikuti TOEFL Prediction Jakarta

  1. Your effort does matter

Kursus TOEFL preparation online yang bagus akan memfasilitasi kamu dengan tutor yang profesional dan terampil. Selain itu, materi pembelajaran yang komprehensif juga menjadi penentu kesuksesan program persiapan tes TOEFL.

Namun di samping itu semua, usaha kamu memegang peranan yang penting juga lho. Dalam hal belajar secara online, tidak hanya semangat yang diperlukan, tapi juga jaringan internet yang stabil agar supaya komunikasi antara kamu dan tutor berjalan lancar.

  1. Perbanyak latihan soal

Setelah mendapat bimbingan dan pengarahan yang cukup dari tutormu, luangkan waktu untuk mengerjakan latihan soal.

The more you practice, the more you are familiar with the test. The more you are familiar with the test, the higher the chances to succeed in the TOEFL test.”

Itulah 5 tips andalan yang bisa kamu ikuti secara bertahap. Semakin cepat kamu memulai TOEFL preparation secara online, semakin siap kamu bertarung dalam ujian TOEFL sesungguhnya. Mau kursus TOEFL yang efektif mulai dari 500 ribuan? Hubungi SUN English di 0812 1186 8283.& follow Instagram @sunenglish.center untuk info event menarik lainnya!

Penulis: Tami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *