Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Dalam mempelajari sebuah bahasa, kita tidak akan terlepas dari aturan penggunaan bahasa itu sendiri. Terlebih lagi, aturan tersebut tidak jauh berbeda dengan aturan yang kita gunakan ketika melakukan percakapan atau belajar bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian, dalam pokok bahasan kali ini akan membahas tentang contoh kalimat future perfect tense.

Source: wordsmile.com

Pengertian Future Perfect Tense

Bentuk ini dipakai untuk mengungkapkan suatu aktivitas yang telah selesai di titik waktu pada masa depan. Dengan kata lain, jenis tenses ini menjelaskan mengenai suatu kejadian yang akan sudah dilakukan pada masa depan. Selebihnya, tenses ini dipakai dalam menyatakan aktivitas atau peristiwa yang telah selesai di masa yang akan datang.

Rumus dari Future Perfect Tense

Di dalam aturan penggunaannya,rumus tenses ini dibagi dalam tiga bentuk kalimat, antara lain kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya atau interogatif.

  • Kalimat positif = Subject (S) + will + have + verb 3 + Object (O)
  • Rumus kalimat negatif = Subject (S) + will + not + have + verb 3 + Object (O)
  • Rumus kalimat interogatif = Will + Subject (S) + have + verb 3 + Object (O) + ?

Namun, dalam penggunaan bentuk kalimat ini, terdapat satu hal yang penting untuk dimasukkan di dalam kalimat, yakni keterangan waktu atau disebut juga dengan adverb of time.

Source: aboutenglishlanguage.com

Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Sama dengan rumus yang telah disebutkan sebelumnya, kalimat ini mempunyai tiga jenis bentuk. Yang mana, bentuk kalimat pertama adalah kalimat positif, lalu kalimat negatif dan juga selanjutnya kalimat interogatif.

Untuk lebih memahami bentuk kalimat future perfect yang nantinya dapat anda pakai dalam pengucapan kaidah yang benar, maka berikut terdapat beberapa contoh pengucapan atau kalimat yang dapat dipelajari.

Source: youtube.com

Kalimat Positif

Contohnya:

  • Jeanie will have finished writing the article at the end of this week. (Artinya, Jeanie akan menyelesaikan menulis artikel pada akhir minggu ini).
  • My dad will have moved the sofa by this time tomorrow. (Artinya, ayahku akan memindahkan sofa nya saat besok ini).
  • We will have gone to the library when you arrive. (Artinya, kami akan pergi ke perpustakaan saat anda tiba).

Kalimat Negatif

Contohnya:

  • My brother won’t have canceled to go to the movie when I come this afternoon. (Artinya, saudara laki-laki saya tidak akan membatalkan untuk pergi ke bioskop ketika saya datang sore ini).
  • We won’t have gotten to France by this time next month. (Artinya, kita tidak akan sampai ke Jepang saat bulan depan ini).
  • Paul won’t have gone for lunch alone when you arrive. (Artinya, Paul tidak akan pergi makan siang sendirian saat anda tiba).

Kalimat Interogatif

Contohnya:

  • Will the tailor has finished the dress at the end of this week? (Artinya, apakah penjahit itu akan menyelesaikan gaun nya pada akhir minggu ini?
  • Will they have sent the package by this time tomorrow? (Artinya, apakah mereka akan mengirimkan paket  nya pada besok ini?
  • Will we have gotten to the Korea by this time the next month? Artinya, apakah kita akan sampai di Korea saat bulan depan ini?
  • Will Sam have gone office when you arrive? Artinya, apakah Sam akan pergi ke kantor saat Anda tiba?

Demikian pembahasan mengenai contoh kalimat future perfect tense, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian dalam mempelajari bahasa inggris. Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya disini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar negeri. Persiapan Bahasa Inggris bisa kamu konsultasikan lebih lanjut dengan menghubungi SUN English melalui WhatsApp!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *