Apa Perbedaan She dan He?

Salah satu hal yang perlu kita ketahui sebagai language learner adalah tentang pronoun atau kata ganti. Mungkin, banyak dari kamu yang sudah sangat familiar dan memahami tentang kata ganti ini. Namun bagi pemula, membedakan kata ganti dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat bisa jadi hal yang masih membingungkan. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas kata ganti subjek, terutama apa perbedaan subjek she dan he, dan bagaimana menggunakan kata kerja yang sesuai dengan kata ganti orang tunggal.

Subject pronoun atau kata ganti subjek

Dalam bahasa Inggris, unsur utama penyusun suatu kalimat adalah subjek dan predikat. Subjek harus merupakan kata benda baik merujuk kepada kata benda hidup atau orang maupun kata benda mati. Sementara itu, predikat merupakan kata kerja yang menunjukkan aksi dari subjek. Subjek itu sendiri bisa berupa kata benda yang mempunyai nama dan juga bisa berbentuk kata ganti. Ada tujuh kata ganti subjek dalam bahasa Inggris, yaitu:

I (saya), You (kamu atau kalian), We (kita atau kami), They (mereka), She (dia perempuan), He (dia laki-laki), dan It (dia benda).

Mari kita lihat contoh penggunaan kata ganti subjek.

-Rania likes chocolate.

= She likes chocolate.

-The school is far from my home.

= It is far from my home.

-The girls will go camping next month.

= They will go camping next month.

Berdasarkan contoh di atas, kata ganti subjek ‘She’ menggantikan kata ‘Rania’. Begitu pula dengan kata ‘It’ yang menggantikan kata ‘the school’ dan ‘They’ untuk kata ‘The girls’.

Apa perbedaan she dan he

Secara garis besar, kata ganti bisa dibagi menjadi tiga macam, yaitu:

  • kata ganti orang pertama (yang berbicara), meliputi: I dan We.
  • kata ganti orang kedua (lawan bicara), yaitu: You
  • kata ganti orang ketiga (yang dibicarakan), meliputi: They, She, He, dan It.

Berbicara tentang kata ganti orang ketiga, kita bisa menggunakan ‘they’ untuk merujuk pada kata benda jamak, sementara ‘she,’ ‘he,’ dan ‘it’ bisa kita pakai untuk merujuk kata benda tunggal. Jika kata benda tunggal ini berupa nama orang, pilihlah she atau he. Dan jika kata bendanya berupa tumbuhan, binatang, atau benda mati, gunakanlah ‘it.’

Lalu, apa perbedaan she dan he?

Kata ganti ‘she’ bisa kamu pergunakan untuk gender perempuan atau feminin, dan kata ganti ‘he’ bisa kamu pakai untuk gender laki-laki atau maskulin. Terkadang untuk menyebut binatang peliharaan kesayangan, kita juga boleh memakai kata ganti she atau he.

Penggunaan kata kerja untuk orang tunggal

Setelah mengetahui perbedaan kata ganti subjek khususnya she dan he, kamu pun perlu memahami bagaimana penggunaan kata kerja yang tepat untuk kata ganti orang ketiga tunggal ini. Mari kita lihat contoh penerapan kata kerja dalam kalimat simple present, present continuous, dan present perfect.

Simple present (kalimat yang menyatakan keadaan, fakta, atau kebiasaan yang terjadi di masa kini)

Ann has long hair.

Dave swims every Friday and Sunday.

Present continuous (kalimat yang menyatakan kejadian yang sedang berlangsung saat ini)

She is making banana cake in the kitchen now.

He is swimming in the beach now.

Present perfect (kalimat yang menyatakan kejadian yang telah berlalu atau yang dimulai di waktu lampau dan masih berlanjut di masa kini)

She has taken the IELTS test three times.

He has lived in Sydney for seven years.

Supaya lebih lancar dalam menggunakan kata kerja yang tepat untuk subjek she dan he, kamu perlu berlatih baik dalam tulisan atau secara lisan. Mintalah teman atau gurumu untuk mengoreksi kalimat-kalimat yang kamu buat. Selamat berlatih, ya!


Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.