7 Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Wajib Kamu Pahami

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System, sementara TOEFL adalah singkatan dari Testing of English as Foreign Language. Kedua tes ini sama-sama digunakan jika kamu ingin kuliah ke luar negeri, untuk memastikan kamu dapat mengikuti pelajaran dan terlibat aktif dalam perkuliahan. Namun tahukah kamu Beda IELTS dan TOEFL, walaupun sama-sama tes untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris, namun keduanya memiliki perbedaan loh! Berikut adalah beberapa perbedaan nya.

1. Bahasa Inggris yang digunakan

Di dunia, terdapat beberapa jenis Bahasa Inggris yang digunakan, salah satunya yang paling umum diketahui adalah Bahasa Inggris Amerika dan Bahasa Inggris British. Tes TOEFL sendiri menggunakan Bahasa Inggris Amerika, sementara tes IELTS menggunakan Bahasa Inggris British. Mengapa perlu memperhatikan jenis Bahasa Inggris yang digunakan? Karena terdapat beberapa perbedaan, idiom, logat, serta ejaan. Sebaiknya, sebelum mengambil tes, pastikan pula tes apa yang kamu butuhkan ya!

2. Biaya Tes dan Test Centre 

Untuk mengambil tes TOEFL, kamu perlu menyiapkan uang sejumlah $175, sementara untuk tes IELTS,  $195 adalah besaran uang yang perlu kamu siapkan. Kamu dapat mengambil TOEFL di ETS Indonesia, sementara kamu dapat mengambil tes IELTS di IDP, IALF, ataupun di British Council.

Baca Juga : Perbedaan TOEFL ITP dan iBT yang Penting Kamu Ketahui !

Sumber: campuspedia

3. Format Penilaian Tes

Terdapat perbedaan penilaian dalam kedua tes ini. Untuk tes TOEFL, nilai akumulasi maksimal yang akan kamu dapatkan adalah 120. Sementara nilai untuk setiap section nya, yang meliputi listening, reading, speaking, and writing adalah 30. Untuk tes IELTS, nilai tertinggi yang akan kamu dapatkan adalah 9.0. Nilai maksimal ini berlaku sama untuk setiap section nya. Hal ini berarti, nilai setiap section akan di akumulasikan, kemudian dibagi 4 (sesuai dengan jumlah section nya), menghasilkan nilai 9.0 sebagai angka tertinggi. 

4. Reading Section pada setiap tes

Beda IELTS dan TOEFL selanjutnya terletak pada format toefl reading test. Dalam TOEFL prediction, kamu akan mendapatkan sekitar 3 sampai 5 teks bacaan, yang di setiap teks bacaan terdapat beberapa soal. Sementara untuk IELTS, kamu akan mendapatkan total 40 pertanyaan untuk Reading Section yang pertanyaan tersebut di bagi kedalam 3 teks bacaan yang berbeda. Pertanyaan nya meliputi pilihan ganda, summary completion, sampai dengan form completion. Oh ya, karena terdapat beragam tipe soal, maka ada baiknya kamu perhatikan setiap direction untuk soal-soalnya.

Sumber: suneducationgroup.com

5. Speaking Section 

Yang berbeda bukan hanya reading section  loh! Pada speaking section, terdapat beberapa perbedaan juga. Pada tes TOEFL, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan pendek oleh software di perangkat komputer, dan komputer tersebut juga akan merekam jawabanmu untuk nanti dinilai oleh tim penilai. Pertanyaan pada tes TOEFL meliputi independent task, dan integrated task. Sementara untuk IELTS, kamu akan diberikan beberapa pertanyaan yang terbagi kedalam 3 bagian dengan berbagai topik, seperti health, education, sampai dengan media. 

Baca Juga : Beragam Jenis TOEFL untuk Melamar Kerja

Sumber: britishcouncilfoundation.id

6. Writing Section

Sementara untuk bagian writing, Beda IELTS dan TOEFL secara teknis adalah. Pada tes TOEFL terdapat 2 bagian writing. Pada bagian pertama, kamu harus menulis esai yang terdiri dari 300 sampai 350 kata untuk sebuah topik yang sudah ditentukan. Sementara bagian tes kedua, kamu diminta untuk menulis berdasarkan apa yang kamu dengar pada sebuah audio. Sementara untuk IELTS, sama seperti TOEFL, terdapat 2 bagian. Pada bagian pertama, kamu diharuskan menulis sebuah report untuk diagram. Report tersebut berisi minimal 150 kata. Sedangkan untuk bagian ke 2, kamu akan diberikan sebuah topik dan diminta untuk menuliskan sebuah esai sebagai respons terhadap topik tersebut. Jumlah kata minimal yang harus kamu tulis adalah 250 kata.

7. Listening Section

Perbedaan terakhir antara TOEFL dan IELTS terletak pada bagian listening. Pada TOEFL, kamu akan mendengarkan dialog dan perkuliahan singkat dengan total waktu sekitar 40 sampai 60 menit. Oh ya, kamu juga dapat mencatat hal-hal penting yang dapat membantumu menjawab pertanyaan nantinya. Sedangkan pada tes IELTS, kamu akan mendengarkan dialog dan perkuliahan singkat dengan total waktu sekitar 30 menit. Kemudian, kamu akan diberikan waktu 10 menit untuk memindahkan jawaban kamu dari spare paper ke lembar jawaban.


Setelah mengetahui perbedaan tes TOEFL dan IELTS, apakah kamu sudah siap untuk mengambil tes nya? Kamu dapat menghubungi SUN English terdekat melalui chat WA ke 081211868283 untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut seputar TOEFL dan IELTS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *