Apa sih jawaban dari how are you selain I’m fine, thank you. And you?’

Sumber: thoughtco.com

Rasanya tak jarang kita bingung memilih jawaban dari how are you ketika mengobrol dengan penutur asing di media sosial maupun bertemu langsung. Adakah cara lain untuk menjawab? Apa lebih baik menggunakan bentuk kata yang itu-itu saja karena takut salah pakai? Not at all! Sejatinya, interaksi sosial merupakan satu gerbang awal kita untuk mengenal dan berkomunikasi dua arah dengan orang lain yang memiliki beragam karakter dan latar belakang. Apalagi di era sekarang, hampir semua kalangan dituntut untuk bisa menambah relasi yang baik mulai dari keluarga, teman lama, kolega hingga mereka yang baru saja ditemui.

Berbicara Bahasa Inggris tentunya bukan lagi hal asing yang dihadapi oleh generasi millennial maupun gen-z. Kita kerap terlibat dalam situasi yang memaksa kita untuk mengenal beberapa istilah dan kosakata Bahasa Inggris pada umumnya seperti greetings atau perkenalan, basa-basi antar teman, hingga kebutuhan bisnis dan pendidikan. Faktanya, beberapa media pun sering kali menyisipkan istilah-istilah asing yang familiar untuk memudahkan mereka dalam berekspresi di dalam konten mereka, sehingga terkadang kita pun lupa arti sesungguhnya di dalam Bahasa Indonesia.

Mayoritas jawaban dari how are you yang sering kita baca di buku-buku dasar terkadang terlihat kaku, membosankan dan diulang-ulang. Seperti di sekolah, misalnya, kamu tentunya beberapa kali menjumpai bentuk jawaban ‘I’m fine, thank you. AND YOU?. Padahal, saat berkomunikasi dengan lawan bicara yang baru dikenal secara digital maupun pertemuan langsung, kamu bebas berekspresi dengan memberikan kesan baik dan menyenangkan seperti halnya ketika bertemu rekan atau teman lama saat memberi kabar maupun basa-basi. Untuk itu, sangat penting bagi kamu untuk menambah beberapa kosakata atau respon berbeda jika berada dalam situasi pertanyaan yang serupa.

Baca Juga : Membedakan Kalimat Aktif dan Pasif dalam Bahasa Inggris

Sumber: idiva.com

Berikut ini adalah berbagai variasi jawaban dengan respon positif yang bisa kamu andalkan dalam percakapan sehari hari atau non formal agar mendapat flow berbincang yang menarik, ringan dan casual.

1. I’m feeling great!

Dilihat dari bentuk kalimat dengan penggunaan kata great yang berarti ‘jumlah yang besar atau melebihi rata-rata’ dimana kalimat ini secara langsung menggambarkan bahwa kamu dalam perasaan yang sangat baik dan menyenangkan.

2. I’m doing really well.

Tidak jauh berbeda dengan makna jawaban pertama, kalimat ini dimaknai sebagai respon bahwa kamu baik-baik saja dan belum memiliki masalah yang mengganggu hari-harimu. Semoga tidak ya!

3. Very well! Thank’s.

Ini adalah variasi lain dari poin jawaban ke-2 namun dengan menyisipkan kalimat ‘terima kasih’ di bagian akhir. Tentu saja ini akan memberikan kesan tambahan dan tanda bahwa kamu cukup berterima kasih terhadap lawan bicara yang bertanya tentang keadaanmu pada saat itu.

4. Same as always.

Jika kamu memutuskan menanggapi obrolan dengan arti ‘sama seperti biasanya’, itu terbilang cukup ringan namun bisa memiliki dua arti, lho. Jawaban dengan kalimat seperti ini lebih mengarah ke kondisi kamu dari sebelumnya hingga saat bertemu (dalam konteks jangka panjang maupun sedang): Apakah kehidupan kamu akhir-akhir ini menyenangkan atau sedang tidak baik?

5. So far, so good!

Kamu bisa memilih kalimat ini jika ingin memberitahu respon baik dengan penilaian kamu terhadap dirimu sejauh ini. Cukup serupa dengan ‘Same as always’ namun dengan konteks yang lebih positif.

Baca Juga : Jangan salah memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris! Baca ini dulu

6. Never better.

Jangan salah paham dulu ya! Umumnya, jenis tanggapan ini masih berarti baik-baik saja, kok. ‘Never better’’ adalah bentuk yang lebih singkat dari kalimat “I have never been better than now”, yang berarti hidup kamu tidak pernah lebih baik daripada apa yang kamu rasakan sekarang, atau, ‘This is the best part of my life!’  Kamu benar-benar sedang berada di masa terbaik yang kamu miliki. 

Untuk situasi tertentu mungkin saja kamu tidak akan selalu menjawab pertanyaan dengan respon positif jika faktanya kamu tidak dalam kondisi atau perasaan yang baik-baik saja. Berikut adalah jawaban yang bisa kamu pakai untuk menyatakan jawaban dari how are you dengan respon negatif:

Sumber:cambridge.org

1. I’m not feeling well.

Sesuai artinya, kondisi kamu pada saat itu sedang tidak membaik. Hal ini bisa berkaitan dengan kesehatan pikiran seperti mood atau suasana hati dan bisa juga dari faktor kesehatan kamu kala itu.

2. I don’t feel so good.

Kalimat ini tidak jauh berbeda dari respon sebelumnya hanya dengan kosakata dan bentuk pola kalimat yang berbeda dengan makna ‘Saya tidak merasa baik.’

3. I’m not okay.

Ini merupakan bentuk yang sangat sering kita temukan di beberapa platform ketika siapapun sedang mendeskripsikan langsung tentang kondisi mereka yang tidak oke. That is normal dan sah-sah saja untuk dirasakan oleh siapapun!

4. I’m not in a good condition.

Masih dengan arti kalimat yang sama, kamu juga manusia yang membutuhkan dukungan terutama di saat-saat terburuk. Just say what you feel!  Begitu penting untuk jujur dengan rasa sakit atau tidak nyaman kamu dan menceritakannya kepada  orang-orang yang terdekat seperti teman baik kamu, kerabat, keluarga, dan lain lain.

5. I am under the weather

Adapun cara lain untuk menandakan bahwa kamu sedang sakit atau kurang sehat adalah dengan tanggapan seperti ini dimana definisinya serupa dengan “I’m sick”, “I’m tired” atau “I’m a bit ill.”

6. I’m feeling blue.

Apakah kamu pernah merasa biru? Tetapi bukan karena cedera atau memar ya! Definisi kata akan sangat berbeda ketika kamu membalas sapaan kabar seseorang dengan dengan I’m feeling blue yang berarti kamu sedang bersedih dengan emosi yang tak menentu. Ada beberapa opini menarik tentang penggunaan kata ‘blue’, salah satunya mitologi Yunani yang dikaitkan dengan warna hujan. Menurut mereka, saat dewa Zeus marah, ia akan menciptakan badai tetapi kapan pun ia sedih atau menangis, dia akan membuat hujan turun. Sejumlah pendapat lain dengan alasan berbeda pun mengaitkan warna biru sebagai warna dari air mata.

Baca Juga : Tips Belajar Speaking Bahasa Inggris

Menariknya, selain jawaban-jawaban casual atau nonformal yang sudah kamu baca tadi, berikut adalah referensi lain untuk variasi jawaban dari how are you dengan menyisipkan humor yang bisa kamu coba ke teman-teman terdekatmu. Respon positif:

Sumber:stylecraze.com 

  1. I am alive! (Aku hidup!)
  2. Surviving, I guess. (Sedang bertahan hidup, kurasa.)
  3. Better than some, not as good as others. (Lebih baik dari beberapa orang, tidak sebaik seperti orang lain.)
  4. I’m vertical and breathing. (Aku masih berdiri dan bernapas).
  5. I’d say I’m a 10 out of 10. (Dapat kubilang bahwa aku berada pada skor 10 dari 10)

Selanjutnya, beberapa kalimat di bawah ini adalah jawaban negatif dengan menyisipkan jokes yang cukup relatable dalam keseharianmu bersama orang terdekat:

  1. I was fine until you asked. (Aku baik-baik saja sebelum pada akhirnya kamu bertanya.)
  2. Overworked and underpaid. (Bekerja berat dengan bayaran rendah.)
  3. Not so well, does that bother you? (Tak terlalu baik. Apa itu mengganggumu?)
  4. If I were any better, I’d be illegal. (Jika aku lebih baik, aku akan menjadi ilegal.)
  5. My lawyer says I don’t have to answer that question. (Pengacaraku berpesan kalau aku tak perlu merespon pertanyaan itu.)

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Sumber: gla.americansforprosperityfoundation.org

Comments are closed.