6 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Anak IPS

Di Indonesia, jurusan sangat menentukan pekerjaan di masa depan. Terdapat dua jurusan yang umum di pakai Sekolah Menengah Atas Negeri maupun Swasta, yaitu jurusan IPS dan IPA.

Jurusan IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial mempelajari ilmu-ilmu praktikal di social seperti sejarah, Bahasa, ekonomi, hukum, dan budaya. Sedangkan IPA atau ilmu Pengetahuan Alam mempelajari ilmu-ilmu science atau ilmiah, seperti matematika, biologi, astronomi, dan fisika.

Faktanya, setiap jurusan memiliki keunikan tersendiri serta jurusan kuliah yang relevan nantinya. Selain menyalurkan minat dan bakat dengan memperdalam ilmu dengan memilih jurusan yang tepat, hal ini juga mempengaruhi kamu dalam mendapatkan pekerjaan nantinya.

Alhasil, hal ini yang akhirnya juga akan mempengaruhi kehidupanmu di masa depan. Semakin kamu menikmati pekerjaanmu, semakin baik motivasimu dalam bekerja sehari-hari.

Seperti anak-anak jurusan IPA akan banyak menyukai ilmu yang membutuhkan perhitungan atau kalkulasi. Mereka lebih banyak memilih jurusan kuliah seperti Teknik, kedokteran, matematika, fisika, dan astronomi. Sedangkan, anak-anak IPS lebih menyukai hal-hal sejarah, perhitungan praktikal seperti ekonomi dan akutansi, serta bahasa.

Walaupun pilihan jurusan IPA lebih popular di kalangan universitas, kuliah jurusan IPS juga banyak menawarkan ilmu-ilmu menarik yang sangat bermanfaat untuk masyaratakat nantinya.

Bagi kamu lulusan jurusan IPS, berikut rekomendasi jurusan-jurusan kuliah yang dapat menjadi pertimbangan kamu. Ingat juga bahwa pilihan jurusan kuliah juga mempengaruhi pekerjaan mu kelak maka pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat pekerjaanmu nanti.

Sastra Bahasa

Kamu suka belajar Bahasa-bahasa asing maupun lokal? Jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat!

Jurusan sastra akan mempelajari tentang isi, ciri artistik, estetika, serta keaslian dalam suatu teks atau tulisan karya sastra.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari karya tulis seperti novel, puisi, cerpen dari penyair-penyair terkenal. Selain itu, kamu juga akan mempelajari ilmu linguistik secara lebih dalam di jurusan ini.

Terlebih lagi, jurusan ini menawarkan banyak pilihan minat contohnya adalah sastra Inggris yang banyak diminati anak-anak penyuka bahasa asing.

Nantinya, lulusan sastra dapat menjadi penyair, penulis, tutor, perusahaan swasta yang membutuhkan pekerja berbahasa asing, tour guide, penerjemah, di kedutaan, dan masih banyak lagi

Ilmu Hukum

Sebagai negara hukum, sudah banyak mahasiswa yang berminat mengambil jurusan ini.  Selain itu, banyak juga kasus-kasus hukum yang terjadi di Indonesia sehingga peluang pekerjaanpun cukup besar.

Seperti puzzle, ilmu hukum juga membutuhkan pendalaman konsep yang cukup kritis. Murid akan di tugaskan untuk memahami kasus dan mencoba untuk menyelesaikannya dalam konsep hukum.

Peluang pekerjaan jurusan ini cukup banyak seperti firma hukum, pengadilan, kejaksaan, pengacara, notaris, legalitas, dan masih banyak lagi.

Psikologi

Jurusan yang dikenal dengan sebutan ilmu jiwa ini cukup popular dikalangan mahasiswa. Berbeda dengan ilmu IPA yang mencari fakta dengan pola yang sudah pasti, ilmu psikologi mencari solusi dengan memahami tingkah laku individu dengan kehidupan sekitarnya.

Menariknya, ilmu ini mencoba memahami pemikiran dan relasi dengan tindakan, kognitif, serta interpersonal.

Terdapat beberapa minat dalam jurusan ini yaitu psikologi anak, klinis, industri, perkembangan, dll.

Peluang kerjanya pun cukup menarik yaitu bisa menjadi HRD di perusahaan, market research, konsultan, UX analyst, psikolog, psikiater, dan lainnya yang berhubungan dengan individu.

Bisnis dan Manajemen

Apakah kamu penyuka bisnis? Jurusan ini adalah salah satu paling terkenal di kalangan lulusan IPS karna peluang pekerjaan yang bisa ditempatkan di area mana saja.

Mahasiswa bisnis dan manajemen akan mempelajari ilmu-ilmu eksternal dan internal suatu perusahaan, statistik, ekonomi, perilaku konsumen, strategi penjualan, dan masih banyak lagi.

Tantangan jurusan ini adalah maraknya perkembanyan teknologi dan kemungkinan terjadinya krisis ekonomi. Selain itu, ide-ide yang bersifat inovatif dan kreatif juga dibutuhkan para lulusan jurusan ini dalam persaingan yang tinggi.  

Peluang karir lulusan ini dapat menjadi manager, marketing, keuangan, oprasional, direktur, sekretaris, pengusaha, dan lainnya.

Akuntansi

Berhubungan dengan ekonomi, akutansi adalah salah satu jurusan yang nantinya memberikan peluang pekerjaan dengan gaji yang besar.

Jurusan ini membutuhkan ketelitian serta konsep ekonomi yang mendalam. Nantinya, jurusan ini akan membahas bagaimana perhitungan uang/item suatu perusahaan atau Lembaga. Lancarnya produktivitas perusahaan juga bergantung pada ketelitian akuntan perusahaan tersebut.

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan. Mahasiswa jurusan ini juga harus memahami cara membuat laporan keuangan, audit, pajak, neraca, dll.

Peluang pekerjaan jurusan ini adalah akunan, analyst, manager, auditor dan marketing.

Keguruan dan Pendidikan

Setiap tahunnya, pemerintah membutuhkan tenaga ahli dalam Pendidikan. Sehingga jurusan inipun semakin banyak disediakan di tiap universitas. Berbagai minat dari jurusan inipun bervariasi, mulai dari Pendidikan sekolah, luar sekolah, hingga manajemen Pendidikan.

Keterampilan yang ada adalah untuk menunjang proses kegiatan belajar-mengajar di kelas. Berbagai teori Pendidikan pun diterapkan hingga teori perkembangan anak, pemilihan strategi belajar, pembuatan lesson plan, dll.

Lulusan jurusan ini tidak hanya untuk calon guru melainkan juga konsultan Pendidikan, dan bahkan bisnis Pendidikan.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar ne geri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.