Adverb of Manner: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaan

Sumber: freepik.com

Sumber: Book photo created by freepik – www.freepik.com

Pola penggunaan bahasa antara bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia banyak memiliki kesamaan. Sebagai contohnya, pola kalimat yang terdiri dari subjek, predikat/kata kerja, lalu objek dan berbagai macam kata keterangan. Dalam bahasa Inggris, keterangan kalimat ada banyak jenisnya. Salah satunya adalah adverb of manner yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Adverb adalah kata keterangan yang kita pakai untuk membuat kalimat menjadi utuh/lengkap. Ada beberapa jenis kata keterangan yang bisa kita jumpai di suatu kalimat bahasa Inggris: adverb of time (keterangan waktu), adverb of frequency (keterangan jumlah/kuantitas), dan adverb of manner (kata keterangan cara). Masing-masing kata keterangan ini memiliki fungsi yang berbeda.

Definisi Adverb of Manner

Saat kita menceritakan sesuatu kepada orang lain, seringkali kita menambahkan keterangan di belakang objek. Sebagai contoh: “Marni mengejar Doni dengan cepat.” Keterangan ‘dengan cepat‘ itulah yang kita sebut dengan Adverb of Manner. Kata keterangan ini menjelaskan bagaimana suatu hal terjadi. Jika merunut pada contoh, berarti frasa ‘dengan cepat‘ berfungsi menjelaskan bagaimana Marni melakukan pengejaran terhadap Doni.

Adverb of Manner sendiri secara bahasa dapat kita artikan sebagai kata keterangan yang menjelaskan bagaimana sesuatu dapat dilakukan atau bagaimana hal tertentu bisa terjadi, atau bisa kita sebut sebagai Keterangan Cara. Dalam bahasa Inggris, untuk mengubah suatu kata kerja atau kata sifat menjadi keterangan cara, maka yang bisa kita lakukan adalah menambahkan akhiran -ly pada kata kerja atau kata sifat tadi. Sebagai contoh: quickly, softly, slowly, happily, loudly.

Sumber: School photo created by freepik – www.freepik.com

Rumus dan Cara Penggunaan Adverb of Manner

Setiap grammar/struktur penyusunan kalimat harus kita gunakan dengan tepat supaya makna yang tersampaikan oleh kalimat yang kita tulis selaras dengan yang kita maksud. Begitu pula dengan penggunaan adverb of manner ini. Ada beberapa ketentuan yang harus kita perhatikan dan ikuti:

  1. Pertama, kita bisa meletakkannya sebelum verb (kata kerja) dan objek. Pola ini sering kita pakai saat ingin menekankan adverb tersebut, sehingga kata keterangan itu tidak kita berikan untuk sekedar menjadi tambahan saja, melainkan untuk menyempurnakan dan menguatkan makna yang tersampaikan oleh kalimat. Contoh: I gently rub that stray cat’s fur (Saya mengusap bulu kucing liar itu dengan lembut).
  2. Kedua, adverb of manner bisa kita letakkan sebelum preposisi/kata depan (misal: on, in, from, at, of). Tapi, jika ada preposisi sebelum objek, maka adverb of manner diletakkan setelah objek.
  3. Ketiga, adverb of manner bisa kita letakkan setelah intransitive verbs. Intransitive verbs adalah kata kerja yang tidak memerlukan objek di belakangnya, misal: fall, sleep, grow, dan lain-lain.
  4. Keempat, adverb of manner bisa kita letakkan di awal kalimat. Contoh: mysteriously, the blackcoated worker appeared from the dark (secara misterius, pekerja berjas hitam muncul dari kegelapan).
Sumber: photopathway.com

Contoh Kata Adverb of Manner

Penulisan adverb of manner sangatlah mudah. Sebagian besar adverb of manner adalah adjective (kata sifat) yang memiliki tambahan -ly di belakangnya. Namun, ada beberapa adverb of manner yang irregular, alias tidak membutuhkan tambahan -ly. Untuk adverb of manner yang irregular ini, kita bisa menghafalkannya karena jumlahnya lebih sedikit daripada adverb of manner yang regular, yakni yang membutuhkan tambahan -ly di belakangnya.

  1. Contoh regular adverb of manner (yang membutuhkan tambahan -ly): unexpectedly, rarely, amazingly, tidily, precisely, tenderly, beautifully, openly, gently, fluently, suddenly, poorly, wisely, impressively, humbly.

2. Contoh irregular adverb of manner (yang tidak membutuhkan tambahan -ly): fast, well, hard, late, wrong, straight, far.

Contoh Kalimat yang Menggunakan Adverb of Manner

  • We waited patiently for the school bus (Kita menunggu bus sekolah dengan sabar).
  • She can write her captions neatly (Dia bisa menulis caption-nya dengan rapi)
  • All teachers here always explain their lessons clearly in front of the class (Seluruh guru di sini selalu menjelaskan pelajaran mereka dengan jelas di depan kelas).
  • Our group delivered the presentation well enough (Kelompok kita menyampaikan presentasi dengan cukup baik).
  • The winner of the football league always practices hard (Pemenang liga sepak bola itu selalu berlatih dengan keras).

Jika kamu ingin melatih skill atau kemampuan dan memerlukan konsultasi lebih lanjut untuk kebutuhan Bahasa Inggrismu agar lebih oke, yuk konsultasi gratis melalui WA SUN English di 081-211-868-283 atau kunjungi website SUN English untuk mendapatkan berbagai info menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *