Ketahui Tanya Jawab Bahasa Inggris yang Tepat

tanya jawab bahasa Inggris

pixabay.com

Halo semuanya apa kabar? Kembali lagi bersama SUN English yang akan memberi sedikit ilmu yang bermanfaat tentang tanya jawab dalam bahasa Inggris untuk teman-teman semua, tentunya yang berhubungan dengan Bahasa Inggris dong..

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya kita pasti akan selalu bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Nah dalam melakukan interaksi tersebut kita pasti akan melakukan sebuah komunikasi. Apa itu komunikasi? Berdasarkan Wikipedia komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain, dimana komunikasi itu berjalan baik secara lisan atau verbal. Disamping itu, komunikasi juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan gestur tubuh yang biasa disebut dengan komunikasi nonverbal.

sumber: pixabay.com

Ketika kita berbicara mengenai komunikasi yang mana maksudnya adalah bercakap-cakap, pasti mengingatkan kita saat masih sekolah dan belajar Bahasa Indonesia sehingga pasti teman-teman semuanya sudah familiar dengan istilah 5W+1H bukan? Sebenarnya konsep 5W+1H dalam Bahasa Inggris ini adalah konsep tanya jawab bahasa Inggris. Konsep 5W+1H ini dapat mempermudah kalian dalam menyusun kalimat tanya jawab yang memiliki tujuan dan maksud yang jelas. 5W+1H adalah sebuah singkatan dari Who (siapa), What (apa), Why (mengapa), When (kapan), Where (di mana), dan How (bagaimana) Mau tahu bagaimana ayo kita mulai…

Who (Siapa)

Bentuk pertama dalam membuat sebuah pertanyaan dalam tanya jawab bahasa Inggris, penggunaan who adalah untuk menanyakan seseorang yang memiliki arti ‘siapa’. Lebih lanjut, di bawah ini penulis akan memberikan contoh penggunaan who dalam sebuah tanya jawab, sebagai berikut:

  1. A:    Who are they?

(Siapa mereka?)

B:    They are my family

(Mereka keluarga saya)

  • A:    Who opened the door?

(Siapa yang membuka pintu?)

B:    Denny opens the door

(Denny yang membuka pintu)

What (Apa)

Bentuk selanjutnya dalam sebuah pertanyaan kata what juga sering kali digunakan, biasanya kata ini digunakan untuk menanyakan nama, suatu benda, peristiwa, pendapat, dll. What memiliki arti ‘apa/apakah’. Berikut adalah contoh penggunaan dari kata what dalam sebuah kalimat tanya jawab:

  1. A:    Hi, what is your name?

(Hai, siapa namamu?)

B:    Hi, my name is Cristhy

(Hai, nama saya Christy)

  • A:    What do you do for living?

(Apa yang kamu lakukan untuk hidup?)

B:    I’m a teacher at ST. Joseph High School

(Saya seorang guru di Sekolah Menengah Atas ST. Joseph)

Why (Kenapa/Mengapa)

Selanjutnya, bentuk ketiga dalam tanya jawab bahasa Inggris adalah Why. Kata ini pada kalimat tanya digunakan untuk memberikan sebuah penjelasan, sebab dan juga alasan terhadap sesuatu. Why memiliki arti ‘kenapadalam Bahasa Indonesia. Lalu jawaban untuk pertanyaan ‘mengapa’ biasanya dimulai dengan karena, yang menjelaskan alasan dari pertanyaan tersebut. Di bawah ini adalah contoh kalimat tanya dengan kata ‘mengapa’ yang adalah sebagai berikut:

  1. A:    Why are you late?

(Mengapa kamu telat?)

B:    Because there is a really bad traffic near my home

(Karena ada kemacetan di dekat rumahku)

  • A:    Why does Jackson walk so fast?

(Mengapa Jackson berjalan dengan sangat cepat?)

B:    Because he is already late to go to school

Sumber: unsplash.com

(Karena dia sudah terlambat untuk pergi ke sekolah)

When (Kapan)

When adalah kata yang memiliki arti ‘kapan’ dalam Bahasa Inggris. Kata ini bisa digunakan untuk menanyakan tentang waktu pada suatu peristiwa di masa lalu atau masa depan seperti ontohnya adalah sebagai berikut:

  1. A:  When is Fathers’s Day?

(Kapan hari Ayah)

B:    Father’s day is on the third Sunday of June

(Hari ayah adalah pada hari Minggu ketiga bulan Juni)

  • A:    When will you come to my house?

(Kapan kamu akan ke rumahku?)

B:    I will come tomorrow to your house

(Aku akan datang besok ke rumahmu)

Where (Di mana)

Where memiliki arti “di mana” jika terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Teman-teman dapat menggunakan kata ‘di mana’ untuk menanyakan lokasi di suatu tempat. Tanya jawab tersebut bisa seperti ini:

  1. A:    Where do you live?

(Dimana kamu tinggal?)

B:    I live in Boulevard Hill

(Aku tinggal di Boulevard Hill)

  • A:    Where are you going?

(Kemana kamu pergi?)

B:    I’m wanna go to the market

(Saya ingin pergi ke pasar)

How (Bagaimana)

How adalah kata tanya terakhir yang dapat digunakan dalam membentuk sebuah kalimat tanya dalam Bahasa Inggris. Kosakata ini memiliki arti “bagaimana’ dan umumnya digunakan untuk menjelaskan bagaimana sesuatu bisa terjadi, contohnya seperti di bawah ini:

  1. A:    How long have you been having all these symptoms?

            (Sudah berapa lama anda mengalami semua gejala ini?)

B:    I have them about four days now, but since yesterday it becomes a lot worse

(Saya memilikinya sekitar tiga hari sekarang, tetapi sejak kemarin menjadi jauh lebih buruk)

  • A:    How long have they stayed there?

            (Berapa lama mereka tinggal di sana?)

B:    Around 15 years, we never got a chance to visit them.

(Kita tidak pernah ada kesempatan mengunjungi mereka)

Jadi setelah sedikit penjelasan dan contoh di atas penulis harap teman-teman saat melakukan tanya jawab bahasa Inggris, dapat mempraktekannya dengan orang lain yaa sebagai latihan, karena tanpa melakukan latihan kita tidak akan pernah terbiasa. Untuk informasi lengkap seputar pembelajaran Bahasa Inggris, tips dan trik, hingga Test Preparation Program eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp! Salam Sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *