Bagaimana menggunakan kalimat zero conditional

Menguasai tata Bahasa (GRAMMAR) bahasa asing apa pun bukan berarti menjadi hal yang menakutkan. Belajar grammar sama dengan memahami tentang struktur linguistik, rencana pembelajaran bahasa yang baik, dan teliti. Jadi, jika kamu kesulitan memahami konsep zero conditional dalam bahasa Inggris, kamu engga sendirian kok!

Tapi jangan panik! Panduan mudah ini akan menjelaskan apa itu zero conditional dan menyajikan contoh zero conditional dalam konteks.

tapi apa itu conditional tense?

Sebelum kamu belajar apa itu zero conditional, kamu harus terlebih dahulu mengenal conditional tense itu sendiri. Dalam bahasa Inggris, conditional tense digunakan untuk menyatakan apa yang bisa, mungkin, atau akan terjadi JIKA suatu tindakan terjadi atau telah terjadi.

Misalnya, ibu sering berkata, “Kamu bisa bermain di luar JIKA kamu makan sisa sayuranmu.” Dalam situasi ini, sesuatu mungkin terjadi (yaitu, “kamu bisa bermain di luar”) JIKA tindakan tertentu terjadi (yaitu, “kamu makan sisa sayuran Anda”).

Secara keseluruhan, ada lima jenis utama dari conditional sentence: zero conditional, first conditional, second conditional, third conditional, dan mixed conditional. Namun, artikel ini akan membantu kamu memahami struktur bersyarat nol sebelum kamu belajar jenis yang lain.

Penggunaan & arti

Kalimat zero conditional digunakan untuk menjelaskan kebenaran umum. Ini termasuk realitas pribadi dan fakta ilmiah. Misalnya, kalimat “Jika aku makan terlalu banyak permen, aku merasa mual” menggambarkan suatu peristiwa yang biasanya menghasilkan hasil yang sama untuk individu tertentu.

Demikian juga, kalimat “Beruang coklat menyerang jika mereka merasa terancam” mewakili fakta permanen tentang dunia di sekitar kamu.

Struktur

Ada beberapa aturan yang harus diikuti ketika membuat kalimat zero conditional, yang diuraikan di bawah ini:

Klausa – Jenis kalimat ini selalu terdiri dari “klausa if” dan “klausa utama”. Klausa if adalah peristiwa yang mungkin terjadi, sedangkan klausa utama adalah tindakan yang memang terjadi.

“If clause”+“Main clause”
If you stand in the rain,+You get wet
Event that might happen+Action that does occur

Tense – Kedua klausa dalam kalimat zero conditional ditulis dalam simple present tense, yang, secara logis, digunakan untuk menggambarkan fakta umum yang diketahui dan tindakan berulang yang terjadi secara teratur (misalnya, “The bus to New York departs every half hour”).

Urutan – kamu sering dapat mengganti urutan “if clause” dan “main clause” tanpa mengubah arti kalimat, tetapi pastikan subjek kalimat jelas. Perhatikan juga bahwa ketika “klausa if” didahulukan, kamu harus meletakkan koma di antara klausa tersebut dan “klausa utama”. Ketika “klausa utama” muncul lebih dulu, koma tidak diperlukan.

“if clause”+“main clause”
If you stand in the rain+You get wet
“main clause”+“If clause”
You get wet+If you stand in the rain

Catatan: jangan menulis “Mereka mendapat es krim jika anak-anak mendapat nilai bagus” karena subjeknya ambigu – tidak jelas siapa “mereka”. Oleh karena itu, kamu harus selalu menentukan siapa subjek kalimat di klausa pertama, terlepas dari klausa mana yang kamu tempatkan terlebih dahulu contoh: “Anak-anak mendapatkan es krim jika mereka mendapat nilai bagus”. Selanjutnya, kata If” vs “When” dalam kalimat zero conditional, kata “if” biasanya dapat diganti dengan kata “when” tanpa mengubah arti kalimat.

“if clause”+“main clause”
When you stand in the rain+You get wet

contoh lebih banyak kalimat zero conditional

Lihatlah berbagai variasi kalimat zero conditional yang mengikuti panduan yang ditunjukkan di atas

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar ne geri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.