Cara dan Contoh Introduce Myself dalam Bahasa Inggris

Salah satu hal mendasar yang perlu kita kuasai ketika belajar berkomunikasi dalam bahasa Inggris adalah memperkenalkan diri (introduce myself). Meski terlihat sepele, namun ternyata cukup membingungkan bagi pelajar pemula jika belum menyiapkan terlebih dahulu. Hal penting yang perlu diingat dalam mempersiapkannya adalah konteks. Selain itu, tempat dan situasi umum di mana kita kemungkinan besar akan memperkenalkan diri juga penting.

So, kali ini kita akan membahas beberapa template sebagai contoh introduce myself dalam Bahasa Inggris. Pembahasan ini akan mencakup cara memperkenalkan diri (introduce myself) di kelas, dalam situasi santai (casual), dalam rapat di tempat kerja, serta dalam wawancara.

Pentingnya Sebuah Konteks

Pertama, sebelum mempersiapkan kata-kata untuk memperkenalkan diri, penting bagi kamu untuk memahami konteks terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dengan menanyakan pada diri sendiri tentang siapa yang akan kamu ajak bicara. Berbeda lawan bicara, maka berbeda juga vocab atau nada yang kamu gunakan. Misalnya, ucapan seperti, “Hey there! How’s it going?” mungkin akan terdengar ramah atau akrab kepada teman, namun akan terdengar aneh dan tidak sesuai untuk dikatakan pada atasan atau rekan kerja.

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa contoh introduce myself dalam beberapa situasi berikut.

Contoh Introduce Myself di Kelas

contoh introduce myself
source: pngegg.com

Salah satu situasi yang sangat familiar bagi kamu yang masih sekolah atau sedang kuliah adalah mengenalkan diri di dalam kelas. Tentunya, kamu cukup memperkenalkan diri di kelas dengan singkat dan menarik. Kamu juga tidak perlu memberikan informasi yang terlalu rinci. Misalnya, kamu cukup memberikan informasi tentang:

  • Nama lengkap (jika berbeda dengan nama panggilan);
  • Tempat asal atau tempat kelahiran dan domisili saat ini;
  • Hal-hal yang menarik tentang kamu, misalnya sesuatu yang kamu sukai atau sesuatu yang menarik minatmu;
  • Hobi saat ini atau di masa lalu. Atau, kamu juga bisa menyebutkan tentang sesuatu yang sangat ingin kamu coba;
  • Kalau kamu mengambil kelas karena pilihan, kamu bisa sebutkan alasanmu memutuskan untuk mengambilnya.

Contoh:

“Hi! I’m Alexandra, but people here call me Alex. I grew up in Jakarta and lived there most of my life before moving to Makassar. I speak Bahasa Indonesia, Mandarin, and English a little bit because I’m still learning. My hobby is watching movies and I stream on Netflix almost every day. I’ve always wanted to improve my English. So now that I have the time, I’ve finally signed up for this class.”

Atau, kamu juga bisa mencoba contoh ini:

“My name’s Alex and I’m from Makassar. But I was born in Jakarta. I work as an engineer, and I don’t have much time for hobbies these days because there’s a lot going on right now. But in the future, I’d like to try painting. I’m taking this class because I want to improve my speaking in English.”

Contoh Introduce Myself dalam Situasi Santai (Casual)

contoh introduce myself
source: pngegg.com

Dalam situasi kasual, percakapan spontan memang akan terdengar natural. Namun tetap saja, tanpa persiapan, kamu mungkin akan canggung atau bahkan bingung harus berkata apa. So, buatlah perkenalanmu singkat dan ringan, tapi juga memberi ruang untuk lawan bicaramu mengajukan pertanyaan lanjutan.

Ketika ingin menyapa, kamu bisa mulai dengan: “Hey there,” “Morning!” atau “What’s up?”

Berikut contoh lainnya:

  • Morning! I don’t think we’ve met before, I’m Alex.
  • Hey there! I’m Alex. I just moved into the apartment a couple of weeks ago so I’m new here. Have you lived here for long?
  • Hi Amy. I heard it’s your first day so I thought I could reach out and introduce myself. We haven’t officially met but I’ll be working with you on this project.

Contoh Introduce Myself dalam Rapat di Tempat Kerja

Biasanya, rapat kerja adalah agenda yang sudah direncanakan sebelumnya. Akan tetapi, jangan mengabaikan pentingnya perkenalan, terutama jika kamu ditunjuk untuk memimpin rapat tersebut. Umumnya, rapat di tempat kerja diharapkan langsung ke intinya. So, mulailah dengan sapaan singkat, lalu langsung sampaikan tujuan pertemuan tersebut.

Hal-hal yang harus kamu pertimbangkan saat membuka sebuah rapat adalah salam cepat, tujuan pertemuan, serta apa saja yang akan dibahas.

Lihatlah contoh berikut:

“Good morning everyone! I’m Alex from Sales Department and today I’m excited to share with you that our new product will be available as of Wednesday. Today, I’d like to give a quick review of the new product and your opinions will be needed.”

NB: Tone bicara akan tergantung pada budaya perusahaan masing-masing. Misalnya, perusahaan teknologi biasanya menggunakan gaya yang lebih santai dan casual. Hal tersebut memberikan kebebasan untuk menggunakan ekspresi informal, yang mungkin tidak cocok digunakan pada perusahaan atau budaya yang lebih konservatif.

Contoh Introduce Myself dalam Wawancara

contoh introduce myself
source: pngegg.com

Selanjutnya, contoh introduce myself kali ini mungkin akan sangat kamu butuhkan bagi yang akan melewati tahap wawancara pekerjaan atau beasiswa. Terutama, jika yang kamu lamar adalah perusahaan atau kampus di luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris. Therefore, mungkin beberapa dari kamu mengalami kecemasan karena ini bukan hanya tentang keterampilan kerja, tetapi juga bahasa.

Namun, kabar baiknya adalah, menyusun pengenalan diri dalam Bahasa Inggris yang dibuat dengan baik dan menarik akan membuka jalan dan memberimu kepercayaan diri. Selain itu, memudahkanmu untuk memberi kesan yang baik selama wawancara.

So, ketika pewawancara bertanya: “tell me a little bit about yourself“, ingatlah hal-hal berikut:

  • Jika kamu sudah pernah dihubungi sebelumnya oleh pewawancara tersebut, kamu bisa memulai dengan: “It’s nice to finally meet you in person.
  • Sebagai alternatif, kamu juga bisa memulai dengan mengatakan, “Thank you so much for taking the time to meet with me today.
  • Kemudian, lanjutkan dengan berbicara tentang pengalaman yang relevan, seperti apa yang membuatmu cocok untuk posisi itu.
  • Sebutkan informasi profesional yang relevan yang ingin didengar pewawancara tentangmu dan jelaskan mengapa perusahaan harus menerimamu.
  • Pastikan kamu sudah mencari tahu sebanyak mungkin tentang perusahaan tersebut dan sertakan dalam pengenalan dirimu mengapa kamu tertarik dengan perusahaan tersebut.

Berikut adalah contoh introduce myself secara profesional dalam bahasa Inggris:

“It’s so nice to finally meet you in person! After graduating from university, I worked in marketing for a few years. But three years ago, I started working in digital media marketing and my experience in marketing definitely helped. Moreover, I was able to help people’s awareness of the company and grow its brand in the industry. I know that you’re looking to grow your influence online and that’s why I applied for the position.”

Poin Grammar untuk Perkenalan dalam Bahasa Inggris

Dalam menyiapkan kalimat-kalimat perkenalan, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal dalam grammar agar pengenalan dirimu mendekati sempurna. Hal-hal yang perlu kamu ingat adalah:

  • Gunakan present simple tense untuk fakta umum tentang kehidupan dan rutinitasmu.
  • Gunakan present perfect tense saat kamu berbicara tentang pengalaman dan pencapaian hidup.
  • Namun jika menyebutkan waktu yang sudah selesai (tahun lalu, tahun 2010, dst), gunakan simple past tense.

Penutup

Well, perkenalan diri akan selalu canggung jika kamu tidak tahu harus berkata apa. Intinya, jangan sampai kamu tidak siap! So, pastikan kamu meluangkan waktu untuk menuliskan beberapa contoh perkenalan diri dalam bahasa Inggris untuk berbagai skenario dan mempraktikkannya sampai kamu menguasainya. Semoga contoh intruduce myself ini membantumu, ya!

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.