Apa Itu LPDP

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Hi scholarship seekers! Artikel ini akan membahas dengan detail tentang apa itu LPDP.

Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk program Magister dan PhD adalah program beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia. BPI dikelola oleh LPDP untuk membiayai pendidikan tinggi di institusi Indonesia atau luar negeri.

Ini melibatkan beasiswa penuh untuk program di universitas terkemuka. Pelamar yang ditargetkan untuk beasiswa BPI adalah warga negara Indonesia. Dengan syarat prestasi akademik yang sangat baik dan kualitas kepemimpinan yang kuat. Dengan motivasi untuk melanjutkan studi di tingkat Master atau lebih.

Beasiswa ini terbuka untuk warga negara Indonesia dengan prestasi akademik yang sangat baik dan kualitas kepemimpinan yang kuat. Pastinya juga ingin melanjutkan studi ke program magister atau doktor di universitas terkemuka, baik di bidang yang sama atau berbeda dari yang dipelajari sebelumnya.

Kandidat dapat mendaftar sepanjang tahun. Pengawas yang berhubungan dengan calon mahasiswa PhD Indonesia, dapat meminta dukungan dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Kedokteran supaya bisa memfasilitasi aplikasi kandidat untuk pendanaan LPDP.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung tersedianya sumber daya manusia di Indonesia yang terdidik dan berkualitas. Serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi serta memiliki visi masa depan bangsa yang sekuat pemimpin masa depan Indonesia. Komitmen LPDP diwujudkan melalui hal-hal berikut. Pemberian bantuan dana berupa beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program doktor pada Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun luar negeri bagi LPDP yang berkualitas.

Ini Tips Lolos Beasiswa LPDP 2022 dari Penerima Beasiswa
kampus.republika.co.id

Sejarah

Apa itu LPDP dan apa sejarah dibaliknya? Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan sebagai berikut. Sekurang-kurangnya dua puluh persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dialokasikan untuk fungsi pendidikan. Penerbitan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2010 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) Tahun 2010. Pemerintah Indonesia dan Dewan Perwakilan Rakyat sepakat bahwa sebagian dana yang dialokasikan untuk fungsi pendidikan dalam APBN-P digunakan sebagai Dana Pembangunan Pendidikan Nasional. Dana tersebut dikelola dalam bentuk dana abadi oleh Badan Layanan Umum (BLU).

Pada tahun 2011, Menkeu bersama Mendikbud menyepakati bahwa pengelolaan DPPN dan pemanfaatan hasil pengelolaan dana harus dilakukan oleh Kementerian Keuangan. Kelembagaan akan didukung oleh manajemen dan pegawai kedua kementerian tersebut.

Peraturan Menteri Keuangan mengatur tentang Organisasi dan Tata Kelola Dana Abadi Pendidikan Indonesia sebagai lembaga non eselon. Lembaga ini bertanggung jawab langsung kepada Menteri Keuangan dan diatur dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Dewan Pembina LPDP. Mereka terdiri dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Keuangan, dan Menteri Agama. Keputusan Menteri Keuangan (KMK) No. 18/KMK.05/2012 tanggal 30 Januari 2012 menetapkan LPDP sebagai lembaga pemerintah yang menerapkan pola keuangan Badan Layanan Umum secara nyata.

Untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana abadi pendidikan. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2019 tentang Dana Abadi Pendidikan. Kebijakan strategis dan arah wakaf pendidikan ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat LPDP yang terdiri dari sembilan menteri.

Pada akhir tahun 2021, LPDP diberi mandat untuk mengelola wakaf selain DPPN. Dana Wakaf Penelitian, Dana Wakaf Kebudayaan dan Dana Wakaf Pendidikan Tinggi. Hal ini terjadi diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2021 tentang Dana Wakaf Di Bidang Pendidikan. Dana abadi di bidang pendidikan dilaksanakan oleh LPDP. Tentunya dengan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Agama, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Arti dari Logo

Apa itu LPDP dan arti logonya? Kuncup bunga cempaka (Magnolia champaca) melambangkan keluwesan LPDP untuk berkembang sesuai dengan kebutuhan yang dinamis di era tertentu.

Aroma harum bunga cempaka melambangkan misi LPDP untuk mengharumkan nama bangsa dengan sumber daya manusia yang akan menjadi pemimpin bangsa.

Warna oranye dan kuning keemasan melambangkan semangat, kreativitas, dan dinamika. Selain itu, kedua warna tersebut mencerminkan komitmen LPDP dalam memberikan pelayanan dengan hati-hati

Visi dan Misi LPDP

Apa itu LPDP serta visi dan misinya?

Menjadi lembaga pengelola dana bertaraf internasional. Mereka mempersiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing dalam persaingan global dan mendorong inovasi untuk Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan berkeadilan.

Mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia melalui pendanaan pendidikan.

Mempromosikan penelitian strategis dan/atau penelitian inovatif, bernilai tambah, dan praktis melalui pendanaan penelitian.

Menjamin kelangsungan pendanaan pendidikan bagi generasi penerus melalui pengelolaan dana abadi pendidikan yang optimal.

Tujuan, Fokus, dan Program

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memperluas cakupan dana abadi pendidikan. Ada beberapa Beasiswa LPDP baru di tahun 2021 yaitu Kemendikbud dan LDPP meluncurkan program baru. Antara lain Kampus Merdeka, Program Dosen dan Tenaga Kependidikan, Program Guru. Tenaga Kependidikan, Program Vokasi, Program Prestasi dan Beasiswa Budaya juga termasuk kedalamnya. LPDP berkomitmen untuk menyiapkan pemimpin masa depan dan profesional serta Mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis dan berkeadilan. LPDP menyelenggarakan program beasiswa S2/S3 bagi putra-putri terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait.

The Indonesia Endowment Funds for Education mengarahkan upayanya untuk menciptakan pemimpin masa depan dari berbagai bidang. Pengelolaan dana abadi pendidikan menjamin keberlanjutan program pendidikan untuk generasi mendatang sebagai tanggung jawab antar generasi. Selain itu, LPDP mendukung perlunya rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam.

LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang, sehingga mendukung percepatan pembangunan negara. LPDP memprioritaskan bidang keahlian teknik, ilmu pengetahuan, pertanian, hukum, ekonomi, keuangan, kedokteran, agama, dan sosial budaya sebagai berikut.

Penerima LPDP Diminta Kembalikan Dana jika Kekeh Tak Pulang setelah  Diperingatkan
detik.com

Kebijakan Beasiswa LPDP Tahun 2022

LPDP berkomitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan melalui program beasiswa dan mendorong inovasi melalui pendanaan penelitian untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera, demokratis, dan maju. LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktoral bagi talenta terbaik Indonesia dan mendukung program beasiswa lain yang disediakan oleh Kementerian/Lembaga terkait.

Pendaftaran Beasiswa 2022

Daftar online di situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/

Lengkapi dan unggah semua dokumen yang diperlukan pada aplikasi pendaftaran

Pastikan untuk mengirimkan aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/registrasi.

Memastikan dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Sertifikat atau sejenisnya dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail mengenai dokumen dapat dilihat di booklet atau buku panduan untuk masing-masing program)

Ketentuan Kuliah

Seleksi Beasiswa Tahap 1 berlaku untuk perkuliahan paling lambat Agustus 2022

Seleksi Beasiswa Tahap 2 berlaku untuk perkuliahan paling lambat Januari 2023

Catatan

Unconditional LoA adalah surat resmi dari suatu perguruan tinggi yang menyatakan bahwa siswa telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut tanpa syarat apapun. Tapi tentunya akan ada syarat atau kebutuhan administrasi tambahan, seperti syarat sponsor dana, dokumen ijazah fisik dan transkrip nilai studi sebelumnya, dan/atau tambahan persyaratan yang tidak diperlukan. risiko perubahan status penerimaan seseorang sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju dan memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta masa studi, lama studi, awal studi dan/atau akhir dari belajar.

Tentang Sun English

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.