Cara Membaca Jam dalam Bahasa Inggris, Hayoo Siapa yang Belum tahu..

Kemampuan untuk membaca jam adalah keterampilan dasar yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi cara membaca jam dalam bahasa Inggris dari yang paling dasar hingga yang lebih kompleks. Mulai dari menyebut jam dan menit hingga memahami istilah seperti “a.m.” dan “p.m.,” kita akan membahas semua aspek yang kamu butuhkan untuk menjadi ahli dalam membaca jam dalam bahasa Inggris.

Source: pexels

1. Menyebut Jam dan Menit

Mari kita mulai dengan hal dasar: menyebut jam dan menit. Dalam bahasa Inggris, kita menggunakan sistem jam 12 jam dan 60 menit dalam satu jam. Berikut adalah cara menyebutkan jam dan menit secara lengkap:

  • Jam: Sebutkan angka jam terlebih dahulu. Misalnya, “3.”
  • Menit: Sebutkan angka menit setelah itu. Misalnya, “15.”
  • Gabungkan: Gabungkan keduanya untuk membentuk waktu lengkap. Contoh, “3:15.”

Jadi, “3:15” dibaca sebagai “three-fifteen” atau “quarter past three.”

2. Menggunakan “a.m.” dan “p.m.”

Sistem waktu dalam bahasa Inggris juga membedakan antara waktu pagi (“a.m.” atau “ante meridiem”) dan waktu sore/malam (“p.m.” atau “post meridiem”). Berikut adalah cara menggunakan “a.m.” dan “p.m.”:

  • “a.m.” (ante meridiem): Digunakan untuk waktu pagi dari tengah malam hingga sebelum tengah hari. Misalnya, “8:30 a.m.” dibaca sebagai “eight-thirty in the morning.”
  • “p.m.” (post meridiem): Digunakan untuk waktu setelah tengah hari hingga tengah malam. Misalnya, “6:45 p.m.” dibaca sebagai “six-forty-five in the evening.”

Penting untuk memahami perbedaan antara waktu pagi dan sore/malam saat menyebutkan waktu untuk menghindari kebingungan.

Baca juga: Membaca Tanggal dalam Bahasa Inggris

3. Menyebut Jam dan Menit Secara Spesifik

Ketika kamu ingin menunjukkan waktu dengan lebih spesifik, seperti setengah jam, seperempat jam, atau setengah menit, istilah-istilah berikut dapat membantu:

  • “Half Past”: Digunakan ketika jarum jam menunjuk setengah jalan di antara dua angka jam. Misalnya, “6:30” dibaca sebagai “half past six.”
  • “Quarter Past”: Digunakan ketika jarum jam menunjuk seperempat jalan di antara dua angka jam. Misalnya, “9:15” dibaca sebagai “quarter past nine.”
  • “Quarter To” atau “Quarter Till”: Digunakan ketika jarum jam menunjuk seperempat jalan sebelum angka jam berikutnya. Misalnya, “4:45” dibaca sebagai “quarter to five” atau “quarter till five.”
  • “O’Clock”: Digunakan ketika menit adalah angka bulat, sehingga tidak perlu menyebutkan menit secara spesifik. Misalnya, “2:00” dibaca sebagai “two o’clock.”

Source: unsplash

Baca juga: Cara Membaca Abjad Bahasa Inggris dengan Mudah

4. Menyebut Waktu dengan Menit Spesifik

Ketika menunjukkan waktu dengan menit yang spesifik, gunakan langkah-langkah berikut:

  • Sebutkan Jam Terlebih Dahulu: Misalnya, “7.”
  • Tambahkan Menit: Sebutkan angka menit setelah itu. Misalnya, “7:42.”
  • Gunakan Kata Kerja “To” atau “Past”: Jika menit lebih dekat ke angka berikutnya, gunakan “to.” Jika lebih dekat ke angka sebelumnya, gunakan “past.” Contoh, “7:42” dapat dibaca sebagai “eighteen minutes to eight” atau “forty-two minutes past seven.”

5. Penerapan dalam Situasi Sehari-hari

Cara terbaik untuk menguasai cara membaca jam dalam bahasa Inggris adalah dengan mempraktikkannya dalam situasi sehari-hari. Gunakan jam tangan analog atau digital, dan coba sebutkan waktu secara teratur. Latihan ini membantu kamu menjadi lebih cepat dan akurat dalam menyebut waktu tanpa perlu memikirkannya terlalu lama.

6.  Menggunakan Format 24 Jam

Beberapa negara menggunakan format waktu 24 jam, yang menghilangkan “a.m.” dan “p.m.” serta memakai angka 24 untuk jam tengah malam. Contoh, “14:30” dibaca sebagai “fourteen-thirty” atau “two-thirty p.m.” dalam format 12 jam.

Source: unsplash

 Menguasai Seni Membaca Jam dalam Bahasa Inggris

Membaca jam mungkin terasa sederhana, tetapi menguasai cara menyebutkan waktu dengan jelas dan akurat dalam bahasa Inggris membutuhkan latihan dan pemahaman yang baik. Dengan memahami dasar-dasar seperti “a.m.” dan “p.m.,” menggunakan istilah untuk setengah jam atau seperempat jam, dan berlatih secara teratur, kamu akan dapat membaca jam dengan percaya diri dalam berbagai konteks sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, keterampilan ini akan menjadi salah satu keterampilan dasar yang sangat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari lho..

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.