Rumus Past Continuous Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan belajar tenses merupakan salah satu aspek yang perlu ditekankan. Memahami penggunaan tenses aadalah hal paling mendasar dalam bahasa Ingris karena hal ini merupakan pondasi untuk memahami grammar, yang bagi sebagian besar orang dianggap hal yang cukup sulit. Tenang saja, sebenarnya tenses tidak sesulit yang kamu bayangkan, lho!

Tenses dalam bahasa Inggris sendiri secara umum terbagi menjadi 3 bentuk yaitu present, past, dan future. Pada kesempatan kali ini, mari kita lihat rumus past continuous tense dalam kalimat agar kamu tidak bingung lagi!

Source: freepik

Past continuous tense sendiri secara umum digunakan ketika kamu ingin menjelaskan kejadian atau peristiwa di masa lampau dalam rentang waktu tertentu. Past continuous tense juga memiliki fungsi lainnya, yaitu:

  1. Menunjukkan kejadian yang sedang berlangsung di masa lalu, dan masih terjadi hingga sekarang ketika kejadian kedua terjadi.
  2. Menunjukkan dua kejadian yang terjadi secara bersamaan di waktu lampau.

Setelah memahami dan mengerti fungsi dari kalimat dan rumus past continous tense tersebut, yuk, kita lihat bagaimana cara membentuk kalimatnya!

Baca Juga : 16 Tenses Bahasa Inggris yang Harus Kamu Kuasai

1. Cara Membentuk Kalimat positif

Untuk membentuk kalimat positif, maka struktur kalimat yang perlu digunakan adalah:

  • Subjek + to be (was/were) + Verb-ing + adverb

She was watching TV at 4 p.m

They were playing football after school

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan was diperuntukkan untuk subjek I, He, She, It, sedangkan were digunakan untuk subjek They, We, You. Selain itu, kata kerja yang digunakan pun harus dalam bentuk participle dengan menambahkan imbuhan –ing di belakang kata kerja. 

Source: Suarasurabaya.net

2. Cara Membuat Kalimat negatif

Untuk membentuk kalimat negatif, maka struktur kalimat yang perlu digunakan adalah:

  • Subjek + to be (was/were) + not + Verb-ing + adverb

She was not watching TV at 4 p.m.

They were not playing football after school

3. Cara Membentuk Kalimat pertanyaan 

Sedangkan untuk membentuk kalimat pertanyaan, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah hanya dengan memindahkan “to be” ke depan kalimat.

  • To be (was/were) + Subjek + Verb-ing + adverb

Was she watching TV at 4 p.m?

Were they playing football after school?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, past continuous memiliki beberapa fungsi lain dan biasanya digunakan bersamaan dengan penggunaan tense lain, yaitu simple past, contohnya:

Baca Juga : Rumus Simple Past Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

I was watching TV when the phone rang

They were playing football when the coach suddenly called one of the players

Dari kedua kalimat tersebut menunjukkan bahwa ketika kejadian pertama sedang berlangsung, tiba tiba ada kejadian kedua yang lebih singkat. Berdasarkan contoh kalimat tersebut, pasti kamu melihat ada kata keterangan waktu “when”. Kata keterangan ini digunakan untuk menunjukkan kegiatan dengan waktu yang spesifik. 

Selain itu, past continuous juga memiliki fungsi untuk menunjukkan dua kejadian yang terjadi bersamaan di waktu lampu, contohnya:

I was watching TV while my mom was cooking in the kitchen

The children were playing football in the yard while their mom was putting her baby to sleep

 Dari kedua contoh kalimat tersebut, apakah kamu menyadari ada kata keterangan waktu “while”? Kapan sih sebenarnya kata keterangan ini digunakan? Kata keterangan while digunakan untuk menunjukkan dua kegiatan yang dilakukan secara bersamaan dalam satu kurung waktu.  

Itulah rumus – rumus past continuous tense dan penggunaannya dalam kalimat. Awalnya mungkin akan agak sulit bagimu untuk mencoba menggunakannya, tetapi jika kamu terus melakukan latihan, kamu akan mulai terbiasa menggunakan berbagi macam tenses dalam bahasa Inggris. Jika kamu ingin belajar lebih jauh tentang tenses lainnya, jangan lupa hubungi Sun English di 081211868283.

Comments are closed.