Ayo Simak Beberapa Cara Mengukur Level Kemampuan Bahasa Inggris Kamu

level kemampuan Bahasa Inggris

Menentukan tingkat atau level kemampuan Bahasa Inggris tentu tidak mudah bagi sebagian orang, khususnya bagi kita yang masih dalam tahap memahirkan skill berbahasa Inggris. Terkadang, kita menganggap belajar bahasa cukup dengan mengasah keterampilan mendengar dan berbicara dengan orang asing maupun lokal dengan percaya diri. Bahkan sebagian orang pula berpendapat bahwa pemahaman yang perlu mereka kuasai adalah saat mereka bisa lebih banyak menghafal kosakata dan arti tiap kata yang berbeda.

Apakah kamu masih belum tahu seberapa jauh kompetensi yang kamu miliki sekarang? Sebab hal ini adalah yang penting bagi kamu untuk memahami sejauh mana kecakapan berbahasa yang kamu miliki dan apa saja kekurangan yang perlu kamu perbaiki.

Mengenal Level CEFR

level kemampuan Bahasa Inggris
dreamstime.com

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengukur level kemampuan Bahasa Inggris setiap orang saat belajar bahasa? Kami mengutip dari laman Cambridge Assessment English bahwa CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) adalah sebuah sistem standar yang banyak pengajar dan para ahli pakai di seluruh dunia untuk menentukan kecakapan berbahasa. Meskipun kepanjangan dari nama sistem ini berisikan kata “Eropa”, namun aturan dalam mengklasifikasikan level ini bukan berarti hanya untuk di benua Eropa saja, lho.

Council of Europe (Majelis Eropa dalam Bahasa Indonesia) pada tahun 2001 menyusun semua level di dalam CEFR dengan tujuan untuk menentukan seberapa jauh skill berbahasa oleh seluruh native di dunia. Namun pada artikel ini, kita akan fokus pada standar CEFR yang lembaga tersebut terapkan di dalam Bahasa Inggris agar kamu bisa memahami level kamu dengan baik.

Dari situs resmi Council of Europe, test CEFR akan mengatur kemahiran bahasa dalam enam tingkat, mulai dari A1 hingga C2, yang mereka kelompokkan kembali menjadi tiga tingkat besar: Basic User (Pengguna Dasar), Independent User (Pengguna Independen/Mandiri), dan Proficient User (Pengguna Mahir). Ketiga level fundamental ini dapat terbagi lagi sesuai dengan kebutuhan konteks bahasa lokal.

Deskriptor dan Tingkat CEFR

ukur level Bahasa Inggris
coe.int

Di sini kami sajikan tabel deskriptor dan penjelasan level kemampuan Bahasa Inggris oleh Council of Europe untuk memudahkan pengguna dalam mempelajari tiap tingkatannya

level cefr Bahasa Inggris
sunenglish.co.id

Cara Meningkat Level Kemampuan Bahasa Inggris

tingkat kemampuan Bahasa Inggris
gorodvo.ru

1. Practice Makes Perfect

Kamu bisa melatih berbagai macam keahlian seperti mendengar, membaca, menulis, dan berbicara secara mandiri maupun bersama teman. Tentu saja bukan berarti kamu harus mengasahnya sekaligus dalam satu waktu. Adapun salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan membagi menu latihan menjadi 2-2, yaitu speaking-listening dan reading-writing. Sehingga kamu akan lebih fokus untuk mengembangkan masing-masing skill dengan korelasi yang cukup seimbang.

2. Berdiskusi Dengan Teman

Berbagi ilmu yang bermanfaat itu sangat membantu perkembangan satu sama lain, lho. Selain saling memberikan feedback dan saran yang membangun, kamu juga dapat menambah pengetahuan baru dan pemahaman yang berbeda dari sudut pandang orang lain. Jadi, kamu pun akan lebih banyak mengetahui ragam materi Bahasa Inggris yang sudah kamu pelajari sebelumnya dengan cara lain. 

Cara Lain Yang Bisa Kamu Lakukan

3. Melibatkan Diri Dalam Situasi Berbahasa Inggris

Metode ini cukup mirip dengan point pertama yaitu berlatih secara reguler, namun ini bisa kamu terapkan saat kamu dengan mengisi waktu bersantai maupun saat kamu menikmati hiburan favorit kamu. Misalnya saja dengan mulai mengganti seluruh input bahasa pada device atau gadget yang kamu punya dengan Bahasa Inggris. Dapat pula dengan mengganti subtitle maupun audio saat kamu menonton film di platform tertentu.

4. Mengikuti Klub atau Kelas Bahasa

Dalam memahami Bahasa Inggris secara teori, kelas bahasa bisa menjadi pilihan jitu kalau kamu ingin mendapatkan lebih banyak feedback dan arahan yang tepat dari para pembimbing profesional. Sehingga, menu belajar kamu akan lebih terarah dan fokus serta kamu akan lebih memahami kekurangan dan kelebihan selama proses belajar kamu nanti.

level Bahasa Inggris
freevector.com

Itulah beberapa penjelasan singkat level kemampuan Bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui. Kamu dapat menemukan informasi lengkap belajar Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *