CARA MENDAPATKAN SERTIFIKAT TOEFL

cara mendapatkan sertifikat TOEFL
Source: unsplash.com

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language merupakan salah satu tes dalam berbahasa Inggris yang mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dalam level tertentu guna keperluan yang bermacam-macam. Contohnya seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam atau luar negeri. Atau bisa juga untuk melamar pekerjaan dan sebagainya. 

Ada beberapa tips bagaimana mempersiapkan dan cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Mungkin seperti yang kamu tahu sebelumnya, dulu terdapat 3 jenis TOEFL yaitu Paper-Based Test atau PBT biasa juga terkenal dengan ITP juga, kemudian Computer-Based Test atau CBT dan kemudian CBT ini menjadi Internet-Based Test yang biasanya menjadi salah satu persyaratan mutlak apabila akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

SARAN DAN TIPS

  1. KENALI TIPE TES NYA

Ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu jenis TOEFL yang merupakan salah satu dari persyaratan yang kamu butuhkan supaya kamu bisa dengan tepat mempersiapkan nya. Mengenali tipe tes akan membantu kamu untuk lebih mudah beradaptasi dengan format tesnya juga dengan jenis-jenis pertanyaannya dan semakin cepat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

  1. BERLATIH DENGAN MATERI YANG TEPAT

Mencari dan mempelajari dari dasar sangatlah penting terutama bagi kamu yang masih kurang dalam pemahaman berbahasa Inggris. Jangan lupa ada 4 skills yang akan kamu latih untuk tes tersebut, mulai dari listening, reading, writing dan speaking

Baca juga : LATIHAN SOAL GRAMMAR TOEFL

  1. MEMPERSIAPKAN WAKTU

Kamu harus memahami bahwa mempersiapkan sedini mungkin adalah yang terbaik. Pemahaman terhadap bahasa Inggris tidak bisa hanya dengan waktu yang singkat terlebih bila kamu jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya. Siapkan waktu yang cukup agar pada saat tes kamu dapat mencapai nilai atau target yang kamu butuhkan.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Mendaftar Kursus TOEFL Online Berkualitas di Indonesia

cara mendapatkan sertifikat TOEFL
Source: dreamstime.com

CARA MENDAPATKAN SERTIFIKAT TOEFL

Nah, sekarang gimana sih cara mendapatkan sertifikat TOEFL yang kamu butuhkan?

  1. TOEFL PBT atau ITP

Pertama-tama kamu harus mencari informasi dan mendaftar ke tempat tesnya dahulu atau website resminya yaitu ets.org sesuai dengan tipe tes yang akan kamu ambil. Setelah itu kamu harus mengikuti semua panduan serta arahan yang ada. Adapun tes nya terdiri dari beberapa bagian yaitu part 1 listening, part 2 structure and written expression, dan part 3 Reading.  Untuk writing dan speaking biasanya terpisah. Kemudian jeda waktu antara tes dan sertifikat keluar biasanya adalah kurang lebih 14 hari kerja dan biasanya mereka akan mengirimkan hasilnya dalam bentuk email.

cara mendapatkan sertifikat TOEFL
Source: unsplash.com
  1. TOEFL IBT

Sedangkan untuk IBT, langkah awalnya sama dengan yang PBT, yakni harus mencari informasi dan mendaftar ke tempat tes nya atau website resminya yaitu ets.org. Adapun tesnya terdiri dari reading, listening, speaking, dan writing. Durasi tesnya adalah sekitar 4 jam. Hasil tes dapat terakses secara online selama kurang lebih 10 hari kerja. Sedangkan peserta dapat mengunduh pdf nya setelah kurang lebih 13 sampai dengan 14 hari kerja dan dapat menggunakan pdf ini sebagai dokumen. Tetapi biasanya beberapa institusi membutuhkan sertifikat yang di print oleh ETS dan mengirimkan nya ke institusi yang membutuhkan.

MASA BERLAKU SERTIFIKAT TOEFL

Kamu jangan lupa ya, masa berlaku untuk sertifikat tersebut hanya 2 tahun, jadi kamu harus perpanjang lagi nantinya dengan mengikuti tes kembali apabila masa berlakunya sudah habis. Demikianlah cara mendapatkan sertifikat TOEFL. Semoga membantu kamu untuk melengkapi persyaratan yang kamu butuhkan ya.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.