LATIHAN SOAL GRAMMAR TOEFL

https://www.google.com/searchq=toefl+itp&tbm=isch&ved=2ahUKEwj0to7MxNT3AhVm_jgGHe_1AnYQ2cCegQIABAA&oq=toefl+itp&gs_lcp=CgNpbWcQAzIICAAQgAQQsQMyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQ6BwgAELEDEEM6BAgAEENQ_gVYjBRg_BloAHAAeACAAWSIAdECkgEDNC4xmAEAoAEBqgELZ3dzLXdpei1pbWfAAQE&sclient=img&ei=KCV6YvSCOOb84-EP7-uLsAc&bih=625&biw=1366

Ada banyak sekali jenis tes TOEFL dari ITP, PBT dan juga iBT. Di antara semua soal yang keluar dalam tes, materi grammar adalah yang dianggap paling sulit. Seringkali materi grammar ini menjebak yang akhirnya membuat peserta salah menjawab. Kesulitan dari TOEFL sendiri adalah bentuk soalnya yaitu pilihan ganda. Dalam TOEFL ITP Latihan soal grammar tertuang dalam skill structure and written expression.

Pada soal structure, kamu harus memilih salah satu kata dalam pilihan ganda untuk melengkapi bagian yang kosong dalam soal kalimat. Jumlah soal yang dikerjakan adalah 15 dari total 40 soal. Berikut ini adalah contoh-contoh soalnya:

Contoh Soal Latihan TOEFL Written Expression

https://www.google.com/search?q=toefl+itp&tbm=isch&ved=2ahUKEwj0to7MxNT3AhVm_jgGHe_1AnYQ2cCegQIABAA&oq=toefl+itp&gs_lcp=CgNpbWcQAzIICAAQgAQQsQMyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQ6BwgAELEDEEM6BAgAEENQ_gVYjBRg_BloAHAAeACAAWSIAdECkgEDNC4xmAEAoAEBqgELZ3dzLXdpei1pbWfAAQE&sclient=img&ei=KCV6YvSCOOb84-EP7-uLsAc&bih=625&biw=1366

Acrylic paints are either applied using a scrape or diluted dan spreading with a brush.

A                B                    C                                                D

Strategi untuk mengerjakan soal-soal written expression adalah dengan mencermati kata yang digarisbawahi. Pastinya kamu ingin menemukan manakah kata yang salah dari empat pilihan tersebut. Jika kamu tidak dapat melihat kesalahannya maka bacalah kalimat secara utuh.

Biasanya kata yang salah dan telah digaris bawahi disebabkan bagian kata lain dalam kalimat. Pastikan juga kamu tidak pernah meninggalkan soal yang kosong atau tidak dikerjakan. Karena soal TOEFL tidak ada sistem eliminasi dimana kamu salah, maka nilai akan berkurang.

Contoh Soal Latihan TOEFL Structure

https://www.google.com/search?q=toefl+itp&tbm=isch&ved=2ahUKEwj0to7MxNT3AhVm_jgGHe_1AnYQ2cCegQIABAA&oq=toefl+itp&gs_lcp=CgNpbWcQAzIICAAQgAQQsQMyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQ6BwgAELEDEEM6BAgAEENQ_gVYjBRg_BloAHAAeACAAWSIAdECkgEDNC4xmAEAoAEBqgELZ3dzLXdpei1pbWfAAQE&sclient=img&ei=KCV6YvSCOOb84-EP7-uLsAc&bih=625&biw=1366

______ is taking a break in the restroom.

  • When
  • His
  • The man
  • They

Pembahasan :

Pada contoh kalimat di atas kamu pasti langsung menyadari bahwa contoh kalimat tersebut memiliki verb yaitu ‘’is taking’’ dan verb tersebut membutuhkan subjek. Jawaban A dan B salah karena When dan His bukanlah subjek. Pada jawaban D, They adalah subjek tetapi termasuk jamak yang verb ‘’is taking’’ adalah tunggal. Jadi jawaban yang benar adalah C yaitu The man. Kamu seharusnya memilih C sebagai jawaban yang benar.

The girl _____ going to the beach with a cousin.

  • is relaxing
  • will be
  • she has
  • she always was

Pembahasan :

Pada kalimat ini subjek adalah ‘’The girl” dan bagian yang menjadi verb adalah ‘’going’’. Seharusnya bentuk kata kerja bantu yaitu be dibutuhkan supaya kalimat menjadi lengkap. Jawaban C dan D salah karena kalimat tersebut sudah memiliki subjek ‘’girl’’ dan tidak membutuhkan subjek tambahan ‘’she’’.

Jawaban A juga salah karena relaxing bukanlah bagian yang tepat untuk penambahan verb. Maka jawaban yang benar adalah B yaitu will be  yang dilanjutkan dengan verb going dalam kalimat.

With her parents, ______ found the Thailand market.

  • she
  • has
  • when
  • later

Pembahasan :

Pada latihan ini, kamu harus dilihat subjek dan juga verb. Kamu akan menemukan verb yaitu found dan tahu bahwa tidak ada ada subjek. Parents dalam kalimat bukanlah subjek melainkan objek preposisi dari with. Sebuah noun tidak bisa menjadi subjek dan objek dalam waktu yang bersamaan.

Karena subjek dibutuhkan dalam kalimat ini maka jawabannya adalah A yaitu she. Jawaban B C dan D tidak tepat karena bukanlah subjek.

The young boy  ______ retaking the test in the hospital room is my brother.

  • he
  • was
  • is
  • now

Pembahasan :

Pada kalimat contoh ini sekilas pada awal kalimat merupakan subjek. Jika kamu hanya melihat verb playing maka jawabannya adalah is yaitu B atau C yaitu is.

Namun kedua jawaban tersebut justru salah karena retaking bukanlah bagian dari verb. Kamu harus memahami bahwa retaking adalah participle adjective dan bukan verb karena terdapat verb lain dalam kalimat yaitu is. Pada kalimat ini terdapat kelengkapan dari subjek hingga verb. Jadi jawaban yang benar adalah D yaitu now.

Contoh Soal Latihan TOEFL Written Expression

https://www.google.com/search?q=toefl+&tbm=isch&ved=2ahUKEwjvhpnHytT3AhWyKbcAHVyvD6oQ2 cCegQIABAA&oq=toefl+&gs_lcp=CgNpbWcQAzIHCCMQ7wMQJzIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABDIFCAAQgAQyBQgAEIAEMgUIABCABFDfBli-CWCNDmgAcAB4AIABZ4gBqQKSAQMzLjGYAQCgAQGqAQtnd3Mtd2l6LWltZ8ABAQ&sclient=img&ei=aSt6Yq-uDbLT3LUP3N6-0Ao&bih=625&biw=1366

The books that read was interesting.

                     A       B    C         D

Pembahasan :

Jika membaca kalimat diatas maka akan terasa setiap kata yang disusun sudah benar. Namun verb dari was yang digunakan untuk subjek tunggal tidak sesuai dengan subjek books yang merupakan jamak. Seharusnya verb yang digunakan adalah were bukan was. Jadi jawaban yang harus dipilih adalah C.

The cow over there is the most large one that I have ever seen.

A                     B                           C               D

Pembahasan :

Kalimat di atas menunjukkan tentang bentuk superlative yang menggunakan akhiran -est atau tambahan most. Jawaban yang harusnya dipilih adalah B karena large adalah satu suku kata yang seharusnya menggunakan akhiran -est dan bukan more. Jika menambahkan most seharusnya menggunakan adjective yang lebih dari satu suku kata seperti beautiful.

The book mailedtoday by postman today before noon.

A                 B                    C       D

Pembahasan :

Jika membaca kalimat secara keseluruhan, maka bentuknya adalah kalimat pasif dimana menerapkan rumus to be + past participle + by + objek.

Jawaban B C dan D sudah benar karena termasuk dalam rumus. Namun kesalahan terdapat pada jawaban A dimana past participle tidak didahului dengan to be yaitu was menjadi was mailed. Maka jawaban yang harus dipilih adalah A.

Itulah beberapa contoh soal TOEFL dan Pembahasannya . Kalian dapat mengambil atau mengikuti les untuk mengetahui lebih jauh mengenai latihan soal TOEFL dan Pembahasannya terlebih khusus! Kalian bisa mengambil kursus Bahasa Inggris dengan program apa aja di SUN English untuk bisa memperdalam pengetahuan kalian mengenai TOEFL serta penjelasannya yang akurat. Langsung hubungi WA hotline di 081211868283.

Add a Comment

Your email address will not be published.