Cara Cepat Belajar Percakapan Bahasa Inggris

Kamu pasti sering mendengar turis-turis berbahasa inggris walaupun mereka bukan berasal dari negara yang bahasa aslinya adalah bahasa Inggris, bukan? Hal ini dikarenakan bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Oleh karena itu, sangat penting untuk belajar percakapan Bahasa Inggris. Bukan berarti kemampuan lain, seperti listening, reading, dan writing tidak penting, namun kalau kamu, misalnya, ingin jalan-jalan ke luar negeri, skill yang paling practical untuk dipakai adalah skill berbicara dalam bahasa Inggris. Sesederhana kamu ingin pesan makanan di restoran, tentunya kamu memesan makanan dengan berbicara kepada waiter.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri, banyak juga negara yang menawarkan jurusan dan mata kuliah yang di ajarkan dengan bahasa Inggris, walaupun negara-negara tersebut bukan negara dengan penutur asli Bahasa Inggris. Belajar percakapan Bahasa Inggris tentunya harus kamu jalai  sebelum melanjutkan studi mu, karena dapat membantu kamu dalam hal berdiskusi, menyampaikan pendapat, sampai dengan mempresentasikan tugasmu.

Karena kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris menjadi penting, utamanya saat globalisasi seperti sekarang ini, yuk simak beberapa cara jitu berikut ini!

1. Menghafal kata-kata umum

Yang dimaksud dengan kata-kata umum adalah kata-kata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa mulai dengan mengelompokkan kata-kata berdasarkan topiknya. Misalnya, topik hobby bisa jadi awal kamu menghafal kata-kata dalam bahasa Inggris. Sebelum menghafal, pastikan kamu sudah membuat daftar kata-kata yang rinci yang pasti kamu butuhkan ketika membicarakan hobi kamu. Misalnya, kata kerja, kata benda, kata sifat, dan kata keterangan yang umumnya kamu gunakan saat membicarakan hobi kamu dengan lawan bicara.

Baca Juga : Yuk Ukur Nilai IELTS Kamu dengan IELTS Prediction Test di Jakarta !

Namun, jika daftar kata-kata tersebut hanya ditaruh saja di meja belajar mu, tentunya tidak akan terlalu bermanfaat. Kamu bisa mulai dengan menempelkan kata-kata tersebut di tempat yang kamu bisa jangkau atau yang sering kamu lihat, seperti di meja makan mu, belakang pintu kamarmu, bahkan di kaca mu loh! Hal ini berguna agar kamu bisa sering ter-expose dengan kata-kata bahasa Inggris.

IMG_256

Sumber: tokopedia.com

2. Menghafal ungkapan-ungkapan umum

Sayangnya, menghafal kata-kata saja tidak cukup loh! Kamu juga harus dapat menghafal ungkapan-ungkapan yang sering dipakai dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, lengkapi daftar kata-kata kamu dengan ungkapan yang umum dipakai. Namun, pastikan kamu tetap memasukkan ungkapan tersebut ke setiap topik nya masing-masing agar memudahkan kamu menghafalnya nanti. Dalam topik hobby, misalnya, ungkapan yang umum digunakan adalah seperti in my free time, I like to… Kemudian, kamu bisa melanjutkan ungkapan tersebut dengan kata yang kamu miliki sebelumnya. Tentunya speaking kamu bakalan jadi lebih ciamik!

3. Tonton film atau Youtube video berbahasa Inggris

Speaking adalah productive skill dimana penggunanya diharuskan memproduksi sesuatu untuk dapat dikatakan memiliki skill tersebut. Sementara listening adalah receptive skill yang berkaitan dengan speaking. Apakah kamu tahu mengapa? Ini terjadi karena sebelum berbicara atau memberi tanggapan, kamu harus terlebih dahulu mendengarkan apa yang dikatakan lawan bicara mu. Dengan terbiasa mendengarkan film atau video dalam bahasa Inggris, kamu dapat belajar bahasa inggris percakapan sehari-hari dan artinya. Lantas, video atau film seperti apa yang bisa kamu tonton sebagai permulaan? Kamu bisa mulai menonton film yang kamu suka, seperti western drama, atau cartoon

Baca Juga : Fakta Menarik tentang Apa itu Present Perfect Tense

IMG_256

Sumber: suara.com

4. Tirukan cara pengucapan native speaker di film yang kamu tonton

Untuk mendapatkan contoh percakapan singkat, kamu dapat menonton film dalam bahasa Inggris, kamu juga dapat mencoba menirukan bagaimana native speaker mengucapkan setiap kata dalam Bahasa Inggris. Selain dapat melekat lebih baik di ingatanmu karena kamu mempraktikkannya sendiri, hal ini juga dapat membuat lidah kamu terbiasa dengan perubahan bunyi satu ke bunyi lainnya dalam 1 kata bahasa Inggris karena Bahasa Inggris mempunyai beberapa bunyi yang tidak dimiliki Bahasa Indonesia. Oh ya, kamu juga dapat menirukan intonasi native speaker dalam film tersebut, dan mempraktikannya di depan kaca. Menjadi semakin menarik, kan?

5. Jadikan kamus sebagai temanmu

Belajar bahasa pasti berkaitan dengan kamus. Kamu bisa mulai membaca kamus dengan sedikit demi sedikit. Agar aktivitas ini menyenangkan, kamu juga bisa membubuhkan highlighter di setiap kata yang sulit, atau menggarisbawahi kata-kata yang sulit tersebut. Sebaiknya, kamu tidak hanya menghafal kata-kata tersebut, atau membacanya dalam hati, tapi bisa juga dengan mengucapkan kata-kata tersebut. Pastikan kamu mengucapkan setiap kata tersebut dengan benar ya.

Kamu bisa gunakan google translate dan klik pada tombol suara untuk mendengarkan bagaimana kata tersebut diucapkan. Dengan mengucapkan kata-kata tersebut, kamu menjadi lebih mudah menghafal kata tersebut karena kamu sudah mempraktekkannya secara langsung. Oh ya, jangan lupa untuk berkomitmen untuk membuka kamus dan membaca nya, setidaknya satu kali dalam satu hari ya!

sumber: liputan6.com

6. Berteman lah dengan native speaker atau orang disekitarmu yang mahir berbahasa Inggris

Di era dengan teknologi yang sudah maju seperti saat ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu kamu loh! salah satu hal yang paling mudah adalah dengan berteman dengan native speaker atau orang di sekitar mu yang sudah mahir berbahasa Inggris melalui instagram, twitter, atau platform media sosial yang akrab bagimu. Cara belajar berbicara Bahasa Inggris ini dianggap mudah menyenangkan karena melibatkan sesuatu yang digemari banyak orang. Mulai lah obrolan dengan mereka, dan jika ada pertanyaan atau obrolan yang tidak kamu pahami, cari tahu arti kata-kata dalam obrolan tersebut, dan balas obrolan tersebut dengan kata-kata yang sudah kamu pahami artinya tadi. Dengan begitu, semakin banyak kata-kata baru yang kamu pelajari.

Baca Juga : 12 Contoh Kalimat Passive Voice yang Mudah untuk Kamu Pahami

7. Perbanyak membaca dalam Bahasa Inggris

Selain memperoleh kata-kata baru dari mempunyai teman yang bisa jadi teman berbicara dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa perbanyak membaca dalam bahasa Inggris. Misalnya, kamu bisa mulai membaca bacaan yang ringan, seperti komik dalam bahasa Inggris. Biasanya, di dalam komik tersebut terdapat ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam bahasa Inggris yang dipakai sehari-hari. Ini bisa kamu gunakan untuk berlatih berbicara dengan teman mu, atau bisa kamu hafal dan berbicara dengan bayangan dirimu di cermin. Hal ini mungkin terdengar aneh, namun sebenarnya sangat efektif karena, semakin sering kamu menggunakan dan mendengar kata-kata tersebut, semakin kata-kata tersebut menjadi umum bagimu.

sumber: kampung course

8.   Berjalan-jalan ke negara dengan Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki dana lebih, kamu bisa menjadikan negara dengan penduduk berbahasa Inggris sebagai salah satu tujuan wisata kamu. Disana, kamu tentunya akan “dipaksa” untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Awalnya, kamu mungkin akan merasa takut untuk berbicara, namun, semua kata-kata yang kamu sudah hafalkan haruslah digunakan, sehingga kata-kata tersebut bisa semakin melekat di ingatanmu. Kamu bisa mulai dengan topik atau kata-kata yang mudah, seperti “Hello, could you show me the way to the nearest railway station?” Dengan ini, selain menjadi media berlatih, kamu juga mendapatkan rasa bahagia dari berjalan-jalan tersebut!

Itulah beberapa cara untuk belajar percakapan bahasa inggris yang mudah. Kamu juga dapat mengambil les Bahasa Inggris untuk mengukur kemampuan berbicara bahasa Inggris kamu

Terakhir, kamu bisa mengambil les untuk mengukur kemampuan berbicara mu, agar lebih memahami bagian mana yang perlu di tingkatkan lagi! Kamu bisa ambil kursus percakapan atau conversation class di SUN English. Langsung hubungi WA hotline di 081211868283. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *