Cara Menggunakan Kata Sapaan dengan Tepat

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal kata sapaan, seperti sapaan “kak”. Bahasa Inggris juga memiliki kata sapaan ini, loh! Kata sapaan ini dipakai saat ingin menyapa atau memanggil lawan bicara. Terdapat beberapa sapaan yang umum dipakai dalam bahasa Inggris. Namun, kita harus memilih kata sapaan yang sesuai dengan lawan bicara kita, karena setiap kata sapaan dalam bahasa Inggris memiliki makna yang berbeda. Terdapat beberapa kata sapaan yang berbeda dalam Bahasa Inggris, baik untuk wanita maupun laki-laki. Hal ini tentu untuk menghindari kesalahpahaman antara kita dengan lawan bicara kita. Yuk, simak beberapa kata sapaan yang umum dalam Bahasa Inggris dan cara menggunakan kata sapaan tersebut dengan tepat!

Menggunakan Mrs dengan Tepat

Kata sapaan Mrs memiliki kepanjangan Mistress. Jika kita artikan ke bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti nyonya. Fungsi dari penggunaan Mrs adalah untuk menyapa perempuan yang sudah menikah. Melansir dari grammarly, Mrs adalah sapaan hormat untuk wanita yang sudah menikah ataupun janda. Biasanya, sapaan ini diikuti dengan nama depan suami dari wanita tersebut. Kita juga dapat menambahkan nama belakang suami dari wanita tersebut dibelakang sapaan Mrs . Mari kita simak bersama contoh penggunaan kata sapaan Mrs yang tepat seperti berikut ini!

Deni: Hi Alyssa! This is my Mom. Mom, this is Alyssa.

Alyssa: Good morning Mrs. Thomas. How do you do?

Pada contoh tadi, Deni memperkenalkan ibu nya kepada Alyssa. Dalam contoh ini, ibu dari Deni tentu sudah menikah. Oleh karena itu, Alyssa dapat menggunakan kata sapaan Mrs untuk menyapa ibu dari Deni. Dalam beberapa contoh lainnya, sapaan Mrs juga terkadang dapat kita gunakan untuk menyapa perempuan yang belum menikah. Berikut contoh penggunaan Mrs untuk menyapa perempuan yang belum menikah.

Mark Steve: Good afternoon Mrs. Alexia. Do you mind if I ask you several questions about our students?

Alexia: Good afternoon Mr. Steve. Could you wait for a moment? I need to meet Mrs. Thomson first to clarify several points in the assessment criteria.

Penggunaan Ms

Kata sapaan selanjutnya adalah Ms. Kata sapaan ini biasanya lebih lumrah untuk dipakai. Hal ini karena kata sapaan Ms bisa digunakan untuk wanita yang sudah menikah ataupun belum menikah. Kata sapaan ini memiliki arti nona dalam bahasa Indonesia. Kata sapaan ini juga dapat digunakan untuk memanggil wanita yang seumuran dengan kita, atau yang lebih tua dari kita. Kita juga dapat menggunakan kata sapaan ini untuk menyapa wanita yang memiliki jabatan tertentu atau jabatan diatas kita di kantor. Nah, sekarang mari kita lihat beberapa contoh menggunakan kata sapaan Ms yang benar berikut ini.

I do not know whether Ms. Ester will come to the class or not. Let’s just wait for her for the next 10 minutes.

Should we ask Ms. Aurel’s suggestion regarding our next project title?

Ms. Slavina had submitted her presentation proposal before the manager went home two weeks ago.

Kata sapaan Ms biasanya juga dapat kita pakai ketika kita ingin mengirim surat atau email. Berikut adalah contoh penggunaan Ms dalam surat-menyurat. Yuk ktia simak bersama!

Dear Ms. Lee, 

I am writing this email to confirm our next project.

Penggunaan Kata Sapaan Mr

Kata sapaan Mr merupakan singkatan dari Mister. Penggunaan kata sapaan ini biasanya adalah untuk laki-laki. Dalam bahasa Indonesia, kata ini memiliki arti “bapak” atau “tuan”. Kata sapaan ini lebih sering digunakan dalam situasi formal, seperti di sekolah atau pun universitas. Namun, kata sapaan ini juga bisa kita gunakan dalam keadaan informal. Kata sapaan ini digunakan untuk memanggil laki-laki yang sudah menikah ataupun bagi yang belum menikah. 

Biasanya, kata sapaan ini ketambahan nama belakang. Mari simak contoh penggunaan kata sapaan ini pada beberapa contoh kalimat di bawah ini!

Mrs. Lee is planning to have discussion with Mr. Smith after the first Math class.

Mr. Thomson was fixing his car yesterday before he had gone to the office. 

The people in Citra Land housing complex are wondering if Mr. Alex is home at the moment. 

Fungsi terakhir dari kata sapaan Mr adalah saat kita ingin berkirim dan membalas email. Berikut adalah contoh penggunaan kata sapa Mr yang tepat.

Dear Mr. Smith,

I hope this email finds you well.

Menggunakan Kata Sapaan Sir

Kata sapaan yang dapat digunakan selanjutnya adalah kata sapaan sir. Kata sapaan ini digunakan jika lawan bicara kita adalah laki-laki. Kita dapat menggunakan kata sapaan sir jika kita tidak mengetahui nama belakang lawan bicara kita. Hal ini karena kata sapaan sir dapat kita gunakan tanpa menyertai nama belakang dari lawan bicara kita.

Dalam fungsinya, kata sapaan sir lebih sering digunakan untuk menyapa pelanggan dalam hal penyedia jasa. Penggunaan kata sir sering digunakan dalam konteks pekerjaan atau bisnis karena kata sapaan sir memiliki makna untuk menunjukkan rasa hormat. Fungsi lainnya dari kata sapaan sir adalah untuk menyapa laki-laki yang kita tidak kenal sebelum nya. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata sapaan sir.

Sir, is there anything I could help you with?

Unfortunately, I am not really sure, Sir. I will need to talk to my manager first regarding your sudden change in request.

We have done a lot of projects which are related to building development, Sir. I can guarantee that our company is a professional in this scope.

Sebagai summary, terdapat beberapa kata sapaan yang umum kita gunakan dalam bahasa Inggris, baik untuk situasi formal sampai dengan casual. Beberapa kata sapaan tersebut adalah Ms., Mrs., Mr., dan Sir. Kata sapaan Ms dan Mrs dapat kita pakai jika lawan bicara kita adalah perempuan. Sementara kata sapaan Mr. dan Sir dapat kita gunakan jika kita berbicara dengan laki-laki. Namun, kita tetap harus memperhatikan bagaimana penggunaan kata sapaan tersebut ya! Ini untuk memastikan agar kita terhindar dari kesalahan penggunaan.

Nah, cukup mudah bukan? Masih terdapat beberapa kata sapaan lainnya dalam Bahasa Inggris. Jika kamu merasa kurang memahami, atau ingin mengetahui informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *