Apa Sih Perbedaan Man dan Men?

www.google.com

Pembukaan

Hay Sunners!. Bagaimana kabarnya hari ini?. Mungkin ada beberapa dari kita yang masih bingung membedakan antara man dan men ketika membuat kalimat. Pada dasarnya man dan men masuk ke dalam part of speech noun atau kata benda. Ngomongin kata benda atau noun, kata ini mempunya 12 jenis, nah man dan men termasuk ke dalam singular dan plural noun.

Singular dan Plural Noun

Seperti yang kita ketahui singular noun biasanya diawali dengan kata depan a/an seperti kata a man. Sedangkan plural noun ditambahkan dengan s/es. Tetapi, dalam kata men, mengalami pengecualian. Bentuk plural man tidak menjadi mans, namun berubah ejaan yaitu men. Untuk lebih detailnya kita bisa lihat dari penjelasan berikut beserta contoh-contohnya dalam kalimat.

Man

www.google.com

Man merupakan salah satu kata benda yang kita gunakan untuk menyebut laki-laki dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan jenisnya Man termasuk ke dalam jenis kata benda tunggal atau singular noun. Jika mau menyebut laki-laki dewasa tunggal, kita bisa menggunakan man bukan men. Sedangkan pronouns yang bisa kita pakai untuk mengganti kata man yaitu he dan him. Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat cara menggunakannya di kalimat-kalimat berikut.

There is a stranger man standing in front of my car. (Ada pria asing sedang berdiri di depan mobilku.)
Tom has transformed to be a wise man.(Tom sudah berubah menjadi pria yang bijak)
I still remember the man who met me yesterday in the park. He looks handsome.(Saya masih ingat pria yang saya temui kemarin di taman. Dia begitu tampan)
I want you to meet my older brother. He is a good man. (Saya ingin kamu bertemu kakak saya. Dia pria yang baik)
Tom Cruise is a favorite man for many women. (Tom Cruise adalah pria yang banyak wanita favoritkan)
Mr Tom is a nice man. He is always willing to help people around. (Mr Tom adalah pria yang baik. Dia selalu bersedia membantu orang-orang disekelilingnya)
A man I am looking for is like my father. (Seorang pria yang saya cari yaitu seperti ayah saya.)

Men

www.google.com

Setelah kita membahas perbedaan man, kita bisa mengetahui secara detail gambaran cara menggunakannya. Sekarang kita mencoba mengenal lebih dalam mengenai cara menggunakan kata men. Men merupakan kata benda jamak atau plural noun yang merujuk ke lebih dari satu orang, dan itu berarti Men merujuk ke banyak pria, dan pronouns yang kita gunakan yaitu they dan them.

There are some men watching me. (Ada beberapa pria yang melihat saya.)
Are all men allowed to join in this event? (Apakah semua laki-laki diizinkan gabung diacara ini?)
All men are expected to be good fathers in their family. (Semua laki-laki diharapkan bisa menjadi ayah yang baik di keluarganya)
Not all men can understand what women are thinking about. (Tidak semua laki-laki bisa mengerti apa yang sedang wanita pikirkan)
There is a group of men gathering in front of my uncle’s house. It makes me curious. (Ada sekelompok laki-laki berkumpul di depan rumah paman saya. Hal itu membuatku penasaran)
I always feel reluctant to pass a group of men along the street. (saya selalu enggan melewati sekelompok pria di sepanjang jalan)
In that event the room for men and women is separated (Di acara itu ruangan untuk para pria dan wanita dipisah)
There are two special rooms provided for men and women who become special guests in this event. (Ada dua ruang khusus untuk para pria dan wanita yang menjadi tamu special di acara ini.)
I always think about why most men look more handsome after they have just had their hair cut. (Saya selalu berfikir mengapa kebanyakan laki-laki terlihat lebih tampan setelah mereka baru memotong rambutnya).
Some men in my office are from abroad. (Beberapa pria di kantor saya berasal dari luar negeri).

Itulah penjelasan beserta contoh mengenai perbedaan penggunaan man dan men.

Penutup

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.