Belajar Possessive Pronoun dalam kalimat bahasa inggris

Definisi dan penggunaan Pronoun dalam kalimat

Hallo everyone! seperti topik kita di atas pastinya kata Possessive Pronoun sudah tidak asing lagi bagi kamu yang lagi belajar bahasa inggris. Namun, sebelum kita bahas lebih lanjut sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu pronoun itu apa dan jenis jenis pronoun dalam bahasa inggris. Jadi, pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan noun atau kata benda seperti contoh di bawah ini.

Maria doesn’t know sarah’s parents, but she wants to see them

kata Maria pada kalimat pertama di atas yang berfungsi sebagai noun digantikan dengan subject pronoun she dan kata sarah’s parents diubah dengan menggunakan object pronoun yaitu them. Jadi, jelas yah pronoun itu sangat penting perannya dalam kalimat karena berfungsi untuk menghindari adanya banyaknya pengulangan kata benda atau noun dalam sebuah kalimat.

kalimat di atas disebut dengan personal pronoun yang adalah kata ganti untuk mengantikan kata benda atau nama orang. berikut pola kata gantinya;

Perubahan Subject pronoun ke Object pronoun

Subject PronounObject pronoun 
IMe   Singular
YouYou
SheHer
HeHim
itit
YouYou  Plural
WeUs
TheyThem

Setiap personal pronoun mempunyai pola nya juga dalam kalimat tergantung pada gender dan jumlah noun yang menggantikannya. seperti contoh kalimat di bawah ini;

You can have these CDs. I don’t want….

    a) it

 b) them

Pada umumnya yang kita tau bahwa untuk mengantikan kata benda adalah pronoun it. Namun, kata CDs pada kalimat ini menyatakan kata benda bentuk plural karena adanya akhiran “s” di akhir noun yang menyatakan jumlahnya lebih dari satu yang mengharuskan jawabannya harus bentuk plural juga. Sehingga, dari pertanyaan di atas jawaban yang paling tepat untuk mengantikan kata benda dari CDs adalah them.

Jadi, dari penjelasan di atas yuk sekarang kita belajar mengenai Possessive pronoun!

Pengertian Possessive Pronoun

Seperti yang kita tau dari arti possessive yang adalah untuk menyatakan kepemilikan terhadap sesuatu benda. Jadi, possesive pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menyatakan kepemilikan. Selain itu, pola possesive pronoun dalam sebuah kalimat tidak diikuti dengan sebuah objek atau possesive pronoun bisa berdiri sendiri dalam sebuah kalimat. Maka,

berikut bentuk possessive pronoun.

Subject PronounObject PronounPossessive Pronoun
IMeMine   Singular
YouYouYours
SheHerHers
HeHimHis
itit                    – 
YouYouYours  Plural
WeUsOurs
TheyThemTheirs

karena perubahannya jelas maka dari itu kamu harus bisa membedakan ya bentuknya. Oleh karena itu, untuk bisa menggunakan pola di atas kamu harus banyakin practice nih seperti membuat kalimat dengan menggunakan possessive pronoun. Jadi, Untuk lebih jelasnya kita liat contoh di bawah ini;

1. is this your umbrella?’         ‘No, it’s yours.’    (apakah ini payungmu?   Bukan. itu milikmu)

2. if you give me your phone number, i’ll give you mine  (jika kamu beri nomor teleponmu, saya akan beri nomorku)

3. He didn’t have a pen, so she gave him hers (dia tidak mempunyai sebuah pena. jadi, dia memberikan miliknya)

4. I don’t like my pencil because I like theirs   (saya tidak suka pencilku karena saya suka milik mereka)

5. this is not our bag because ours is white    (ini adalah bukan tas kami karena milik kami warnanya putih)

Kegunaan Possessive Pronoun

berdasarkan contoh-contoh kalimat di atas sangat jelas bahwa possessive pronoun digunakan untuk menghindari pengulangan informasi yang sudah jelas. Jadi, pronoun membuat kalimat lebih simpel karena informasi yang sama tidak diulang, seperti contoh di bawah ini:

1. This bag is my bag, not your bag (kedengaran agak aneh karena kata bag disebut dua kali)

2.  This bag is mine, not yours. (kedengaran simple karena tidak mengulang informasi)

Pada kalimat di atas mine adalah possessive pronoun yang menggantikan my bag, sedangkan yours adalah possessive pronoun juga yang menggantikan your bag. Akhirnya, dengan menggunakan possessive pronoun kalimat akan kedengaran lebih simple dan tidak mengulang informasi yang sudah ada.

Selain itu, jenis-jenis pronoun dalam English grammar masih banyak loh selain personal pronoun dan possessive pronoun oleh karena itu kamu harus belajar juga jenis- jenis pronoun yang lainnya seperti relative pronoun, demonstrative pronoun, reflexive pronoun dan interrogative pronoun. Jadi, yuk semangat terus untuk belajar bahasa inggris karena ingat grammar adalah bagian yang sangat penting kalau kamu mau mempunyai bahasa inggris yang bagus.

Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Add a Comment

Your email address will not be published.