Beberapa Metode Belajar Bahasa Inggris Mandiri, ada yang pernah kamu coba?

source: Google

Belajar bahasa Inggris kini jadi kegiatan wajib buat menambah kemampuan bahasa asing. Terutama buat siswa, mahasiswa, dan pelamar kerja yang akan bersaing di aspek kompetensi berbahasa. Penguasaan bahasa Inggris sekarang juga sering jadi syarat dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Selain terbukanya jalan untuk jenjang karir yang cemerlang, kamu juga akan mendapat peluang study di berbagai perguruan tinggi terkemuka Indonesia maupun dunia. But, the problem is.. Kamu nggak bisa terikat jadwal dengan mengikuti kursus/les? Atau kamu ingin mencoba belajar sendiri untuk menghemat budget? Nggak masalah kok! Artikel ini akan membahas bagaimana cara belajar belajar bahasa Inggris secara otodidak dan gratis yang mungkin cocok untukmu. Baca sampai habis ya!

Source: Google

Ragam cara belajar Bahasa Inggris otodidak

  1. Pilih topik materi Bahasa Inggris sendiri.  Salah satu hal yang membuat seseorang bahagia adalah melakukan sesuatu yang mereka sukai. Yes! Sama halnya dengan belajar bahasa yang satu ini. Kamu bisa memulainya dengan memilih topik apa yang kamu suka untuk dipelajari. Misal, kamu adalah orang yang antusias dengan topik self development, maka kamu dapat mempelajari berbagai kosakata bahasa Inggris terkait self development. Biasanya, memulai sesuatu dari yang kita sukai akan menumbuhkan mood dan awal yang baik. Setuju?
  1. Belajar kata dasar dengan memberi label ke benda-benda di sekitar kita.  Ini bisa dilakukan untuk melatih memori kosa kata bahasa Inggris lho.  Kita bisa menggunakan post it warna-warni untuk memberikan label ke benda yang ada di kamar, misal ‘meja’ dengan table, ‘lampu’ dengan lamp, ‘lemari’ dengan cupboard, ‘cermin’ dengan mirror.
  2. Mencari bacaan yang menarik minat kamu dalam bahasa Inggris.  Saat ini ada banyak genre novel atau komik dalam bahasa Inggris; dari yang paling simple atau standar sampai yang paling advanced dengan topik-topik yang bisa kamu pilih.  Medianya pun bisa kamu pilih, mau yg versi e-book pdf atau buku fisik.  Nah, ketika mendapat vocab yang sulit, kamu bisa cek artinya di kamus bahasa Inggris dan mencatatnya di note book yang sudah kamu siapkan.
  3. Suka musik? Every one does.  Kamu bisa belajar listening bahasa Inggris dengan mendengarkan musik favorit.  Eits.. tapi jangan hanya dengerin lho..  Kamu bisa sambil menulis ulang lirik lagunya.  As to make it more enjoyable, lakukan dengan teman atau kakak-adik kamu.  Kalian bisa menghitung berapa kali harus mengulang lagu sampai lengkap semua liriknya, then bandingkan siapa yang paling cepat selesai dan akurat dalam penulisan lirik lagunya ?
  4. Menonton podcast dan film dalam bahasa Inggris.  Sejak pandemi ada banyak podcast bermunculan dengan berbagai tema.  Dari topik yang ringan dan santai seperti entertainment hingga topik berat seperti membahas ekonomi dan politik.  Kamu tinggal pilih dan simak hingga akhir, lalu tulis ringkasan dari podcast tersebut.  Setelah itu kamu harus cek ulang untuk penggunaan kosa kata dan grammar nya, apakah sudah sesuai atau belum. Untuk film, sebisa mungkin tanpa subtitlte yaa… disini kamu dilatih untuk mendengar percakapan dan pelafalan kata-kata bahasa Inggris dengan benar.  Setelah itu sama seperti podcast, kamu menulis sinopsis film tersebut dalam bahasa Inggris.  

Source: Google   

Belajar bahasa Inggris sendiri membutuhkan kamu untuk tidak malu belajar kapan saja dan di mana saja. Temukan orang di sekitar yang nyaman dengan dirimu yang sedang belajar, terlebih jika mereka dengan senang hati membantumu lewat latihan berbicara bahasa Inggris atau rekomendasi lagu, film, dan buku.

Gimana teman-teman SUNners, belajar bahasa Inggris otodidak ternyata seru juga kan ya? Cara mana yang paling kamu suka?

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.