Contoh dan Fungsi kalimat past future perfect tense

Hi everyone! seperti judul kita di atas, kali ini kita akan membahas salah satu tenses dalam bahasa inggris, yaitu Past future perfect. Pastinya, tense ini merupakan salah satu tenses yang sering ada dalam percakapan bahasa inggris dan memiliki bentuk atau pola kalimat nya sendiri seperti tenses yang lainnya. 

Sebelum kita membahas lebih jauh, yul kita belajar fungsi dari past future perfect tense dalam bahasa inggris.

1. Fungsi dari Past Future Perfect

Apakah kalian pernah mengalami sesuatu kejadian yang mana kalian menjelaskan suatu aktifitas atau peristiwa yang direncanakan, diharapkan terjadi di masa depan dari sudut pandang masa lalu? pasti pernah yah!. 

Tetapi, perlu kalian ketahui faktanya peristiwa yang kalian deskripsikan tidak terjadi sesuai dengan yang kalian inginkan atau bisa bermakna sebagai kalimat pengandaian. 

Berbicara mengenai kalimat pengandaian atau dalam bahasa inggris sering kita sebut conditional sentence, penggunaan past future perfect berperan penting dalam penyusunan kalimat unconditional sentence type 3. 

2. Bentuk Kalimat Past Future Perfect

Pola atau bentuk kalimat past perfect tense adalah subject + would/should + have + past participle. Selanjutnya, perlu kalian ketahui juga, pada bentuk kalimat past future perfect auxiliary verb yang digunakan adalah kata Have, tanpa memandang apakah subject yang kalian gunakan berbentuk singular atau plural subject. Untuk lebih jelasnya, alangkah baiknya kita pahami contoh kalimat di bawah ini:

I would have been in your party if you had invited me. (saya akan berada di pesta ulang tahunmu jika kamu telah mengundangku).

I should have left the key in front of the door. (saya seharusnya meninggalkan kunci di depan pintu)

I should have learned how to drive a car. (saya seharusnya belajar bagaimana cara untuk mengendarai mobil)

– if my parents had allowed me to study overseas, I would have been in London. (jika orang tua saya mengizinkan saya sekolah di luar negeri, saya akan berada di London)

My sister would have passed the exam if she had learned before the day of exam. (kakak saya perempuan akan lulus ujian jika dia belajar sehari sebelum waktunya ujian).

– if you had given me your phone number, I would have called you before the meeting.( jika kamu telah memberikan nomor teleponmu, saya akan menelpon kamu sebelum pertemuan)

I should have written an email to let you know the our recent products. (saya seharusnya telah menulis email untuk memberitahu produk terbaru kita)

Dari beberapa contoh di atas, bisa kita pahami bersama bahwa Past future perfect sangatlah jelas berfungsi untuk menyatakan suatu kejadian yang direncanakan di masa depan yang mana kejadian tersebut tidak terjadi di masa yang lampau. 

Selanjutnya, kita akan belajar bersama fungsi conditional sentence tipe 3 yang mana kita menggunakan kalmat past future perfect.

3. Past future perfect di conditional sentence tipe 3

Pada dasarnya, conditional sentence dalam bahasa inggris memiliki banyak tipe dan fungsi yang berbeda-beda, dari conditional sentence tipe 1 sampai 3. conditional sentence pada dasarnya menggunakan kata if sebelum menggunakan kalimat utamanya. Oleh karena ini, tipe 1 berfungsi untuk menyatakan possible action atau kejadian yang mungkin terjadi di masa depan, sedangkan tipe 2 adalah untuk menyatakan unreal situation atau kejadian yang tidak mungkin terjadi. Selanjutnya, pada conditional type 3 berfungsi untuk menyatakan pengandaian di mana kalimat Past future tense mengikuti setelah kalimat if. 

untuk lebih jelasnya, yuk kita bahas contoh di bawah ini

– If you had brought the umbrealla, you would not have gotten wet. (jika kamu telah membawa payung, kamu tidak akan basah)

I would have eaten all the apples if you had put them on the table. (saya akan telah memakan semua buah apel jika kamu meletakannya di atas meja)

my brother would have been here if you had told him to come. (kakak saya akan telah berada di sini jika kamu telah memberitahu kepadanya untuk datang).

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Comments are closed.