Macam-macam Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Masih Bingung

Photo by Shubham Sharan on Unsplash

Apakah teman-teman sedang bingung menentukan jurusan kuliah? Di antara banyaknya macam-macam jurusan kuliah, tentu kita harus memilih salah satunya. Menentukan jurusan kuliah yang akan diambil tentu perlu banyak pertimbangan. Jurusan yang kita ambil saat kuliah memiliki pengaruh besar pada masa depan, baik dari aspek karier maupun pendidikan lanjutan. Selain itu, penting juga untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion atau minat dan bakat yang dimiliki.

Supaya tidak bingung, ayo simak macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu jadikan referensi!

Manajemen dan Bisnis

Jika kamu memiliki cita-cita menjadi seorang entrepeneur atau ingin memiliki karier di perusahaan besar, kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan manajemen dan bisnis. Bidang ini tidak hanya sebatas mempelajari tentang keuangan, tapi juga mencakup manajemen dan bisnis secara keseluruhan.

Ada banyak jurusan di bawah bidang manajemen dan bisnis, seperti Akutansi, Manajemen, Ilmu Bisnis, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan masih banyak lagi. Prospek pekerjaan di bidang ini sangatlah luas. Mulai dari profesi akuntan, entrepreneur, bekerja di bidang sales dan marketing, dan lain-lain. Jadi, apabila kamu memiliki minat di bidang ini, ada macam-macam jurusan yang bisa kamu pilih secara spesifik sesuai dengan tujuan kamu.

Teknologi Informasi dan Komputer

Bidang teknologi informasi dan komputer sedang trending saat ini. Tingginya demand tenaga kerja profesional di bidang ini seiring dengan perkembangan era digital. Revolusi industri 4.0 menyebabkan banyak terjadinya perpindahan aktivitas manusia dari sistem konvensional ke sistem digital. Sehingga, pekerjaan yang memiliki hubungan erat dengan industri digital kebutuhannya tinggi. Bisa dibilang prospek kerja di bidang teknologi informasi dan komputer sangat menjanjikan.

Jurusan yang bisa kamu ambil, yaitu Ilmu Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, dan lain-lain. Apabila kamu tertarik dengan bidang ini, ada banyak kesempatan karier, karena di era digital semua perusahaan memerlukan tenaga kerja dengan keahlian di bidang teknologi informasi dan komputer. Contohnya software engineer, programmer, web designer, bahkan bisa menjadi seorang konsultan teknologi informasi. Maka dari itu, apabila kamu memiliki minat di bidang ini jangan ragu-ragu ya!

Pendidikan

Untuk kamu yang tertarik untuk memperlajari proses pembelajaran dan perkembangan manusia, kamu bisa memilih jurusan di bidang pendidikan. Guru merupakan profesi yang sangat penting. Melalui jurusan ini, kamu dapat mengasah keterampilan mengajar supaya proses transfer ilmu pengetahuan kepada siswa dapat berjalan dengan baik nantinya. Tidak hanya terbatas pada skill mengajar, akan ada kesempatan juga untuk mendapatkan keterampilan penyusunan kurikulum dan pengembangan institusi pendidikan.

Jurusan di bidang pendidikan dimulai dari tingkatan pendidikan yang paling awal, yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD), dilanjutkan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), hingga jurusan berdasarkan mata pelajaran. Selain itu juga ada jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) untuk mengajar anak berkebutuhan khusus dan jurusan Bimbingan dan Konseling. Selain menjadi guru, lulusan sarjana pendidikan juga bisa menjadi pengembang kurikulum dan bahan ajar. 

Sastra

Jika kamu tertarik untuk mempelajari sastra dan bahasa negara-negara lain di dunia, ataupun bahasa daerah di Indonesia, kamu bisa memilih jurusan di bidang sastra. Tidak hanya terbatas mempelajari bahasanya saja, kamu juga akan mempelajari kebudayaan dan sejarah negara tersebut. Sedangkan, untuk bahasa daerah kamu juga akan mempelajari tradisi daerah tersebut dan menafsirkan teks-teks kuno pada daerah tersebut.

Ada banyak jurusan sastra yang bisa kamu pilih, dimulai dari Sastra Indonesia, kemudian Sastra Inggris, Jepang, Korea, Cina, Jerman, dan negara lainnya. Selain itu juga ada jurusan Sastra Jawa, Bali, Sunda, dan bahasa daerah lainnya yang ada di Indonesia. Prospek kerja memiliki perbedaan untuk setiap jurusan sastra walaupun secara umum sama. Dimulai dengan Sastra Indonesia, kamu memiliki kesempatan untuk menjadi seorang penulis karya sastra Indonesia, editor, atau copywriter. Selanjutnya, untuk lulusan sastra dan bahasa asing dapat menjadi penerjemah atau bahkan memiliki kesempatan untuk bekerja di lembaga internasional dan Kedutaan Besar Indonesia di luar negeri. Di sisi lain, lulusan sastra dan bahasa daerah bisa berfokus pada lembaga kebudayaan atau arsip nasional.

Ilmu Kesehatan dan Kedokteran

Jurusan di bidang kesehatan dan kedokteran sangat populer di kalangan pelajar. Secara umum, melalui jurusan-jurusan di bidang ini kamu akan mempelajari kesehatan manusia dari berbagai aspek. Perlu diingat bahwa ilmu kesehatan dan kedokteran sangat luas. Tenaga kesehatan juga terdiri dari berbagai macam profesi berbeda. Sehingga, setiap jurusan memiliki fokus ilmunya masing-masing.

Pertama adalah jurusan Pendidikan Dokter. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari cara mendiagnosis penyakit pada manusia dan dilanjutkan dengan pengobatan dan pencegahan penyakit tersebut untuk timbul kembali. Selain itu juga terdapat jurusan Pendidikan Dokter Gigi yang fokus pada kesehatan gigi dan mulut. Selanjutnya untuk ilmu kesehatan, terdapat jurusan Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Fisioterapi, Keperawatan, Kebidanan, Gizi, dan masih banyak lagi. Selain memiliki kesempatan untuk bekerja sesuai dengan profesi lulusan jurusan tersebut pada institusi kesehatan, para lulusannya juga memiliki kesempatan untuk menjadi peneliti atau bekerja di instansi pemerintahan.

Seni dan Desain

Untuk kamu yang memiliki minat di bidang seni dan juga ingin bekerja di bidang yang sesuai dengan passion-mu, jurusan di bidang seni dan desain adalah pilihan yang tepat. Jangan khawatir, karena setiap minat dan bakat ada jurusannya, lho! Jadi, impian untuk bekerja sesuai hobi bisa diwujudkan.

Jurusan Seni Rupa cocok untuk orang yang memiliki minat melukis, memahat, atau menciptakan kerajinan jenis lainnya. Selain itu juga terdapat jurusan Seni Musik untuk pelajar dengan minat di bidang seni suara dan jurusan Seni Tari dan Seni Teater untuk yang berminat di bidang seni pertunjukan. Selanjutnya jurusan desain dibagi menjadi Desain Grafis, Desain Interior, Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Ada juga jurusan Animasi atau Film dan Televisi apabila kamu lebih tertarik pada motion picture. Kemudian, untuk yang memiliki minat di bidan fashion dan kecantikan bisa memilih jurusan Tata Rias dan Busana.

Kuliah di jurusan seni terdengar sangat menyenangkan, karena selain bisa belajar sembari menikmati hobi, peluang kerja di masa depan juga tidak jauh dari minat dan bakatmu. Selain bekerja pada industri seni tertentu, lulusan jurusan seni juga bisa menjadi seorang pengusaha dengan menjual karyanya.

Teknik

Ilmu teknik diimplementasikan sehari-hari untuk merancang serta mengembangkan infrastruktur, produk, dan sistem dengan skala yang besar. Perlu diketahui bahwa terdapat macam-macam jurusan kuliah di bidang teknik. Jurusan teknik sangat cocok untuk pelajar yang memiliki minat di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Jurusan yang bisa diambil dari bidang sipil dan bangunan adalah Arsitektur, Arsitektur Lanskap, Teknik Sipil, atau Perencanaan Wilayah dan Kota. Selanjutnya di bidang industri terdapat jurusan Teknik Fisika, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, dan masih banyak lagi. Tentu saja lulusan jurusan teknik memiliki peluang besar untuk berkarier di bidangnya masing-masing.

Masih banyak lagi macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu pertimbangkan, seperti Hukum, Ilmu Pengetahuan Murni, Ilmu-ilmu Sosial, Pariwisata, Pertanian, dan Peternakan. Jangan lupa untuk melakukan riset mendalam dan berdiskusi dengan orang terdekatmu sebelum memutuskan jurusan yang kamu akan pilih. Good luck!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.