Kata ganti dalam Bahasa Inggris pada Subjek dan Objek

Melihat kata ganti dalam bahasa inggris maka itu artinya juga melihat kata ganti subjek dan objek dalam kalimat yang dapat membantu kita untuk memahami tata bahasa di balik bahasa Inggris. Sebagai aturan dasar, subjek adalah orang atau benda yang melakukan sesuatu sedangkan  objek adalah orang atau benda yang sedang menerima sesuatu tindakan itu.

kata ganti dalam bahasa inggris
Source : unsplash.com

Subjek dan objek memiliki fungsi yang berlawanan dalam sebuah kalimat. Jadi, subjek adalah ‘pelaku’ dari tindakan tersebut. Sebagai contoh, ambil kalimat “We watch a movie”. Di sini subjeknya adalah kata ganti ‘We’. Objek adalah kebalikannya; alih-alih melakukan sesuatu (like watch a movie), mereka ditindaklanjuti. Sekarang, mari kita lihat kalimat “Teacher gives him a warning.” Dalam hal ini kata ganti “him” menerima sesuatu (a warning), jadi itu objek kalimat.

  • Subject pronouns termasuk:  I, you, he, she, it, we, they, who, and whoever.
  • Object pronouns adalah:  me, you, him, her, it, us, them, whom, and whomever.
  1. Subjek dalam bahasa Inggris.

Dalam tata bahasa Inggris, kita menggunakan kata ‘subjek’ untuk berbicara tentang orang atau benda (kata benda atau kata ganti orang dalam bahasa inggris) yang melakukan ‘tindakan’. Biasanya, itu berarti bahwa subjek muncul sebelum kata kerja. Jadi, subjek kalimat adalah orang, tempat, benda, atau ide yang melakukan tindakan tersebut.

Baca Juga : Rumus Past Continuous Tense dan Penggunaannya dalam Kalimat

Contoh-contoh subjek dalam Bahasa Inggris.

Kalimat sederhana

Kalimat paling sederhana dalam bahasa Inggris memiliki satu kata kerja dan satu subjek. Sebagai contoh:

  • Jason works. Disini, subjeknya adalah “Jason.” Kata kerjanya adalah “works.” Dalam contoh ini, Jason adalah subjek, karena dia adalah  orang yang melakukan aksi, “working” di dalam kasus ini.
  • Nick sleeps. Nick adalah subjek, karena dia melakukan sebuah aksi yaitu “sleeping”.

Subjek tidak selalu harus orang, benda atau nama. Seringkali bukan, tetapi sebaliknya menggunakan  kata ganti (misalnya, he / you/it, dll), atau sekelompok orang (we / they). Simak kalimat-kalimat berikut ini.

  • I sleep. (Subjeknya adalah ‘I’ karena ia melakukan aksi tidur.)
  • We are watching Netflix. (Subjeknya adalah ‘we’ karena ia melakukan aksi menonton)
  • They play football. (Subjeknya adalah ‘they’ karena melakukan aksi bermain)

Kalimat yang lebih rumit

Terkadang kalimat sedikit lebih rumit dan semakin sulit menemukan subjeknya. Simak contoh kata ganti dalam bahasa inggris berikut ini.

  • I am thirsty. (Subjeknya adalah ‘I’)
  • Mike appears busy. (Subjeknya adalah ‘Mike’)
  • The employees are in a meeting. (Subjeknya adalah ‘the employees’) 
  • The girl from my class presented an excellent speech at a competition. (Subjeknya adalah ‘the girl from my class’ karena dia melakukan aksi ‘presented’)
  • Gem, Gilly and Mica are having lunch. (Subjectnya adalah ‘Gem, Gilly and Mica’ karena mereka melakukan aksi ‘having lunch’)

Baca Juga : Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

kata ganti dalam bahasa inggris
Source: unsplash.com
  1. Objek dalam bahasa Inggris.

Setelah Anda mengetahui apa itu subjek, mari kita lihat objeknya. Umumnya, kita menggunakan kata ‘objek’ untuk berbicara tentang hal atau orang yang menerima tindakan dari subjek. Sebagai contoh:

  • Tina calls Derek and Dini. Disini, subjeknya adalah “Tina.” Kata kerjanya adalah “calls.” Objeknya adalah “Derek and Dini” karena menerima tindakan dari Tina.
  • They feed dog with canned food. Disini, objeknya adalah “dog” karena menerima tindakan dari subjek “they”

Sama seperti subjek, objek tidak selalu harus orang, benda atau nama. Objek juga dapat menggunakan  kata ganti (misalnya, him / her/it, dll), atau sekelompok orang (us / them). Simak kalimat-kalimat yang mengandung kata ganti dalam bahasa inggris berikut ini sebagai contoh:

  • Greg goes out with her. (Objeknya adalah “her” karena menerima aksi dari subjek “Greg”)
  • We tell him that. (Objeknya adalah “him” karena menerima aksi dari subjek “We”
  • Tray and Troy play together with it until night. (Objeknya adalah “it” karena menerima aksi dari “Tray and Troy”
  • She receives them as her family members. (Objeknya adalah “them” karena menerima aksi dari “she”)

Subjek dan objek sangat penting digunakan dalam penuturan dalam bahasa Inggris sehingga wajib untuk kita mengetahui fungsi dan cara pemakaiannya dengan baik terutama menggunakan kata ganti subjek atau objek yang tepat untuk menghindari penggunaan nama atau kata yang sama beulang kali. Gimana? sudah paham tentang kata ganti dalam bahasa inggris ? Jika belum, kamu bisa kursus di SUN English dengan menghubungi 0812 1186 8283 atau follow Instagram @sunenglish.center untuk info lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *