Membaca Tanggal dalam Bahasa Inggris

cara membaca tanggal dalam bahasa inggris
Image by pikisuperstar on Freepik

Cara membaca tanggal merupakan salah satu topik yang akan dipelajari pertama kali saat mulai belajar bahasa Inggris. Hal tersebut karena penyebutan hari, bulan, dan tahun merupakan hal yang sering kita gunakan saat menjelaskan kegiatan kita sehari-hari.

Bahasa Inggris sendiri memiliki penulisan tanggal yang berbeda dengan bahasa Indonesia, yang mana hal itu patut kita perhatikan dalam pembelajaran kita. Apa saja hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam cara membaca tanggal dalam bahasa Inggris? Mari kita simak sama-sama!

Format Penulisan Tanggal

Sama seperti pada penulisan tanggal dalam bahasa Indonesia, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris juga terdiri dari penulisan tanggal, bulan, dan tahun. Meskipun demikian, terdapat perbedaan format penulisan untuk tanggal berbahasa Inggris dibandingkan dengan dalam bahasa Indonesia.

Format penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dapat dibedakan menjadi dua, yaitu format penulisan dari British English dan format penulisan dari American English. Perbedaan akan kedua format tersebut dapat dicermati sebagai berikut.

British English = Tanggal-Bulan-Tahun = 6th January 2024

American English = Bulan-Tanggal-Tahun = January 6, 2024

Dapat diamati bahwa format penulisan tanggal dalam British English memiliki persamaan dengan bahasa Indonesia. Sementara itu, penulisan dalam American English mendahulukan bulan sebelum tanggal.

Penulisan tanggal pun umumnya juga disertai dengan nama hari, yang disertakan sebelum penulisan tanggal, bulan, dan tahun.

British English = Friday, 6th January 2024

American English = Friday, January 6, 2024

Penulisan tanggal dengan angka juga menggunakan struktur yang sama, yang dapat dilihat dalam contoh di bawah ini.

British English = 6/1/24American English = 1/6/24

Sekarang kita sudah tahu struktur penulisan tanggal dalam bahasa Inggris, namun bagaimana cara membaca tulisan tersebut? Apa saja nama hari dan bulan yang digunakan untuk menyatakan tanggal dalam bahasa itu? Mari kita simak sama-sama!

Nama Hari dan Bulan dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah kita tahu, penulisan tanggal dalam bahasa Inggris juga menyertakan hari dan bulan. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, terdapat 7 hari dan 12 bulan dalam penanggalan berbahasa Inggris.

Berikut adalah nama-nama hari bahasa Inggris.

Sementara di bawah ini merupakan nama-nama bulan.

Membaca Tanggal dan Ordinal Number

Bagaimana cara membaca angka dalam penanggalan bahasa Inggris? Sebelum kita mempelajari hal tersebut, mari kita melihat bagaimana tanggal dan bulan dibaca dalam bahasa Inggris.

Sama seperti pada format penulisannya, pembacaan tanggal dalam bahasa Inggris pun dapat berbeda berdasarkan apakah kita menggunakan British English atau American English. Berikut adalah cara membaca tanggal berdasarkan kedua bahasa Inggris tersebut.

British English: 6th January: “the sixth of January”American English: January 6: “January the sixth”

Seperti yang dapat kita lihat, terdapat perbedaan dalam membaca tanggal pada British English dan American English. Meskipun demikian, kita juga dapat melihat bahwa kedua pembacaan tersebut memiliki persamaan dalam cara membaca angka tanggal. Baik British English maupun American English menggunakan ordinal number.

Apa itu ordinal number? Ordinal number dalam bahasa Indonesia adalah ‘bilangan urutan.’ Dalam menyatakan tanggal dalam bahasa Inggris, kita menggunakan bilangan urutan saat membaca angka tanggal, baik itu dalam British English maupun American English.

Berikut adalah daftar ordinal number untuk sepuluh angka pertama.

Untuk penulisan ordinal number pada angka belasan, kita bisa menambahkan sebutan untuk angka tersebut dengan “-th”, kecuali untuk ordinal number 12th yang dibaca sebagai “twelfth”.

Contoh:

11th = eleventh

12th = twelfth

15th = fifteenth

Untuk penulisan ordinal number pada 20th ke atas, kita hanya perlu menambahkan “twenty” dengan sembilan ordinal number pertama

Contoh:

20th = twentieth

21st = twenty-first

27th = twenty-seventh

Penulisan yang sama diterapkan pula pada ordinal number 30th dan 31st.

Contoh:

30th =  thirtieth

31st = thirty-first

Cara Membaca Tahun

Dalam bahasa Inggris, terdapat cara tersendiri untuk membaca tahun yang berbeda dengan saat kita menyatakan bilangan biasa. Meskipun tahun ditulis dalam bentuk ribuan, pembacaan tanggal tidak dilakukan seperti halnya saat kita menyatakan angka ribuan.

Sebaliknya, kita membaca tahun dengan memisahkan dua angka menjadi sepasang puluhan. Sebagai contoh dapat kita lihat sebagai berikut.

1998 = nineteen ninety-eight (bukan one thousand nine hundred and ninety-eight)

1678 = sixteen seventy-eight (bukan one thousand six hundred and seventy-eight)

Cara pembacaan ini umumnya berlaku untuk tahun sebelum 2000. Untuk tahun setelah 2000, umumnya pembacaan mengikuti cara baca pada bilangan ribuan.

Contoh:

2012 = two thousand and twelve

2023 = two thousand and twenty-four

Setelah mempelajari cara membaca untuk setiap komponen penanggalan bahasa Inggris, mari kita coba membaca tanggal secara lengkap. Cara membaca tanggal lengkap dalam bahasa Inggris dapat dilihat pada contoh-contoh berikut ini.

Jumat, 22 September 2023

British English = Friday, 22th September 2023 (Friday, the twenty-second of September, two thousand and twenty-three)

American English = Friday, September 22, 2023 (Friday, September the twenty-second, two thousand and twenty-three)

Sabtu, 1 Mei 1999

British English = Saturday, 1st May 1999 (Saturday, the first of May, nineteen ninety-nine)

American English = Saturday, May 1, 1999 (Saturday, May the first, nineteen ninety-nine)

2 Maret 2003

British English = 2nd March 2003 (the second of March, two thousand and three)

American English = March 2, 2003 (March the second, two thousand and three)

17 Agustus 1945

British English = 17/8/45 (the seventeenth of August, nineteen forty-four)

American English = 8/17/45 (August the seventeenth, nineteen forty-four)

Nah, sekarang kita sudah mengetahui bagaimana cara membaca tanggal dalam bahasa Inggris. Apakah kalian dapat menerapkannya dalam percakapan bahasa Inggris kalian? Teruslah berlatih untuk membiasakan diri dalam menyebutkan tanggal dalam bahasa Inggris!

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.