Cara Belajar Toefl Terbaik

Tujuan dari Toefl Test adalah untuk menilai kemampuan Bahasa Inggris. Toefl adalah satu test Bahasa inggris yang cukup popular untuk sebagai salah satu persyaratan jika kamu mau masuk universitas di luar negeri seperti Amerika Serikat, Australia dan Eropa. Test ini dibuat dan dikembangin oleh Lembaga di America Serikat yaitu Educational Testing Service atau dikenal dengan sebutan ETS. Hampir 1 juta siswa setiap tahun dari 180 negara mendaftar test ini Loh! Namun Tes ini terbagi atas 2 tipe test, yang dikenal dengan Toefl IBT dan ITP. Apa perbedaanya?

Belajar Toefl
Source : unsplash.com

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum Belajar Toefl!

1. ITP

Toefl ITP adalah tes berbasis kertas dan menggunaan 100% Materi academik. Tipe soal dari tes ini dibuat semua dalam bentuk pilihan ganda dengan empat pilihan di setiap pertanyaannya. Jadinya, membuat tes ini tidak serumit English Test yang lainnya dan banyak yang belajar TOEFL tipe ini. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai skills yang akan dites:

  1. Listening adalah skill yang pertama yang dites, dikenal dengan Listening Comprehension yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kamu dalam memahami percakapan dalam Bahasa inggris dalam konteks akademik yang biasanya digunakan di universitas.
  2. Tentunya skill yang kedua ini tidak asing lagi bagi peserta yang mau tes kemampuan Bahasa inggris mereka. Skill ini disebut Structure and Written Expression yang dikenal dengan Grammar. Skill ini mengukur kemampuan siswa dalam mengidentifikasi kalimat dalam bentuk Bahasa formal.
  3. Reading Comprehension adalah sesi terakhir yang adalah untuk mengukur kemampuan kamu dalam memahami teks Bahasa inggris dalam konteks akademik.

2. iBT

Toefl iBT adalah tes yang menggunakan computer dimana format tes, skills, cara penilaiannya agak berbeda dengan ITP. Siswa pada umumnya mengatakan tes yang satu ini lebih susah dibandingkan dengan ITP yang memiliki tipe soal yang lebih simple.

  1. Berbeda dengan tes sebelumnya dimana Listening adalah skill yang pertama, iBT memulai tes dengan skill Reading section. Pada sesi ini kamu akan diberikan 3 teks panjang bersama beberapa pertanyaan. Type teks yang diberikan adalah academic topic yang biasanya ditemukan di buku teks universitas.
  2. Pada bagian Listening, kamu akan mendengar 2 percakapan dan 4 akademisi ceramah atau diskusi. setelahnya akan diberikan beberapa pertanyaan dari setiap bagiannya.
  3. Speaking tes terbagi menjadi 4 bagian dan kamu diminta untuk menjawab atau menjelaskan opini pertanyaan tentang beberapa aspek dalam akademik konteks.
  4. Writing section terdiri dari 2 bagian, yaitu Integrated task dan Independent task. Pada bagian Interated task, kamu diminta untuk terlebih dahulu membaca sebuah teks academik selama 3 menit, kemudian kamu akan mendengar recording berhubungan dengan reading teks yang telah dibaca. Setelah membaca dan mendegar kamu diminta untuk menulis bagaimana dan apa hubungan mengenai topic yang dibahas. Pada bagian Independent task kamu hanya diminta untuk menulis esai pribadi bersadarkan topic yang diberikan.
Belajar Toefl
Source : unsplash.com

Berikut adalah step step yang harus dipersiapkan saat belajar TOEFL sebelum mengikuti Tes Toefl iTP!

  1. Sebelum mengikuti tes alangkah baiknya untuk melakukan persiapan yang matang seperti mengikuti kursus Toefl. Ini dikarenakan sangat penting buat kamu untuk terbiasa dengan format tes tersebut dan tipe tipe pertanyaan yang ada di setiap skill. Sejauh ini banyak siswa yang bisa belajar sendiri atau self-study, namun tidak sedikit juga yang belajar lewat bimbingan guru yang sudah professional dalam tes ini. 
  2. Belajar untuk selalu menggunakan Bahasa inggris dalam setiap aktifitas kamu sehari hari.
  3. Timing adalah hal yang penting di tes ini, maka ketika mengerjakan soal soal di setiap skill kamu disarankan untuk bisa mengatur waktu. Maka, kerjaan dengan cepat dan cermat.
  4. Karena tes ini menggunakan pilihan ganda di setiap skillnya, maka mengeliminasi jawaban yang jelas salah terlebih dahulu sebelum memilih jawaban yang benar adalah strategy yang paling tepat untuk dilakukan.
  5. Tingkat kesulitan soal dari setiap skill akan dimulai dari yang paling mudah hingga paling sulit. Maka, kamu harus konsentrasi penuh dari awal test sampai selesai.
  6. Luangkan waktu untuk istirahat, sehari sebelum mengikuti Tes!

Jika kamu masih bingung cara belajar TOEFL yang efektif, kamu bisa konsultasi ke SUN English di 0812 1186 8283 atau follow Instagram @sunenglish.center 

Comments are closed.