Cara Pintar Berbahasa Inggris

Young joyful companions discussing funny things while having drinks at home party

Bahasa Inggris merupakan Bahasa Universal di mana Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang penting untuk kita pelajari. Namun demikian, seperti halnya di negara kita Bahasa Inggris sudah mulai diajarkan ketika kita berada di bangku kindergarten atau taman kanak-kanak sampai kita dewasa sekalipun kita masih tetap belajar Bahasa Inggris. Kendatipun demikian, bahasa Inggris dapat dikatakan menjadi Bahasa ketiga yang sering digunakan di negara kita. Yang mana bahasa pertamanya adalah Bahasa Indonesia, dan bahasa kedua adalah Bahasa Daerah. Karena Bahasa Inggris bukanlah Bahasa pertama kita maka kita perlu mempelajarinya dan seringkali banyak orang yang mengatakan bahwa belajar Bahasa Inggris itu sulit.

Sebenarnya dalam Bahasa Indonesia sendiri banyak kata serapan dari Bahasa Inggris yang sering kita ucapkan tanpa disadari adalah kata serapan. Contohnya, Computer adalah Komputer, Hanger adalah gantungan baju, TV atau television adalah televisi, Account adalah Akun, Actor adalah Aktor, Actress adalah Aktris, Pencil adalah Pensil, dan Technology adalah Teknologi. Nah, sebenarnya belajar Bahasa Inggris itu mudah, berikut mimin akan memberi beberapa cara pintar bahasa Inggris.

Sumber: depositphotos.com

 

Mendengarkan Lagu-Lagu Berbahasa Inggris

Dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris adalah salah satu cara pintar bahasa Inggris yang bisa dikatakan paling mudah, cepat, dan menghibur dalam hal melatih kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Selain itu, dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris secara tidak langsung kita sudah belajar pengucapan kata dalam Bahasa Inggris.

Sumber: nagpurtoday.in  

Menonton film atau video

Hal yang dapat membuat kita merasa mudah, cepat dan menghibur dalam belajar Bahasa Inggris adalah dengan menonton film atau video. Karenanya, dengan menonton film atau video kita dapat melihat percakapan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh di dalamnya menggunakan Bahasa Inggris yang mana kita akan belajar langsung istilah atau kata-kata yang digunakan sehari-hari oleh mereka. Selain itu, menonton video-video berbahasa Inggris yang berada di YouTube juga bisa menjadi pilihanmu untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan subtitle untuk membantumu, akan tetapi gunakanlah subtitle Bahasa Inggris. Dan jika kamu sering melakukan ini kamu akan terbiasa melihat percakapan dalam Bahasa Inggris. Sehingga jika sudah mulai terbiasa selanjutnya secara bertahap kamu bisa menonaktifkan subtitle pada video. Sering kali menonton film atau video dilakukan bukan hanya untuk sembarangan menonton saja. Melainkan kedua hal ini dilakukan untuk melatih kita dalam menyimak, mendengar dan membaca kalimat percakapan dalam Bahasa Inggris.

Sumber: edumor.com

Cari Arti Kosakata Bahasa Inggris

Saat kita mendengarkan lagu atau saat menonton film kita sering menemukan kata yang sulit untuk diucapkan dan kita tidak tahu apa artinya. Terkait hal tersebut yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya dengan cara mencatat kata tersebut dan kita cari artinya pada kamus Bahasa Indonesia. Mencari kata yang sulit diucapkan dan tidak tahu artinya pada kamus adalah cara pintar Bahasa Inggris. Karena dengan kita mengalami kesulitan dan kita bisa mengatasi kesulitan tersebut sering kali kita lebih cepat dalam mengingatnya.

Banyak Membaca Bacaaan Berbahasa Inggris.

Membaca bacaan berbahasa Inggris bisa dimulai dengan membaca bacaan yang mudah dan ringan misalnya seperti buku cerita anak-anak, atau artikel-artikel yang dapat lebih mudah untuk dipahami, atau mencari artikel-artikel yang kemungkinan sering untuk dijadikan soal-soal ujian. Selain itu kita juga bisa membaca artikel-artikel dengan topik kesukaan kita seperti music, film atau yang berhubungan dengan idola favorit.

Latihan Menulis

Memang, menulis membutuhkan banyak Latihan, namun you know someone who said that practice makes perfect, so keep practicing guys. Karena dengan banyak latihan menulis dalam Bahasa Inggris kemampuan kita dalam menulis seperti grammar, diksi dan yang lainnya bisa meningkat. Tidak perlu menulis topik yang berat, tulislah topik yang sesuai minat atau kesukaanmu.

Periksa Grammar

Dalam Bahasa Inggris ada yang namanya grammar. Apa itu grammar? Grammar adalah struktur dalam penyusunan kalimat. Dengan menggunakan struktur yang benar, sebuah kalimat akan menjadi sempurna. Dalam Bahasa Inggris kita mengenal grammar tetapi dalam Bahasa Indonesia kita mengenal yang namanya SPOK yaitu subjek, predikat, objek, keterangan. Dalam mempelajari grammar kita harus sering Latihan, banyak caranya bisa lewat buku tentang grammar ataupun melalui tools grammar checker yang sudah tersedia dan tersebar di google.

Latihan Berbicara Menggunakan Bahasa Inggris

Latihan ini bisa dilakukan dengan cara berbicara dengan diri sendiri terlebih dahulu, karena latihan berbicara dengan diri sendiri dapat melatih kemampuan kita dalam speaking. Caranya buatlah naskah percakapan yang sederhana dan berlatihlah berbicara dengan diri sendiri. Selain itu kita juga dapat membaca percakapan atau dialog dari beberapa buku, saat membaca dialog tersebut rekamlah suaramu untuk mengetahui apakah ada kesalahan dalam pelafalanmu di setiap kata yang ada.

Berdialog Bersama Teman

Berdialog bersama teman merupakan cara yang cukup efektif dalam melatih speaking kita di dalam pembelajaran Bahasa Inggris, karena dengan berdialog bersama teman kita tidak perlu merasa takut jika ada kesalahan dalam grammar kita.

Nah, itu dia beberapa tips cara pintar bahasa Inggris.  Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.